Sidebar atas

Jumat, Juli 10, 2009

SILABUS DAN RPP P K N Kls. III SD/MI


SILABUS DAN RPP P K N Kls. III SD/MI
I. SILABUS P K N SEMESTER I
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Kelas : 3 (tiga)
Semester : 1 (satu)
  1. STANDAR KOMPETENSI: 
    1. Mengamalkan makna sumpah pemuda.
    2. Kompetensi Dasar
    3. Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
    4. Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari. 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mengamalkan makna sumpah pemuda.
  2. Kompetensi Dasar
    Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
  3. Indikator
    Menjelaskan pengertian kerja sama.
    Menjelaskan manfaat kerja sama.
    Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
    Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
    Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
    Melaksanakan kerja sama di sekolah.
    Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
    Menyebutkan isi sumpah pemuda.
    Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
    Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
  4. Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 pertemuan).
    1. Tujuan Pembelajaran
      1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
      2. Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
      3. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
      4. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
      5. Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
      6. Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
      7. Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
      8. Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
      9. Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
      10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
    2. Materi Ajar
      1. Kerja sama.
      2. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
    3. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
      1. Pendekatan Kontekstual.
      2. Pendekatan Cooperatif Learning.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS P K N SEMESTER II
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Kelas : 3 (tiga)
Semester : 2 (dua)





  • STANDAR KOMPETENSI: 
      Memiliki harga diri sebagai individu.
    1. Kompetensi Dasar
      1. Mengenal pentingnya memiliki harga diri.
      2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
      3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Nama Sekolah : SD
    Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
    Kelas : III (Tiga)
    Semester : 2 (Dua)
    1. Standar Kompetensi
      Memiliki harga diri sebagai individu.
    2. Kompetensi Dasar
      1.Mengenal pentingnya memiliki harga diri.
      2.Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
    3. Indikator
      Menjelaskan pengertian harga diri.
      Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.
      Menyebutkan contoh bentuk harga diri.
      Mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.
      Menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.
    4. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
      1. Tujuan Pembelajaran
        Siswa dapat menjelaskan pengertian harga diri.
        Siswa dapat menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.
        Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk harga diri.
        Siswa dapat mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.
        Siswa dapat menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.
      2. Materi Ajar
        Apa itu harga diri?
      3. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
        Pendekatan Kontekstual.
        Pendekatan Cooperatif Learning.
        Diskusi kelompok , Tanya jawab ,Ceramah dan Penugasan.
      4. Langkah-langkah Kegiatan
        Pertemuan Pertama
        1. Kegiatan Awal
        a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
  • Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

    Tidak ada komentar :

    Posting Komentar