Sidebar atas

Senin, Juli 13, 2009

SILABUS DAN RPP P A I Kls. II SD/MI


SILABUS DAN RPP P A I Kls. II SD/MI
I. SILABUS P A I SEMESTER I
Sekolah : SD
Kelas : II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester : 1
  1. Standar kompetensi (Alquran)
    Menghafal Alquran
  2. Kompetensi Dasar
      1.1 Mengenal huruf Hijaiah
      1.2 Mengenal tanda baca (harakat)
      2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
      2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
      3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester: II/ 1
  1. Standar Kompetensi
    Mengenal Asmaul Husna
  2. Kompetensi Dasar
    Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
  3. Indikator
    Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
    Hafal lima Asmaul Husna
  4. Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
    1. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna
      Siswa dapat menghafal lima Asmaul Husna
    2. Materi Pembelajaran
      Asmaul Husna (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid II NTR Esis Bab 2)
    3. Metode Pembelajaran
      Siswa berlatih menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
      Siswa berlatih menghafalkan lima dari Asmaul Husna
    4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
      1. Kegiatan Pendahuluan
        Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
        Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah
      2. Kegiatan Inti
        Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
        Siswa menghafalkan lima dari Asmaul Husna secara individu
        Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas
      3. Kegiatan Penutup
        Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang diajarkan pada pertemuan tersebut.
    5. Alat / Sumber Belajar:
      Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
      Buku Pendidikan Agama Islam NTR, Esis Jilid 2 halaman 12-17
      Buku-buku lain yang relevan
      Pengalaman guru
      Lingkungan sekitar
    6. Penilaian:
      Sebutkan tiga dari lima Asmaul Husna yang telah dipelajari!
      Hafalkan lima dari Asmaul Husna!
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS P A I SEMESTER II
Sekolah : SD
Kelas : II (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester : 2 (dua)
  1. Standar kompetensi (Alquran)
    Membaca dan menulis huruf Alquran
  2. Kompetensi Dasar
      6.1 Membaca huruf Hijaiah bersambung
      6.2 Menulis huruf Hijaiah bersambung
      7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
      7.2 Mengartikan Asmaul Husna
      8.1 Mencontoh perilaku hormat dan santun kepada orangtua dan guru
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester: II / 2
  1. Standar Kompetensi
    Membaca dan menulis huruf Alquran
  2. Kompetensi Dasar
    Membaca huruf Hijaiah bersambung
  3. Indikator
    Mengenal huruf Hijaiah bersambung
    Membaca huruf Hijaiah bersambung
    Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar
  4. Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
    1. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat mengenal huruf Hijaiah bersambung
      Siswa dapat membaca huruf Hijaiah bersambung
      Siswa dapat memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar
    2. Materi Pembelajaran
      Huruf hijaiah bersambung (lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jilid II NTR Esis Bab 6)
    3. Metode Pembelajaran
      Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang huruf Hijaiah bersambung
      Siswa berlatih membaca huruf Hijaiah bersambung
      Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
    4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
      1. Kegiatan Pendahuluan
        Siswa menyebutkan kembali huruf Hijaiah yang telah mereka hafal
        Guru mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai huruf Hijaiah bersambung
      2. Kegiatan Inti
        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang huruf Hijaiah bersambung dan bentuk-bentuknya
        Siswa mengenal tentang huruf Hijaiah bersambung
        Siswa membaca huruf Hijaiah bersambung secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru
        Siswa memahami tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
        Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
      3. Kegiatan Penutup
        Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman 77-78
        Siswa diminta menulis bentuk-bentuk perubahan huruf Hijaiah di buku tugas
    5. Alat / Sumber Belajar:
      1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
      2. Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
      3. Buku tajwid
      4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid II NTR, Esis halaman 69-78
      5. Alquran
      6. Kaset dan CD Alquran
      7. Pengalaman guru
      8 Lingkungan sekitar
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar :

Posting Komentar