RPP TEMATIK Kls. II SD/MI
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA : DIRI SENDIRI
KELAS / SEMESTER : II / 1(satu)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
- I. KOMPETENSI DASAR
- 1. PKN
1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong - 2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek Berbicara
2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pitihan kata yang tepat dan santun
Membaca
3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 - 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat - 3. MATEMATIKA
1.1 Membandingkanbilangan sampai 500
2.1 Mengurutkan bilangan sampai 500
Geometri
3.1 Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam - 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan - 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Memelihara dokumen dan koltksi benda berharga miliknya - II. INDIKATOR
- 1. PKN
- 1. PKN
- 1.1.1 Mendefinisikan pengertial gotong royong dan contohnya
1.1.2 Menjelaskan anti hidup rukun
1.1.3 Menjelaskan akibat hidup rukun
1.1.4 Menjelaskan akibat hidup tidak rukun,
1.1.5 Membenikan contoh hidup rukun
1.1.6 Menjelaskan manfaat hidup rukun
1.1.7 Menjelaskan pengertian hidup saling berbagi
1.1.8 Memberikan contoh bidup saling berbagi
1.1.9 Menjelaskan akibat hidup saling berbagi
1.1.10 Menjelaskan akibat hidup tidak saling berbagi
1.1.11 Mendefinisikan arti hidup tolong menolong
1.1.12 Menjelaskan akibat hidup tolong menotong
1.1.13 Menjelaskan akibat hidup tidak saling totong menotong - 2. BAHASA INDONESIA
- Mendengarkan:
1.1.1 Menjawab pertnyaan sesuai isi cerita yang didengar
1.1.2 Menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan kata-kata sendini
1.1.3 Memilih kata yang tepat untuk melengkapi jawaban - Berbicara:
2.1.1 Melakukan percakapan dengan teman tentang pengalaman diri sendiri
2.1.2 Melakukan tanya jawab dengan teman tentang kegiatan sehani-hari di rumah
2.1.3 Mengajukan pertanyaan secara lisan pada orang lain tentang pengalaman yang berkesan - Membaca:
3.1.1 Membaca teks pendek (10 - 15 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.1.2 Menjawab pertanyaan dari isi teks yang dibaca
3.1.3 Mengajukan pertanyaan dan isi teks yang dibaca
3.1.4 Menyimpulkan isi bacaan - Menulis :
4.1.1 Menulis kata yang tepat untuk melngekapi kalimat yang diambil dari cerita
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Mendengarkan:
TEMA : KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS / SEMESTER: II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
- I. KOMPETENSI DASAR
- 1. PKN
3.1. Mengenal kegiatan bermusyawarah. - 2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.2. Menceritakan kembali isi dongeng yang didengamya.
Berbicara
6.2. Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Membaca
7.2. Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
Menulis
8.2. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yahg rapi. - 3. MATEMATIKA
Bilangan
3.1. Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
Geometri dan Pengukuran
4.2. Mengenal sisi-sisi bangun datar. - 4. IPA
3.2. Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematiiya. - 5. IPS
2.1. Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga - II. INDIKATOR
- 1. PKN
Menjetaskan manfaat bermusyawarah
Menjelaskan pengertian bermusyawarah
Melaksanakan hash musyawarah. - 2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
Mendengarkan dongeng
Menjawáb pertanyaan tentang isi dongeng
Berbicara
Menceritakan kembali cerita yang didengar dengan kata-kata sendiri.
Membaca
Menyebutkan isi teks dan bacaan
Menulis
Menuliskan puisi dengan huruf tegak bersambung yang rapi. - 3. MATEMATIKA
Bilangan
Mengenal perkalian sebagai penjumlahan berulang
Mengenal fakta perkalian yang hasilnya dua angka
Mengerjakan soal cerita dalambentuk perkalian
Geometri dan Pengukuran.
Menyebutkan jumlah sisi persegi
Menyebutkan jumlah sisi persegi panjang - 4. IPA
Energi dan Perubahannya
Menyebutkan alat-alat komunikasi yang menggunakan listrik
Menyebutkan kegunaan alat komunikasi. - 5. IPS
Menyebutkan kedudukan / peran ayah
Menyebutkan kedudukan / peran ibu
Menyebutkan kedudukan / peran anak
- 1. PKN
- III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN MINGGU I- A. Kegiatan Awal:
1. Do’a bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi - B. Kegiatan Inti
1. Guru bertanya jawab tentang dongeng komunikasi
2. Guru mendongeng / bercerita tentang komunikasi
3. Mengadakan tanya jawab dengan teman sebangkunya tentang dongeng yang di dengar
4. Mengajukan beberapapertanyaan tentang isi dongeng komunikasi
5. Anak menuliskan jumlah atat komunikasi yang dimiliki
6. Anak diajak berhitung perkalian
7. Anak diajak menghitung jumlah sisi bangun datar yang ada di dalam kelas
8. Tanya jawab tentang alat komunikasi yang menggunakan listrik
9. Anak diajak tanya jawab tentang peran/ kedudukan orang tua di dalam anggota keluarga.
10. Anak menggambarkan bangun datar persegi dan persegi panjang. - C. Penutup
Guru dan anak membuat kesimpulan tentang “Komunikasi” Anak menyanyikan lagu “Tukang Pos”
erdasarkan kata yang tersetha
4.1.3 Menyalin cents dengan huruf tegak bersambung
4.1.4 Menulis katimat sederhana yang didiktekan guru
- A. Kegiatan Awal:
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - 1. PKN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar