Sidebar atas

Rabu, Juli 08, 2009

SILABUS DAN RPP P K N Kls. VI SD/MI


SILABUS DAN RPP P K N Kls. VI SD/MI
I. SILABUS P K N SEMESTER I
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Kelas : VI
Semester : 1
  1. STANDAR KOMPETENSI:
    Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
    2. Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
    3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharĂ­-hari
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
  1. Standar Kompetensi
    Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  3. Indikator
    1. Mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
    2. Menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
    3. Menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
    4. Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
    5. Menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
  4. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
    Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
    Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
    Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
    Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
  6. Materi Ajar
    Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
    Kebangkitan Nasional.
    Sumpah Pemuda.
  7. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    Pendekatan kontekstual.
    Pendekatan Cooperatif Learning.
    Diskusi dengan teman sebangku.
  8. Tanya jawab.
    Penugasan.
  9. Langkah-langkah Kegiatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS P K N SEMESTER II
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Kelas : VI
Semester : 2
  1. STANDAR KOMPETENSI:
    Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
    2. Memberi-kan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
    3. Materi Ajar
    4. Kerja sama antar negara di Asia Tenggara.
    5. Sejarah ASEAN.
    6. Lambang ASEAN.
    7. Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN.
    8. Dasar-dasar kerja sama untuk mencapai tujuan pokok.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : VI (Enam)
Semester : II (Dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
  3. Indikator
    1. Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
    2. Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
    3. Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
    4. Menjelaskan arti lambang ASEAN.
    5. Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
    6. Menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
    7. Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
    8. Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
    9. Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
    10. Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
  4. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
    Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
    Siswa mampu menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
    Siswa mampu menjelaskan arti lambang ASEAN.
    Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
    Siswa mampu menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
    Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
    Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
    Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
    Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
    Membuat kliping dengan teman kelompoknya masing-masing.
  6. Materi Ajar
    Sejarah ASEAN
    Lambang ASEAN
    Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN
    Dasar-dasar verja sama untuk mencapai tujuan pokok
    Struktur sekretariat ASEAN
    Bidang politik dan keamanan
    Bidang ekonomi
    Bidang sosial budaya
    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    Pendekatan kontekstual.
    Pendekatan Cooperatif Learning.
    Diskusi dengan teman sebangku.
  7. Tanya jawab.
    Penugasan.
  8. Langkah-langkah Kegiatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar