SILABUS FISIKA Kls. XII SMK / MAK
I. SILABUS FISIKA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas) / 1 (satu)
KODE KOMPETENSI : 13(tigabelas)
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Menginterpretasikan listrik statis dan dinamis - KOMPETENSI DASAR
Membedakan konsep listrik statis dan dinamis
Menjelaskan penerapan listrik statis dan dinamis - MATERI PEMBELAJARAN
Listrik statis dan Dinamis
Penerapan listrik statis dan dinamis- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Melakukan percobaan dengan menggunakan elektroskop untuk menunjukkan jenis dan interaksi muatan listrik statis
- Berdiskusi tentang perumusan hukum Coulomb dan mencari pola hubungannya dengan medan magnet
- Berdiskusi untuk menghitung besarnya medan listrik dengan menggunakan hukum Gauss dan hukum Coulomb
- Berdiskusi untuk menghitung energi potensial listrik dari data gaya/medan listrik dan potensial listrik
- Berdiskusi untuk menghitung beda energi potensial listrik antara dua titik dalam medan listrik
- Berdiskusi untuk merumuskan pengertian arus listrik dan beda potensial secara kualitatif dan kuantitatif
- Melakukan percobaan dengan menggunakan elektroskop untuk menunjukkan jenis dan interaksi muatan listrik statis
- INDIKATOR
- Interaksi elektrostatik dua muatan listrik dibuktikan dengan percobaan
- Hukum Coulomb diformulasikan dan dibuktikan dengan percobaan
- Dicari pola hubungan antara hukum Coulomb dan medan magnet
- Konsep potensial dan energi potensial listrik dideskripsikan dan dirumuskan persamaan matematisnya
- Energi potensial listrik dirumuskan dan dianalsis kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik
- Beda energi potensial antara dua titik dalam medan listrik ditentukan
- Konsep arus listrik dan beda potensial dideskripsikan dan dirumuskan persamaannya
- Interaksi elektrostatik dua muatan listrik dibuktikan dengan percobaan
- PENILAIAN
Observasi/ pengamatan , Laporan prakti kum - SUMBER BELAJAR
Buku pelajaran , LKS , Internet , elektroskop
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - KEGIATAN PEMBELAJARAN
II. SILABUS FISIKA SEMESTER II
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas) / 2 (dua)
KODE KOMPETENSI : 15(limabelas)
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep listrik arus bolak-balik - KOMPETENSI DASAR
Menguasai hukum kelistrikan arus bolak-balik
Menguasai hubungan antara tegangan, impedansi, dan arus - MATERI PEMBELAJARAN
Hukum kelistrikan arus bolak-balik
Tegangan, impedansi, dan arus- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Membaca literatur tentang alat ukur dan besaran-besaran fisis
- Melakukan observasi tentang karakteristik alat ukur arus bolak-balik
- Melakukan pengukuran besaran fisis (arus, tegangan, hambatan) pada rangkaian yang dihubungkan sumber arus listrik bolak balik
- Membaca literatur dan berdiskusi tentang fungsi dan prinsip kerja osiloskop
- Melakukan pengukuran tegangan dan arus bolak-balik dengan menggunakan mikroskop
- Menghitung nilai efektif dan maksimum dari tegangan dan arus bolak-balik yang terbaca dari grafik pada osiloskop
- Membuat rangkaian RLC dan mengobservasi faktor-faktor fisis (tegangan, arus, dan impedansi) yang menjadi variabel pada rangkaian tersebut
- Melakukan percobaan untuk menentukan frekuensi reonansi pada rangkaian RLC
- Membaca literatur tentang alat ukur dan besaran-besaran fisis
- INDIKATOR
- Karakteristik alat ukur dan besaran (arus, tegangan, hambatan ) pada rangkaian yang dihubungkan sumber arus listrik bolak balik dibandingkan
- Aplikasi dari rangkaian listrik bolak-balik dideskripsikan
- Nilai amplitude, frequensi dan fase tegangan AC ditunjukkan oleh oscilloscope
- Hubungan nilai efektif dengan maksimum besaran sinusioda diuraikan
- Besaran FISIKA dalam rangkaian seri dihitung
- RLC ditentukan bila faktor-faktor yang berkaitan dengan rangkaian diketahui
- Rangkaian AC yang terdiri dari RLC dianalisis dengan menggunakan diagram fasor
- Peristiwa resonansi pada rangkaian RLC diindentifikasi
- Karakteristik alat ukur dan besaran (arus, tegangan, hambatan ) pada rangkaian yang dihubungkan sumber arus listrik bolak balik dibandingkan
- PENILAIAN
Observasi/ pengamatan , Tugas kelompok , Laporan praktikum - SUMBER BELAJAR
Buku pelajaran , LKS , Lingkungan sekolah
Kit Listrik magnet , Osiloskop , Catu daya , AVO meter
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - KEGIATAN PEMBELAJARAN
Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 15: Firman Allah, "Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan istri-istri kamu. Mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka, sekarang campurilah mereka dan campurilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu." (al-Baqarah: 187)
929. Al-Bara' رضي الله عنه berkata, "Para sahabat Nabi Muhammad apabila ada seorang yang berpuasa, dan datang waktu berbuka, tetapi ia tidur sebelum berbuka, maka ia tidak makan di malam dan siang harinya sampai sore. Sesungguhnya Qais bin Shirmah al-Anshari berpuasa. Ketika datang waktu berbuka, ia datang kepada istrinya, lalu berkata kepadanya, 'Apakah kamu mempunyai makanan? Istrinya menjawab, 'Tidak, tetapi saya berangkat untuk mencarikan (makanan) untukmu.' Pada siang harinya ia bekerja, lalu tertidur. Kemudian istrinya datang kepadanya. Ketika istrinya melihatnya, si istri berkata, 'Rugilah engkau.' Ketika tengah hari ia pingsan. Kemudian hal itu diberitahukan kepada Nabi, lalu turun ayat ini, 'Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa menggauli istrimu.' Maka, mereka bergembira, dan turunlah ayat, 'Makan dan minumlah sehingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam.'"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar