Sabtu, Juli 25, 2009

SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. V SD/MI


SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. V SD/MI
I. SILABUS SEMESTER I
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : V (lima)
Alokasi Waktu : jam pelajaran

  1. Standar Kompetensi
    Menyimak (ngaregepkeun)
    Mampu menyinak, memahami dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan yang berupa penjelasan dari nara sumber, pesan melalui telepon dan pembacaan cerita pendek
  2. Kompetensi Dasar

    1. Menyimak penjelasan dari Narasumber
    2. Materi Pokok
    3. Penjelasan narasumber
    4. Pengalaman Belajar
    5. Murid mencatat pokok-pokok pembicaraan dari narasumber “Usaha Kantong”
    6. Murid mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan dengan narasumber ”Usaha Kantong”.
    7. Murid menanggapi isi penjelasan dari narasumber ”Usaha Kantong”.




  1. Indikator

    1. Dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari narasumber “Usaha Kantong”.
    2. Dapat mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan dengan nara sumber ”Usaha Kantong”.
    3. Dapat menanggapi isi penjelasan dari narasumber ”Usaha Kantong”.

  2. Jenis Penilaian

    1. Responsi (praktik)
    2. Pertanyaan lisan/ tulian
    3. Ulangan Harian
    4. Tugas individu/ Kelompok

  3. Sumber Belajar

    1. Buku Paket
    2. Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 5

  4. Kamus Umum

    1. Basa Sunda
    2. Contoh teks
    3. Wawancara

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. SILABUS SEMESTER II
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : V (lima)
Alokasi Waktu : jam pelajaran

  1. Standar Kompetensi

    1. Menulis (Nulis)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam menulis cerita, menyusun pragraf, menulis surat, meringkas bacaan menulis deskripsi
      dan menulis eksposisi
    2. Membaca (Maca)
      Mampu membaca memahami dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana
      tulis (teks) dengan membaca intensif, membacakan puisi dan membacakan dongeng



  1. Kompetensi Dasar

    1. Menulis surat
    2. Membacakan puisi pilihan sendiri
    3. Membacakan Dongeng

  2. Materi Pokok

    1. Surat pribadi
    2. Puisi
    3. Dongeng

  3. Pengalaman Belajar

    1. Murid menyebutkan bagian-bagian surat.
    2. Murid menyebutkan pokok-pokok isi surat.
    3. Murid menyampaikan informasi untuk orang lain dalam bentuk surat dengan memperhatikan tatacara penulisan surat konteks, dan sopan santun berbahasa.
    4. Murid mengidentifikasi dan membedakan isi setiap teks.
    5. Murid memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.pembacaan
      ”Dongeng Sakadang Bango jeung Ajag.”
    6. Murid menyimak
    7. Murid menceritakan kembali isi ”Dongeng Bango jeung Ajag”
    8. Murid menyimpulkan hasil dari menyimak dongengnya.
    9. Murid memberikan tanggapan pada dongeng yang disimaknya

  4. Indikator

    1. Dapat menyebutkan bagian-bagian surat.
    2. Dapat menyebutkan pokok-pokok isi surat.
    3. Dapat menyampaikan informasi untuk orang lain dalam bentuk surat dengan memperhatikan tatacara penulisan surat konteks, dan sopan santun berbahasa.
    4. Dapat mengidentifikasi dan membedakan isi setiap teks
    5. Dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
    6. Dapat menyimak pembacaan ”Dongeng Sakadang Bango jeung Ajag.”
    7. Dapat menceritakan kembali isi ”Dongeng Bango jeung Ajag”
    8. Dapat menyimpulkan hasil dari menyimak dongengnya.
    9. Dapat memberikan tanggapan pada dongeng yang disimaknya

  5. Jenis Penilaian

    1. Responsi (praktik)
    2. Pertanyaan lisan/ tulian
    3. Ulangan Harian
    4. Tugas individu/ kelompok
    5. Responsi (praktik)
    6. Pertanyaan lisan/tulian
    7. Ulangan Harian
    8. Tugas individu/kelompok

  6. Sumber Belajar

    1. Buku Paket
    2. Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 5

  7. Kamus Umum

    1. Basa Sunda
    2. Contoh surat

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar