Selasa, Juli 21, 2009

RPP TEMATIK Kls. I SD/MI


RPP TEMATIK Kls. I SD/MI
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS : I (satu)
SEMESTER : 1 (satu)
TEMA : DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
  1. I. KOMPETENSI DASAR
    1. 1. PKN
      1.1 Menjelaskan perbedaan jénis kelamin, agama, dan suku bangsa
    2. 2.BAHASA INDONESIA
      2.1 Memperkenalkan din dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
      4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, Iingkaran, dan bentuk huruf
      4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, Iingkaran dan bentuk huruf
    3. 3.MATEMATIKA
      1.1 Membilang banyak benda
    4. 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
      1.2 Mengidentifikasi kebutuhari tubuh agar tubuh sehat dan kuat
    5. 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
      1.1Identitas diri, keluarga dan kekerabatan
  1. II. INDIKATOR
    1. 1. PKN
      Mengidentifikasi jenis kelamin
      Menyebutkan perbedaan jenis kelamin
    2. 2.BAHASA INDONESIA
      Menyebutkan data diri dengan kalimat sederhana
      Menyebutkan nama orang tua
      Menyebutkan nama saudara kandung
      Menjiplak gambar
      Menjiplak huruf
      Menebalkan gambar
      Menebalkan huruf
    3. 3. MATEMATIKA
      Membilang angka 1 - 5
      Menyebutkan banyak benda
      Membaca lambang bilangan
      Menulis lambang bilangan
    4. 4.ILMU PENGETAHUAN ALAM
      Menerangkan bagian-bagian tubuh
      Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati
      Melakukan perawatan tubuh
    5. 5.ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
      Mengehal nama Iengkap dan nama panggilan
      Menyebutkan nama Iengkap orang tua
      Menunjukkan alamat tempat tinggat
      Menyebutkan jumlah anggota keluarga yg tinggal dalarn satu rumah
  2. III.LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. A.KEGIATAN AWAL
      1. Doa bersama
      2. Absensi siswa
      3. Appersepsi Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
    2. B. KEGIATAN INTI
        1. Mengidentifikasi jenis kelamin
        2. Menyebutkan perbedaan jenis kelamin
        3. Menyebutkan data din dengan katimat sederhana
        4. Menyebutkan nama Iengkap orang tua
        5. Menyebutkan nama Iengkap saudara kándung
        6. Menjiplak gambar
        7. Menjiplak huruf
        8. Menebalkan gambar
        9. Menebalkan huruf
        10. Mengenali angka
        11. Menghitung banyak benda
        12. Mengenal lambang bilangan
        13. Membàca lambang bilangan
        14. Menulis nama bilangan
        15. Menyebutkan bagian bagian tubuh manusia
        16. Menjelaskan kegunaan dan bagian-bagian tubuh manusia
        17. Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita
        18. Mengenal nama Iengkap dan nama panggilan
        19. Menyebutkan nama Iengkap orang,tua
        20. Menu njukkan alamat tempat tinggat
        21. Menyebutkan jumlah anggota keluarga yg tinggal dalam satu rumah
      (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing¬ masing sekoIah)
    3. C. KEGIATAN AKHIR
      1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
      2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Kepala Pundak Lutut Kaki”
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS : I (satu)
SEMESTER : 2 (dua)
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
  1. I. KOMPETENSI DASAR
    1. 1. PKN
      3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
    2. 2.BAHASA INDONESIA
      5.1.Mendeskripsikan benda-benda di sekitar
      6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai
    3. 3. MATEMATIKA
      4.1 Membilang banyak benda
      4.2 Mengurutkan banyak benda
    4. 4.ILMU PENGETAHUAN ALAM .
      4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan
    5. 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
      2.1 Menceritakan kembali peristiwa peñting yang dialami sendiri di Iingkungan keluarga
  2. II. INDIKATOR
    1. 1. PKN
      3.1.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain
      3.1.2 Menjelaskan hak-anak untuk belajar dengan gembira
      3.1.3 Menjelaskan hak anak untuk didengar pendapatnya
    2. 2. BAHASA INDONESIA
      5.1.1 Menceritakan gambar
      5.1.2 Membuat kalimat sesuai gambar
      5.1.3 Menulis kallmat yang didiktekan
      6.1.1 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat aan kosa kata yang sudah dikuasai
    3. 3. MATEMATIKA
      4.1.1 Membilang banyak benda bilangan 51 sampal 100
      4.1.2 Menutis lambang bilangan, bilangan 51 sampai 100
      4.1.3 Menulis nama bilangan, bilangan 51 sampai 100
      4.2.1 Membaca lambang bilangan 51 sampai 100
      4.2.2 Menulis lambang bilangan 51-1 00 secara urut
      4.2.3 Menyebutkan jumlah suatu benda
      4.2.4 Membandingkan 2 komponen benda
      4.2.5 Membaca lambing bilangan terbesar ke bilangan terkecil atau sebaliknya secara urut
    4. 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
      4.1.1 Mendemonstrasikan benda-benda yang mudah bergerak
      4.1.2 Mengamati benda- benda yang mudah bergerak
      4.1.3 Mendemonstrasikan benda-benda yang sulit bergerak
      4.1.4 Mengamati benda- benda yang sulit bergerak
    5. 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
      2.1.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami anak
  3. III.LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. A. KEGIATAN AWAL
      1. Doa bersama
      2. Absensi siswa
      3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Satu Ditambah Satu”
    2. B. KEGIATAN INTI
        1. Melaksanakan tata tertib di rumah
        2. Mengenalkan hak-hak anak di rumah seperti bermain, belajar dengan gembira, dan didengar pendapatnya.
        3. Mengamati gambar Menyebutkan kegiatan yang dilakukan di rumah pada siang hari
        4. Mendeskripsikan gambar
        5. Menceritakan kembali
        6. Menulis kalimat dengan menggunakan huruf sambung dengan benar
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar