RPP TEMATIK Kls. III SD/MI
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS : III SD
SEMESTER : 1 (satu)
TEMA: DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
- I. KOMPETENSI DASAR
- 1. PKN
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa - 2. BAHASA INDONESIA
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkart penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
4.1 Menyusun paragraf ber-dasarkan bahari yang tersedia dengan memper-hatikan penggunaan ejaan
- 1. PKN
- 3. MATEMATIKA
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam) - 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.1 MendiskriIPSikan ciri-ciri den kebutuhari makhluk hidup. - 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Menceritakan Iingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah - II. INDIKATOR
- 1. PKN
- Mengetahui makna sumpah pemuda
Mengetahui Iahirnya sumpeh pemuda - 2. BAHASA INDONESIA
- Mendengarkan penjelasan
Menganalisa penjelasan
Melaksanakan penjelasan
Melengkapi kaUmat penjelasan
Menceritakan pengalaman pribadi
Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menyusun paragraf sederhana dengan memperhetikan penggunaan ejaan - 3. MATEMATIKA
- Menggambar gahs bitangan
Menentukan etak bilangan pada garis bHarigan.
Menyebutkan nama alat ukur
Menyebutkan fungsi alat ukur
Mengukur dengan alat ukur - 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Membedakan antara makhluk hidup dan tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-ciri. - 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
- Menyebutkan lingkungan alam buatan
Menyebutkan Iingkungan alam alami
Menjelasken alam
- 1. PKN
- III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
- A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” - B. KEGIATAN INTI
- 1 Mengidentifikasi jenis kelamin
2 Mengenal makna satu nyse
3 Mengenal makna satu bangsa
4. Mengenal makna satu bahasa
5. Mendengarkan penjelasan
6. Menganalisa penjelasan
7. Melaksanakan penjelasan
8. Melengkapi kalimat penjelasan
9. Menceritakan pengalaman pribadi
10. Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan afal dan intonasi yang tepat
11. Menyusun paragraf berdasarkan bahari yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
12. Menggambar garis bilangan
13. Menentukan etak bilangan pada garis bilangan
14. Menyebutkan nama alat ukur
15. Menyebutkan fungsi alat ukur
16. Mengukur dengan alat ukur
17. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
18. Membandingkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
19. Menjelaskan alam buatan dan alam alami
20. Mengidentifikasikan alam
21. Menceritakan alam
(Langkah-Jangkah kegia tan disesuaikan den gan jadwal pelajaran masing¬masing sekoIah) - C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan agu “Satu Nusa Satu Bangsa”
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - A. KEGIATAN AWAL
KELAS : III SD
SEMESTER : 2 (dua)
TEMA : TEMPAT UMUM
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
- I. KOMPETENSI DASAR
- 1. PKN
Mengenal pentingnya memiliki harga diri - 2. BAHASA INDONESIA
5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
6.1 Melakukan percakapan rrelatui telepon/aIat komunikasi sederhana dengan menggunakan kaUmat ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Menulis karangan sederhana berda-sarkan gambar sen menggunakan piHhari kata dan kalimat yang tepat dengan mem-perhatikan peng-gunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik - 3. MATEMATIKA
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.1 Mengenal pecahari sederhana
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya - 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
3.2 MendeskriIPSikan perubahari sifat benda (ukuran, bentuk, warna/rasa) yang dapat diamati akibat dan pe’rnbakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka. - 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Mengamati jenis-jenis pekerjaan
- 1. PKN
- II. INDIKATOR
- 1. PKN
- Mengetahuj adanya hak dan kewajiban sebagai individu
Membiasakan menghargai hak dan kewajiban individu - 2. BAHASA INDONESIA
- Mencatat isi berita
Memberikan komentar si berita
Mencerjtakan isi drama
Mampu membuat percakapan sederhana melalui telepon dengan menggunakan kalimat ringkas
Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
Mampu mengajukan pertanyaan
Mampu menulis kalimat dengan ejaan yang tepat
Mampu menulis karangan berdasarkan gambar seri - 3. MATEMATIKA
- Mengartikan pecahari
Membaca pecahari
MenuUs pecahari sederhana
Menemukan sifat-sifat bangun datar, segitiga, persegi, persegi panjang
Menggambar bangun sesuai dengan sifat-sifat bangun datar yang diberikan - 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
- Mendemonstrasikan adanya perubahari sifat pada benda, akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.¬ - 5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
- Mengidentifikasikan jenis-jenis pekerjaan di Iingkungan tempat tinggal siswa;yang menghasilkan barang dan jasa
Membuat daftar pekerjaan orang tua siswa yang menghasilkan barang dan jasa
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN - 1. PKN
- A. KEGIATAN AWAL
1.Doa bersama
2.Absensi siswa
3.Appersepsi Menyanyikan lagu “Cita-Citaku” - B. KEGIATAN INTI
- 1 Mengenal adanya hak individu
2. Mengenal kewajiban sebagai individu
3. Melakukan kebiasaan menghargai hak individu
4. Melakukan kebiasaan menghargai kewajiban individu
5. Mencatat berita dan Koran
6. Mendengarkan berita di TV/radio
7. Mencatat si berita
8. Mengajukan pertanyaan mengomentari isi berita
9. Menyimpulkan si berita
10. Menentukan tema percakapan
11. Membuat teks dialog percakapan
12. Mempraktekkan dialog yang telah dibuat
13. Membaca teks panjang secara intensif
14. Menjawab pertanyaan isi teks
15. Mengajukan pertanyaan
16. Menulis kalimat dengan menggunakan ejaan yang berlaku
17. Menyusun gambar sen yang diacak
18. Menulis beradasarkan gambar sen yang telah disusunnya
19. Mengartikan pecahari sederhana
20. Membaca pecahari sederhana
21. Menulis pecahari sederhana
22. Melakukan penyelidikan sifat dan ciri-ciri bangun datar, persegi panjang denga.n menggunakan alat dan bahari yang ada di sekitar, pojok siku-siku / lipatan kertas
23. Menggambar bangun datar segitiga, persegi, dan persegi pânjang pada kertas berpetak
24. Mendemonstrasikan adanya perubahari sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.
25. Meinbandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahari.
26. Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan
27. Menjelaskan cara membuat daftar pekerjaan orang tua siswa
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing¬ masing sekoIah) - C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar