Sidebar atas

Selasa, Juli 07, 2009

SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. IX SMP/MTs


SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. IX SMP/MTs
I. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER I
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 3x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
    1. Materi Pokok
    2. Negara Maju dan Negara Berkembang
    3. Pengertian negara maju dan negara berkembang
    4. Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
    5. Persebaran negara-negara maju dan negara-negara berkembang di dunia
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
  3. Indikator
    Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang
    Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
  4. Alokasi Waktu : 1x45 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu untuk:
    Mendeskripsikan pengertian negara maju dan negara berkembang
    Mendeskripsikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
  6. Materi Pembelajaran
    Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
    Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang
  7. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama
    1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
      Memberi salam dan mengabsen.
      Apersepsi materi: guru menceritakan tentang masalah kependudukan yang dialami oleh negara-negara di dunia kemudian menghubungkannya dengan penggolongan dunia menjadi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
    2. Kegiatan Inti: 30 menit
      Guru menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian dan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang (hal 2 – 5) dengan menggunakan data dari World Population Datasheet 2006.
      Siswa menyebutkan kembali pengertian negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan bahasanya sendiri.
      Secara individu, siswa membuat peta pikiran yang menarik tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
    3. Kegiatan Penutup: 5 menit
      Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
      Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
  9. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    Kurikulum KTSP dan perangkatnya
    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
    Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
    Buku-buku penunjang yang relevan
    World Population Datasheet 2006
    OHP/ Slide Proyektor
    Internet
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER II
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 19x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami hubungan manusia dengan bumi
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
    2. Mendeskrip sikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
    3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
  3. Materi Pokok
    1. Pola dan Bentuk Muka Bumi
    2. Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumiDiagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
    3. Pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami hubungan manusia dengan bumi
  2. Kompetensi Dasar
    Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
  3. Indikator
    Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta
  4. Alokasi Waktu : 1x45 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu untuk:
    Mengidentifikasi bentuk muka bumi dengan menggunakan simbol peta
    Mendeskripsikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam interpretasi peta
  6. Materi Pembelajaran
    Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
  7. Metode Pembelajaran
    Tanya jawab, life skills, dan penugasan
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama
    1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
      Memberi salam dan mengabsen.
      Apersepsi materi: guru menanyakan pengertian peta dan jenis-jenis peta. Tanya jawab tentang pengertian interpretasi peta.
    2. Kegiatan Inti: 25 menit
      Guru menayangkan peta Indonesia. Guru menjelaskan simbol-simbol pd peta (hal 18 – 20).
      Siswa membaca buku dan mengamati peta wilayah Indonesia.
      Secara individu, siswa mengidentifikasi simbol-simbol yang digunakan dalam peta tersebut.
      Menginterpretasikan pola dan bentuk muka bumi dengan bantuan simbol-simbol pada peta tersebut.
    3. Kegiatan Penutup: 10 menit
      Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
      Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
  9. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    Kurikulum KTSP dan perangkatnya
    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
    Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
    Buku-buku penunjang yang relevan
    Peta Indonesia
    OHP/ Slide Proyektor
    Internet
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar