Rabu, Juli 22, 2009

RPP TEMATIK Kls. III SD/MI


RPP TEMATIK Kls. III SD/MI
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS : III SD
SEMESTER : 1 (satu)
TEMA: DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
  1. I. KOMPETENSI DASAR
    1. 1. PKN
      1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
    2. 2. BAHASA INDONESIA
      1.1 Melakukan sesuatu berdasarkart penjelasan yang disampaikan secara lisan
      2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
      3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
      4.1 Menyusun paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan ejaan
    1. 3. MATEMATIKA
      1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
      2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
    2. 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
      1.1 MendiskriIPSikan ciri-ciri den kebutuhari makhluk hidup.
    3. 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
      1.1 Menceritakan Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
  1. II. INDIKATOR
    1. 1. PKN
        Mengetahui makna sumpah pemuda
        Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda 
    2. 2. BAHASA INDONESIA
        Mendengarkan penjelasan
        Menganalisa penjelasan
        Melaksanakan penjelasan
        Melengkapi kaUmat penjelasan
        Menceritakan pengalaman pribadi
        Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
        Menyusun paragraf sederhana dengan memperhetikan penggunaan ejaan
    3. 3. MATEMATIKA
        Menggambar gahs bitangan
        Menentukan etak bilangan pada garis bHarigan.
        Menyebutkan nama alat ukur
        Menyebutkan fungsi alat ukur
        Mengukur dengan alat ukur
    4. 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
        Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
        Membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-ciri.
    5. 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
        Menyebutkan lingkungan alam buatan
        Menyebutkan Iingkungan alam alami
        Menjelasken alam
  2. III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. A. KEGIATAN AWAL
      1. Doa bersama
      2. Absensi siswa
      3. Appersepsi Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
    2. B. KEGIATAN INTI
        1 Mengidentifikasi jenis kelamin
        2 Mengenal makna satu nyse
        3 Mengenal makna satu bangsa
        4. Mengenal makna satu bahasa
        5. Mendengarkan penjelasan
        6. Menganalisa penjelasan
        7. Melaksanakan penjelasan
        8. Melengkapi kalimat penjelasan
        9. Menceritakan pengalaman pribadi
        10. Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan afal dan intonasi yang tepat
        11. Menyusun paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
        12. Menggambar garis bilangan
        13. Menentukan etak bilangan pada garis bilangan
        14. Menyebutkan nama alat ukur
        15. Menyebutkan fungsi alat ukur
        16. Mengukur dengan alat ukur
        17. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
        18. Membandingkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
        19. Menjelaskan alam buatan dan alam alami
        20. Mengidentifikasikan alam
        21. Menceritakan alam
        (Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan den gan jadwal pelajaran masing¬masing sekoIah)
    3. C. KEGIATAN AKHIR
      1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
      2. Pelajaran ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS : III SD
SEMESTER : 2 (dua)
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
  1. I. KOMPETENSI DASAR
    1. 1. PKN
      Mengenal pentingnya memiliki harga diri
    2. 2. BAHASA INDONESIA
      5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
      6.1 Melakukan percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat ringkas
      Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
      Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
    3. 3. MATEMATIKA
      2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
      3.1 Mengenal pecahari sederhana
      4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya
    4. 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
      3.2 MendeskriIPSikan perubahari sifat benda (ukuran, bentuk, warna/rasa) yang dapat diamati akibat dan pe’rnbakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
    5. 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
      Mengamati jenis-jenis pekerjaan
  2. II. INDIKATOR
    1. 1. PKN
        Mengetahuj adanya hak dan kewajiban sebagai individu
        Membiasakan menghargai hak dan kewajiban individu
    2. 2. BAHASA INDONESIA
        Mencatat isi berita
        Memberikan komentar si berita
        Mencerjtakan isi drama
        Mampu membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
        Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
        Mampu mengajukan pertanyaan
        Mampu menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
        Mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri
    3. 3. MATEMATIKA
        Mengartikan pecahari
        Membaca pecahari
        MenuUs pecahari sederhana
        Menemukan sifat-sifat bangun datar, segitiga, persegi, persegi panjang
        Menggambar bangun sesuai dengan sifat-sifat bangun datar yang diberikan
    4. 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
        Mendemonstrasikan adanya perubahari sifat pada benda, akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
        Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.¬
    5. 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
        Mengidentifikasikan jenis-jenis pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan barang dan jasa
        Membuat daftar pekerjaan orang tua siswa yang menghasilkan barang dan jasa 
  3. III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
    1. A. KEGIATAN AWAL
      1.Doa bersama
      2.Absensi siswa
      3.Appersepsi Menyanyikan lagu “Cita-Citaku”
    2. B. KEGIATAN INTI
        1 Mengenal adanya hak individu
        2. Mengenal kewajiban sebagai individu
        3. Melakukan kebiasaan menghargai hak individu
        4. Melakukan kebiasaan menghargai kewajiban individu
        5. Mencatat berita dan Koran
        6. Mendengarkan berita di TV/radio
        7. Mencatat si berita
        8. Mengajukan pertanyaan mengomentari isi berita
        9. Menyimpulkan si berita
        10. Menentukan tema percakapan
        11. Membuat teks dialog percakapan
        12. Mempraktekkan dialog yang telah dibuat
        13. Membaca teks panjang secara intensif
        14. Menjawab pertanyaan isi teks
        15. Mengajukan pertanyaan
        16. Menulis kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
        17. Menyusun gambar sen yang diacak
        18. Menulis beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
        19. Mengartikan pecahari sederhana
        20. Membaca pecahari sederhana
        21. Menulis pecahari sederhana
        22. Melakukan penyelidikan sifat dan ciri-ciri bangun datar, persegi panjang denga.n menggunakan alat dan bahari yang ada di sekitar, pojok siku-siku / lipatan kertas
        23. Menggambar bangun datar segitiga, persegi, dan persegi pânjang pada kertas berpetak
        24. Mendemonstrasikan adanya perubahari sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
        25. Meinbandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.
        26. Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan
        27. Menjelaskan cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa
        (Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing¬ masing sekoIah)
    3. C. KEGIATAN AKHIR
      1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
      2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar