SILABUS FISIKA Kls. XI SMK / MA
I. SILABUS FISIKA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / SMK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
KODE KOMPETENSI : 7 (tujuh)
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep suhu dan kalor - KOMPETENSI DASAR
Menguasai konsep suhu dan kalor
Menguasai pengaruh kalor terhadap zat - MATERI PEMBELAJARAN
Suhu dan kalor
Pengaruh kalor terhadap zat.- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Membedakan konsep suhu dan kalor melalui kegiatan memanaskan benda hingga terjadi perubahan suhu.
- Membaca literatur tentang macam-macam skala termometer dan mengkomunikasikannya lewat diskusi kelompok dan tugas kelompok secara tertulis.
- Melakukan percobaan dengan menggunakan kit hidrostatika dan panas untuk menunjukkan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi.
- Melakukan demonstrasi untuk mengurangi perpindahan kalor misalnya dengan menggunakan selimut dari bahan steroform, dan termos.
- Membedakan konsep suhu dan kalor melalui kegiatan memanaskan benda hingga terjadi perubahan suhu.
- INDIKATOR
- Sifat termometrik bahan diidentifikasi
- Macam-macam skala termometer diidentifikasi
- Peristiwa perpindahan kalor cara konduksi, konveksi, radiasi dibandingkan
- Faktor-faktor yang mempengaruhi pada peristiwa perpindahan kalor diidentifikasi
- Cara mengurangi perpindahan kalor didemontrasikan
- Sifat termometrik bahan diidentifikasi
- PENILAIAN
Observasi/ pengamatan , Laporan praktikum , Tugas kelompok - SUMBER BELAJAR
Buku pelajaran , LKS , Lingkungan sekolah
Internet , Kit hidrostatika dan panas
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - KEGIATAN PEMBELAJARAN
II. SILABUS FISIKA SEMESTER II
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XI(sebelas)/2(dua)
KODE KOMPETENSI : 10(sepuiuh)
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan getaran, gelombang, dan bunyi - KOMPETENSI DASAR
- Menguasai hukum getaran, gelombang, dan bunyi
- Membedakan getaran, gelombang, dan bunyi
- Menghitung getaran, gelombang, dan bunyi
- Menguasai hukum getaran, gelombang, dan bunyi
- MATERI PEMBELAJARAN
Getaran, gelombang, dan bunyi
Penerapan getaran, gelombang, dan bunyi- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Melakukan percobaan dengan menggunakan tali dan slinki untuk membedakan gelombang transversal dan longotudinal
- Melakukan percobaan dengan menggunakan kit optik dan tangki riak untuk menunjukkan sifat-sifat gelombang (dapat dipantulkan, dibiaskan, bersuper posisi, dilenturkan, dll)
- Melakukan percobaan dengan menggunakan alat efek Doppler (pemutar, loudspeaker, mikropon, dan osiloskop) untuk merumuskan efek Doppler
- Melakukan percobaan dengan menggunakan bandul sederhana dan sistem pegas untuk memahami pengertian frekuensi dan periode suatu getaran.
- Mencari literatur dan berdiskusi untuk membedakan pengertian getaran, gelombang, dan bunyi
- Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung frekuensi dan periode getaran pegas dengan menggunakan rumus
- Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung frekuensi dan periode ayunan bandul
- Melakukan percobaan dengan menggunakan tali dan slinki untuk membedakan gelombang transversal dan longotudinal
- INDIKATOR
- Karakteristik gelombang transversal dan longitudinal ditemukan melalui percobaan
- Gejala Interferensi, difraksi, refraksi, refleksi, dispersi, polarisasi gelombang ditunjukkan melalui percobaan
- Perambatan gelombang melalui suatu medium ditunjukkan melalui percobaan
Efek Doppler dirumuskan dari percobaan - Pengertian frekuensi dan periode suatu getaran dideskripsikan melalui percobaan
Arti fisis gelombang sebagai energi dideskripsikan - Frekuensi dan periode getaran pegas dihitung dengan menggunakan rumus frekuensi
- Frekuesi dan periode ayunan bandul sederhana dihitung dengan menggunakan rumus
- Karakteristik gelombang transversal dan longitudinal ditemukan melalui percobaan
- PENILAIAN
Observasi/ pengamatan , Laporan prakti kum - SUMBER BELAJAR
- Buku pelajaran , LKS , Lingkungan sekolah
- Kit Optik , Tangki riak , Slingki Tali , Generator frekuensi
- Alat efek Doppler (pemutar, loudspeaker, mikropon, dan osiloskop)
- Buku pelajaran , LKS , Lingkungan sekolah
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - KEGIATAN PEMBELAJARAN
Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 4: Pintu Rayyan Itu Khusus Untuk Orang-Orang yang Berpuasa
918. Sahl رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda, "Sesungguhnya di dalam surga terdapat (delapan pintu. Di sana 4/88) ada pintu yang disebut Rayyan, yang besok pada hari kiamat akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Tidak seorang selain mereka yang masuk lewat pintu itu. Dikatakan, 'Dimanakah orang-orang yang berpuasa?' Lalu mereka berdiri, tidak ada seorang pun selain mereka yang masuk darinya. Apabila mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup. Sehingga, tidak ada seorang pun yang masuk darinya."
919. Abu Hurairah رضي الله عنه mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang memberi nafkah dua istri (dengan apa pun 4/193) di jalan Allah, maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, 'Wahai hamba Allah, ini lebih baik.' (Dan dalam satu riwayat: Ia akan dipanggil oleh para penjaga surga, yakni oleh tiap-tiap penjaga pintu surga, 'Hai kemarilah.' 2/213). Barangsiapa yang ahli shalat, maka ia dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa yang ahli jihad, maka ia dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa yang ahli puasa, maka ia dipanggil dari (pintu puasa dan) pintu Rayyan. Dan, barangsiapa yang ahli sedekah, maka ia dipanggil dari pintu sedekah." Abu Bakar berkata, "(Tebusan) engkau adalah dengan ayah dan ibuku, wahai Rasulullah. Apakah ada keperluan bagi yang dipanggil dari seluruh pintu itu? Apakah ada orang yang dipanggil dari seluruh pintu itu?" (Dalam satu riwayat: "Wahai Rasulullah, itu yang tidak binasa?") Beliau bersabda, "Ya, dan aku berharap engkau termasuk golongan mereka."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar