Sabtu, Juli 25, 2009

SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. IV SD/MI


SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. IV SD/MI
NAMA SEKOLAH : SD (Sekolah Dasar)
MATA PELAJARAN : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas : IV (empat)
Semester : 1- 2 (satu – dua)
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan berupa carita pondok, guguritan, dan pengumuman (bewara).
  2. KOMPETENSI DASAR
    1. Menyimak (Ngaregepkeun)
    4.1.1 Menyimak carita pondok
    4.1.2 Menyimak pembacaan puisi guguritan
    4.1.3 Menyimak pengumuman (wawaran)
  1. INDIKATOR
    1. Dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas pemahaman.
    2. Dapat menceritakan hal-hal yang menarik dari cerita.
    3. Dapat menanggapi cerita teman dengan bertanya.
    4. Dapat menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
    5. Dapat menyimak dengan sikap yang baik.
    6. Dapat menceritakan isi guguritan dengan parafrase.
    7. Dapat menanggapi isi guguritan.
    8. Dapat menembangkan guguritan.
    9. Dapat menyimak dengan sikap yang baik.
    10. Dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas isi bewara.
    11. Dapat menceritakan hal-hal yang menarik dari bewara.
    12. Dapat menanggapi isi bewara dengan bertanya kepada teman.
    13. Dapat menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
  2. MATERI POKOK
    1. Carita pondok.
    2. Guguritan – pupuh sederhana
    3. Wawaran
  3. PENGALAMAN BELAJAR
    1. Murid mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas pemahaman.
    2. Murid menceritakan hal-hal yang menarik dari cerita.
    3. Murid menanggapi cerita teman dengan bertanya.
    4. Murid menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
    5. Murid menyimak dengan sikap yang baik.
    6. Murid menceritakan isi guguritan dengan parafrase.
    7. Murid menanggapi isi guguritan.
    8. Murid menembangkan guguritan.
    9. Murid menyimak dengan sikap yang baik.
    10. Murid mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas isi bewara.
    11. Murid menceritakan hal-hal yang menarik dari bewara.
    12. Murid menanggapi isi bewara dengan bertanya kepada teman.
    13. Murid menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
  4. JENIS PENILAIAN
    1. Responsi
    2. Pertanyaan lisan
    3. Ulangan Harian
  5. SUMBER BELAJAR
    1. Pangrumat Basa Sunda,Tim Karya Guru.Jakarta: Erlangga
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar