Senin, Agustus 24, 2009

SILABUS DAN RPP SENI BUDAYA Kls. VII SMP/MTS


SILABUS DAN RPP SENI BUDAYA Kls. VII SMP/MTS
I.SILABUS SENI BUDAYA SEMESTER I
Sekolah
Kelas/ Semester : VII(Tujuh)/1(Satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA
  1. Standar Kompetensi: SENI RUPA
    Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengindetifikasikan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
    2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
    3. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan dua dimensi dari daerah setempat
    4. Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc) Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas / Semester : VII(tujuh) / 1(satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mengapresiasi karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi jenis karya seni rupa daerah setempat
  3. Indikator
    1. Wawasan seni dan prinsip seni.
    2. Ragam jenis karya seni rupa terapan daerah setempat.
  4. Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu :
    1. Memiliki dan memahami wawasan seni dan prinsip seni daerah setempat
    2. Mengidentifikasi ragam jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
  6. Materi Pokok/pembelajaran
    1. Pengertian seni
    2. Prinsip seni
    3. Ragam karya seni terapan daerah setempat
  7. Metode Pembelajaran
    Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning
  8. Langkah-langkah kegiatan
  9. Pertemuan 1
  10. Pendahuluan :
    Penayangan VCD tentang ragam karya seni terapan daerah setempat
    Tanya jawab tentang penayangan VCD pembelajaran mengenai keragaman karya seni rupa daerah setempat
  11. Kegiatan Inti
    Mendeskripsilan pengertian seni dan prinsip seni
  12. Pertemuan 2 :
    Siswa mendeskripsikan keragaman karya aseni rupa terapan daerah setempat secara tertulis
  13. Kegiatan Penutup
    1. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan keragaman seni rupa terapan
      daerah setempat
    2. Siswa menyampaikan laporannya ( laporan tertulis )
    3. Sumber belajar
    4. Media audio visual ( VCD pembelajaran )
    5. Sarana perpustakaan
    6. Buku teks
    7. Penilaian
  14. Teknik : Penugasan
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
III.SILABUS SENI BUDAYA SEMESTER II Sekolah Kelas/ Semester : VII (Tujuh)/ 2 (Dua) Mata Pelajaran : SENI BUDAYA
  1. Standar Kompetensi: SENI RUPA
    Mengapresiasi Karya Seni Rupa
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengindetifikasikan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
    2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
    3. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah
      setempat
    4. Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
    5. Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc) Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Tari
Kelas/Semester : VII ( tujuh ) / 1(satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mengapresiasikan karya seni tari.
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikas jenis karya seni tari tunggal setempat.
  3. Indikator
    Menyebutkan jenis-jenis tari tunggal daerah setempat.
  4. Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu :
    1. Menyebutkan pengertian tari tunggal
    2. Menyebutkan 3 jenis tari dari Kalimantan Tengah
    3. Menyebutkan 2 jenis taritunggal yang ada di Kalimantan Tengah
    4. Menyebutkan jenis tari yang ada di dalam tari Mandau.
  6. Materi Pembelajaran
    Beragam tari tunggal dari daerah Kalimantan Tengah
  7. Metode Pembelajaran
    Ceramah, Pemberian Tugas.
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
  9. Pertemuan I.
  10. Kegiatan Pendahuluan
    Tanya jawab berbagaihal terkait dengan wawasaan siswa mengenai materi yang akan di ajarkan.
  11. Kegiatan Inti
    Mendengarkan materi tentang pengertian tari tunggal.
    Menyaksikan VCD tari tunggal, tari mandau Kalimantan Tengah.
  12. Kegiatan Akhir
    Menanyakan kesulitan siswaselama proses belajar mengajar,
    Menyimpulkan materi pembelajaran.
  13. Pertemuan II.
  14. Kegiaatan Inti :
    Mendengarkan materi tentang jenis-jenis tari.
    Menyaksikan VCD jenis-jenis tari dari Kalimantan Tengah
    Melakukan tanya jawab dengan tarian yang telah disaksikan dihubungkan dengan materi yang diberikan.
    Memberikan tanggapan pribadi / kelompok secara lisan atau tertulis.
  15. Kegiatan Akhir :
    Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
    Membuat kesimpulan materi pembelajaran
  16. Alat / Sumber Belajar
    Rekapan Audio Visual, Guru Tari, Penari Etnik.
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

1 komentar: