
SILABUS DAN RPP SAINS(IPA) Kls. V SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
- Standar Kompetensi  
 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
- Kompetensi Dasar- Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
- Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
- Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
- Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.
 
 Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Cahaya dan Sifat-Sifatnya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
- Indikator- Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
- Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
- Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
- Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
 
- Materi Essensial
 Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3)
 Alat pernapasan manusia
- Media Belajar
 Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
 Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
- Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa- Pendahuluan 
 Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
- Kegiatan Inti 
 Memahami peta konsep tentang alat pernapasan
 Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
 Paru-paru
 Hidung
 Tenggorokan
 Memahami istilah dari
 Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
 Memahami proses pernapasan
- Penutup 
 Mengulang proses pernapasan
 
 Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
- Pendahuluan 
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
- Standar Kompetensi  
 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
- Kompetensi Dasar- Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
- Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
- Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
- Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
- Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
 
 Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Cahaya dan Sifat-Sifatnya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
- Indikator
 Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
- Materi Essensial
 Sifat Cahaya
 Cahaya merambat lurus (Hlm.141)
 Cahaya menembus benda bening (Hlm.143)
- Media Belajar
 Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
 Karton tebal, tiga potong kayu penjepit yang seragam, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, potongan triplek, plastik bening, dua botol bening, air jernih, air berlumpur/keruh.
- Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa- Pendahuluan 
 Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
- Kegiatan Inti 
 Memahami peta konsep tentang cahaya
 Memahami bahwa cahaya merambat lurus dari kegiatan 6.1 (Hlm.142)
 Memahami bahwa cahaya menembus benda bening kegiatan 6.2 (Hlm.143)
 Memahami definisi benda bening dari kegiatan 6.3 (Hlm.144)
- Penutup 
 Memberikan kesimpulan bahwa
 Berkas cahaya merambat lurus
 Cahaya dapat menembus benda-benda bening
 
 Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
- Pendahuluan 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar