SILABUS KIMIA (Kel. PERTANIAN) Kls. XII SMK / MAK
I. SILABUS KIMIA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas)/1(satu)
KODE KOMPETENSI : 10(sepuluh)
ALOKASI WAKTU : 22 X 45 Menit
- STANDAR KOMPETENSI
Mengkomunikasikan senyawa hidrokarbon dan kegunaannya - KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan kekhasan atom karbon yang membentuk senyawa hidrokarbon - INDIKATOR
- Kekhasan atom karbon yang ditunjukkan oleh kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan karbon-karbon dengan berbagai jenis ikatan (tunggal, rangkap) dideskripsikan dengan benar.
- Pengertian senyawa organik dan senyawa karbon dideskripsikan dengan benar.
- Pengertian senyawa hidrokarbon sebagai senyawa yang terdiri atas unsur C dan H dideskripsikan dengan benar.
- MATERI PEMBELAJARAN
- Kekhasan Atom Karbon dan
- Senyawa Hidrokarbon
- Kekhasan Atom Karbon dan
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Diskusi dan informasi tentang kekhasan atom karbon.
- Diskusi dan informasi tentang definisi senyawa karbon dan hidrokarbonPENILAIAN
- Tes tertulis
- Diskusi dan informasi tentang kekhasan atom karbon.
- SUMBER BELAJAR
Buku Kimia untuk SMA atau SMK
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Kekhasan atom karbon yang ditunjukkan oleh kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan karbon-karbon dengan berbagai jenis ikatan (tunggal, rangkap) dideskripsikan dengan benar.
II. SILABUS KIMIA SEMESTER II
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : KIMIA (Kelompok Pertanian)
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas)/2(dua)
KODE KOMPETENSI : 12(duabelas)
ALOKASI WAKTU : 20 X 45 Menit
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami koloid, suspensi, dan larutan sejati - KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi koloid, suspensi, dan larutan - INDIKATOR
- Pengelompokan campuran menjadi larutan, Koloid, dan suspensi dijelaskan dengan benar.
- Perbedaan larutan, Koloid, dan suspensi berdasarkan sifat campurannya, fasanya dan ukuran partikelnya dideskripsikan dengan jelas.
- Pembuatan koloid dapat dengan cara kondensasi, desintegrasi, dan atau gabungan dari keduanya, dideskripsikan dengan jelas.
- MATERI PEMBELAJARAN
Koloid - KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Melakukan percobaan untuk mengamati perbedaan campuran homogen dan heterogen
- Mengelompokkan campuran di atas menjadi larutan, koloid, suspensi
- Membuat laporan hasil pengamatan
- Menjelaskan cara pembuatan partikel koloid dengan cara informasi dan tanya jawab
- Melakukan percobaan untuk mengamati perbedaan campuran homogen dan heterogen
- PENILAIAN
Tes tertulis, Penilaian proses dan tugas - SUMBER BELAJAR
Buku Kimia untuk SMA atau SMK dan Alat dan bahan untuk
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Pengelompokan campuran menjadi larutan, Koloid, dan suspensi dijelaskan dengan benar.
Shahih Bukhari
-Imam Bukhari-
Kitab Puasa
Bab 20: Keberkahan Sahur, Tetapi Tidak Diwajibkan
Karena Nabi صلی الله عليه وسلم dan para sahabat beliau pernah melakukan puasa wishal (bersambung dua hari), dan tidak disebut-sebut tentang sahur.[10]
934. Abdullah Ibnu Umar رضي الله عنه mengatakan bahwa Nabi melakukan puasa wishal, lalu orang-orang melakukan puasa wishal. Tetapi, kemudian mereka merasa keberatan, lalu dilarang oleh beliau. Mereka berkata, 'Tetapi engkau melakukan puasa wishal (terus-menerus)?" Beliau bersabda, "Aku tidak seperti kamu, aku senantiasa (dalam satu riwayat: pada malam hari) diberi makan dan minum."
935. Anas bin Malik رضي الله عنه berkata, "Nabi bersabda, 'Makan sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu terdapat berkah.'"
[10] Menunjuk kepada hadits Ibnu Umar yang disebutkan dalam bab ini, dan yang sama dengannya adalah hadits Anas yang akan disebutkan pada "48 - BAB" dan hadits Abu Hurairah sesudahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar