SILABUS DAN RPP IPA Ke-II Kls. XII SMK/MAK
I. PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMK/MK
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(dua)
Mata Pelajaran : IPA
Tahun Ajaran : 2009- 2010
- SEMESTER II
- Standar Kompetensi.
Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
- Materi Pokok/Kompetensi Dasar
- 3.1 Mengidentifikasi komponen ekosistem
3.2 Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan
3.3 Mendeskripsikan Amdal
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
II. PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK/MK
Mata Pelajaran : IPA
Standar Kompetensi: Menjelaskan tentang keseimbangan lingkungan
Kelas/Semester : XI(duabelas)/2(dua)
Tahun Ajaran : 2009 – 2010
Satuan Pendidikan : SMK/MK
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(dua)
Materi Pokok : Keseimbangan lingkungan
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Pertemuan : 1 (satu)
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ
Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 18: Mengakhirkan Sahur[ 9 ]
(Saya berkata, "Dalam bab ini Imam Bukhari meriwayatkan dengan isnadnya hadits Sahl yang tertera pada nomor 323 di muka.")
[9] Demikianlah judul yang asli. Di dalam naskah al-Hafizh disebutkan Bab Ta'jilis-Sahur, dan ia berkata, "Ibnu Baththal berkata, 'Kalau bab ini diberi judul Bab Ta'khiris Sahur, niscaya bagus. Maghlathay memberi komentar bahwa dia menjumpai di dalam naskah lain dari al-Bukhari Bab Ta'khiris-Sahur. Tetapi, saya sama sekali tidak melihat hat itu di dalam naskah at Bukhari yang ada pada kami."
- Kompetensi Dasar/Materi Pokok
Menjelaskan saling ketergantungan antara
- Materi Pelajaran
- Keseimbangan lingkungan
Lingkungan: suatu sistem, di dalamnya terdapat siklus untuk keberlangsungan kehidupan.
Keseimbangan lingkungan secara alami berlangsung karena komponen-komponen yang ada terlibat dalam aksi reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan sehingga arus energi dan siklus biogeokimia dapat berlangsung.
- Saling ketergantungan
Contoh ketergantungan secara tidak langsung adalah organisme yang hidup di sungai dipengaruhi oleh hutan, kehidupan di darat dan di air terikat menjadi suatu sistem yang saling tergantung (dependent system).
- Dampak Over Eksploitasi Ekosistem
Apabila suatu ekosistem dimanfaatkan secara berlebihan, dampak yang ditimbulkan antara lain:
Bahaya erosi, banjir, dan penyusutan keragaman hayati
Pencemaran lingkungan
Penyusutan sumber daya
Pemanasan global
Lubang ozon
Hujan asam
- Keseimbangan lingkungan
Satuan Pendidikan : SMK/MK
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(dua)
Materi Pokok : Keseimbangan lingkungan
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Pertemuan : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Menjelaskan tentang keseimbangan lingkungan.
- Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan saling ketergantungan antara komponen penyusun ekosistem
2. Menjelaskan dampak over eksploitasi ekosistem
- Materi Pembelajaran
- Keseimbangan lingkungan
Lingkungan: suatu sistem, di dalamnya terdapat siklus untuk keberlangsungan kehidupan.
Keseimbangan lingkungan secara alami berlangsung karena komponen-komponen yang ada terlibat dalam aksi reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan sehingga arus energi dan siklus biogeokimia dapat berlangsung.
- Saling ketergantungan
Contoh ketergantungan secara tidak langsung adalah organisme yang hidup di sungai dipengaruhi oleh hutan, kehidupan di darat dan di air terikat menjadi suatu sistem yang saling tergantung (dependent system).
- Dampak Over Eksploitasi Ekosistem
Apabila suatu ekosistem dimanfaatkan secara berlebihan, dampak yang ditimbulkan antara lain:
Bahaya erosi, banjir, dan penyusutan keragaman hayati
Pencemaran lingkungan
Penyusutan sumber daya
Pemanasan global
Lubang ozon
Hujan asam
- Keseimbangan lingkungan
- Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
Motivasi
Pentingnya mempelajari masalah-masalah mengidentifikasi komponen ekosistem.
Prasyarat
Siswa telah mempelajari materi kelas XI
- Kegiatan Inti
Guru :
- Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang ekosistem dan komponen-komponen ekosistem.
- Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas
Siswa :
- Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik
- Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi yang diberikan guru.
- Penutup
Membuat rangkuman
Uji kompetensi dan ulangan harian
- Pendahuluan
- Media Pembelajaran :
- Penilaian
- Jenis tagihan : Kuis
- Tindak lanjut :
- Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
- Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
- Memberikan program pengayaan untuk siswa yg tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
- Jenis tagihan : Kuis
- Sumber Bacaan
- Buku paket IPA kelas XII
- Buku-buku lain yang relevan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar