Sidebar atas

Jumat, Juli 24, 2009

SILABUS BAHASA JAWA Kls. VI SD/MI


SILABUS BAHASA JAWA Kls. VI SD/MI
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : VI (ENAM)
WAKTU : 8 jam pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI 
    1. Mendengarkan
      Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana,cakapan,dongeng/geguritan/tembang dalam berbagai ragam bahasa.
    2. Berbicara
      Mampu mengungkapkan pikiran pendapat gagasan dan perasaan secara lisan dengan memperhataikan berbagai ragam bahasa dan unggah ungguh basa yang sesuai.
    3. Membaca
      Mampu membaca dan memahami berbaagai ragam teks bacaan dengan menggunakan teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
    4. Menulis
      Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan kaidah penulisan dan unggah-ungguh yang sesuai.
    5. Apresiasi Sastra
      Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
PELAJARAN
1. LINGKUNGAN
  1. KOMPETENSI DASAR
    1. Mendengarkan/Nyemak
    2. Mendengarkan dan memahami percakapan tentang kegiatan di lingkungan keluarga
    3. Berbicara/Micara
    4. Mementaskan drama pendek atau bagian drama yag sesuai untuk anak
    5. Membaca/Maca
    6. Membaca huruf jawa
    7. Menulis/Nulis
    8. Meringkas bacaan
    9. Apresiasi Sastra
    10. Mengapresiasi tembang macapat atau geguritan
    1. INDIKATOR
      1. Mengungkapkan isi percakapan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa (basa ngoko, basa krama)
      2. Memerankan tokoh dalam naskah drama
      3. Menceritakan isi naskah
      4. Membaca lancar huruf Jawa dengan lafal dan intonasi yang tepat
      5. Mencatat pokok pokok isi bacaan
      6. Menyanyikan tembang macapat
      7. Menceritakan dan menuliskan isi tembang macapat
    2. PENGALAMAN BELAJAR
      1. Siswa mendengarkan percakapan “Kerjabakti” yang dibacakan guru
      2. Siswa mengungkapkan isi percakapan dengan bahasa ngoko dan krama
      3. Siswa membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
      4. Siswa berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama
      5. Secara kelompok, siswa menceritakan isi drama
      6. Antar kelompok, saling memberi masukan terhadap pementasan drama
      7. Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
      8. Siswa terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf Jawa
      9. Secara berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum jelas, dikomunikasikan dengan guru
      10. Siswa mencermati teks” Lakon Arya Penangsang”
      11. Siswa menuliskan kata-kata sukar yang tidak diketahui
      12. Siswa berdiskusi mengartikan kata-kata sukar bergantian
      13. Siswa mencatat pokok-pokok isi bacaan
      14. Siswa berlatih meringkas bacaan “Lakok Arya Penangsang” dengan bahasa sehari-hari
      15. Siswa mencermat tembang macapat “Durma” dengan bimbingan guru
      16. Siswa berlatih menyanyikan tembang macapat dengan bimbingan guru
      17. Siswa terlibat aktif dalam diskusi yang membahas isi tembang macapat Durma
      18. Siswa menceritakan isi tembang macapat “Durma” dengan bahasa sehari-hari
    3. MATERI,SUMBER,MEDIA
      1. Teks percakapan
      2. Buku Remen Basa Jawa hal 1-3
      3. Buku Teks drama
      4. Buku Remen Basa Jawa hal 3-5
      5. Buku Huruf Jawa
      6. Buku Remen Basa Jawa hal 5-6
      7. Buku, kartu huruf Teks Cerita
      8. Buku Remen Basa Jawa hal 6-7
      9. Buku, chart Tembang macapat
      10. Buku Remen Basa Jawa hal 8-9
      11. Buku, chart
    4. PENILAIAN
      1. Tes tertulis
      2. Tes perbuatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar