Kamis, Agustus 13, 2009

SILABUS KIMIA (Kel. PERTANIAN) Kls. XII SMK / MAK


SILABUS KIMIA (Kel. PERTANIAN) Kls. XII SMK / MAK
I. SILABUS KIMIA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas)/1(satu)
KODE KOMPETENSI : 10(sepuluh)
ALOKASI WAKTU : 22 X 45 Menit

  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mendeskripsikan kekhasan atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon
  3. INDIKATOR

    1. Kekhasan atom karbon yang ditunjukkan oleh kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan karbon-karbon dengan berbagai jenis ikatan (tunggal, rangkap) dideskripsikan dengan benar.
    2. Pengertian senyawa organik dan senyawa karbon dideskripsikan dengan benar.
    3. Pengertian senyawa hidrokarbon sebagai senyawa yang terdiri atas unsur C dan H dideskripsikan dengan benar.

    1. MATERI PEMBELAJARAN

      1. Kekhasan Atom Karbon dan
      2. Senyawa Hidrokarbon

    2. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. Diskusi dan informasi tentang kekhasan atom karbon.
      2. Diskusi dan informasi tentang definisi senyawa karbon dan hidrokarbonPENILAIAN
      3. Tes tertulis

    3. SUMBER BELAJAR
      Buku Kimia untuk SMA atau SMK

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


II. SILABUS KIMIA SEMESTER II
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas)/2(dua)
KODE KOMPETENSI : 12(duabelas)
ALOKASI WAKTU : 20 X 45 Menit

  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami koloid, suspensi, dan larutan sejati
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan
  3. INDIKATOR

    1. Pengelompokan campuran menjadi larutan, Koloid, dan suspensi dijelaskan dengan benar.
    2. Perbedaan larutan, Koloid, dan suspensi berdasarkan sifat campurannya, fasanya dan ukuran partikelnya dideskripsikan dengan jelas.
    3. Pembuatan koloid dapat dengan cara kondensasi, desintegrasi, dan atau gabungan dari keduanya, dideskripsikan dengan jelas.

    1. MATERI PEMBELAJARAN
      Koloid
    2. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. Melakukan percobaan untuk mengamati perbedaan campuran homogen dan heterogen
      2. Mengelompokkan campuran di atas menjadi larutan, koloid, suspensi
      3. Membuat laporan hasil pengamatan
      4. Menjelaskan cara pembuatan partikel koloid dengan cara informasi dan tanya jawab

    3. PENILAIAN
      Tes tertulis, Penilaian proses dan tugas
    4. SUMBER BELAJAR
      Buku Kimia untuk SMA atau SMK dan Alat dan bahan untuk

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC



بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ

Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 20: Keberkahan Sahur, Tetapi Tidak Diwajibkan
Karena Nabi صلی الله عليه وسلم dan para sahabat beliau pernah melakukan puasa wishal (bersambung dua hari), dan tidak disebut-sebut tentang sahur.[10]
934. Abdullah Ibnu Umar رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi melakukan puasa wishal, lalu orang-orang melakukan puasa wishal. Tetapi, kemudian mereka merasa keberatan, lalu dilarang oleh beliau. Mereka berkata, 'Tetapi engkau melakukan puasa wishal (terus-menerus)?" Beliau bersabda, "Aku tidak seperti kamu, aku senantiasa (dalam satu riwayat: pada malam hari) diberi makan dan minum."
935. Anas bin Malik رضي الله عنه berkata, "Nabi bersabda, 'Makan sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu terdapat berkah.'"
[10] Menunjuk kepada hadits Ibnu Umar yang disebutkan dalam bab ini, dan yang sama dengannya adalah hadits Anas yang akan disebutkan pada "48 - BAB" dan hadits Abu Hurairah sesudahnya.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar