Sidebar atas

Jumat, Juli 24, 2009

SILABUS BAHASA JAWA Kls. IV SD/MI


SILABUS BAHASA JAWA Kls. IV SD/MI
MATA PELAJARAN BAHASA JAWA
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : IV (empat)
WAKTU : 8 jam pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI DASAR 
    1. Mendengarkan
      Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa ( ngoko, krama, dialek)
    2. Berbicara
      Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan
    3. Membaca
      Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa
    4. Menulis
      Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa
      Mampu mengapresiasi susastra Jawa (Apresiasi Sastra) 
PELAJARAN
KEGIATAN SEKOLAH
  1. KOMPETENSI DASAR
    1. Mendengarkan/Nyemak
    2. Mendengarkan cerita tentang tokoh-tokoh wayang
    3. Berbicara/Micara
    4. Mengajukan dan menjawab pertanyaan
    5. Membaca/Maca
    6. Membaca pemahaman membaca huruf jawa
    7. Menulis/Nulis
    8. Menulis dialog/percakapan
    9. Apresiasi Sastra
    10. Mengapresiasi tembang macapat 
  2. INDIKATOR
    1. Menceritakan sifat-sifat tokoh sastria dalam wayang
    2. Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
    3. Menjawab pertanyaan bacaan
    4. Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandhangan sederhana
    5. Melengkapi percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya
    6. Menyimpulakan isi tembang
    7. Menembangkan tembang macapat
  3. PENGALAMAN BELAJAR
    1. Siswa mendengarkan cerita pewayangan “Raden Werkudara” yang dibacakan guru
    2. Siswa menyebutkan sifat-sifat dalam tokoh bacaan tersebut
    3. Siswa membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
    4. Siswa berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama antar kelompok, siswa mengajukan pertanyaan dan saling menjawab
    5. Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
    6. Siswa terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf JawaSecara berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum jelas, dikomunikasikan dengan guru
    7. Siswa membentuk dalam kelompok dan setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan teks drama
    8. Siswa mennyimpulkan isinya dengan bimbingan guru.
    9. Siswa mencermati tembang macapat “Murid Tumemen” dengan bimbingan guru
    10. Siswa berlatih menyanyikan tembang macapat dengan bimbingan guru
    11. Siswa terlibat aktif dalam diskusi yang membahas isi tembang macapat Durma
  4. MATERI, SUMBER, MEDIA
    1. Teks cerita
    2. Buku Remen Basa Jawa hal 2-3
    3. Buku Teks drama
    4. Buku Remen Basa Jawa hal 3-4
    5. Buku huruf Jawa
    6. Buku Remen Basa Jawa hal 5-7
    7. Buku, kartu huruf Teks percakapan
    8. Buku Remen Basa Jawa hal 7-9
    9. Buku Tembang macapat
    10. Buku Remen Basa Jawa hal 9-11
    11. Buku, chart
  5. PENILAIAN
    1. Tes tertulis
    2. Tes perbuatan
    3. Tes Gladhi Kompetensi hal 11-14
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar