Kamis, Juli 09, 2009

SILABUS DAN RPP SAIN Kls. V SD/MI

SILABUS DAN RPP SAIN Kls. V SD/MI

I. SILABUS SAIN SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
    2. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
    3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
    4. Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan/ waktu: Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
  1. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
  2. Indikator
    1. Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
    2. Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
    3. Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
    4. Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
  3. Materi Essensial
    Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3)
    Alat pernapasan manusia
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
    Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
    Selengkapnya Silahkan 
  5. DOWNLOAD DISINI 1  ,  DISINI 2  ,  DISINI 3  ,  DISINI 4  File Bentuk PDF
III. SILABUS SAIN SEMESTER II
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
    2. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
    3. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
    4. Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Tumbuhan Hijau
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
  1. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
  2. Indikator
    1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
    2. Materi Essensial
    3. Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
    4. Proses tumbuhan hijau membuat makanan (hlm.44)
    5. Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau (hlm.45)
  3. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau
      Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
      Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
      air → diperoleh melalui akar
      karbon dioksida → masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
      cahaya matahari → diserap oleh klorofil
      Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3)
      Mengetahui hasil fotosintesis berupa Karbohidrat dan oksigen
    3. Penutup
      Mengulang proses fotosintesis
      Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis
      Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen
    Selengkapnya Silahkan 
  4. DOWNLOAD DISINI 1 DISINI 2  ,  DISINI 3  ,  DISINI 4  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar