Minggu, Juli 05, 2009

SILABUS DAN RPP B INDONESIA Kls. VII SMP


SILABUS DAN RPP B INDONESIA Kls. VII SMP
I. SILABUS BAHASA INDONESIA SEMESTER I
Sekolah : SMP ........
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
  2. Kompetensi Dasar
    Menyimpul¬kan isi berita yang diba¬cakan dalam beberapa kalimat
    Menuliskan kembali be¬rita yang di¬bacakan ke dalam bebe¬rapa kalimat
  3. Standar Kompetensi
    Berbicara
    Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam
  4. Kompetensi Dasar
    1. Mencerita¬kan peng¬alam¬an yang paling me¬nge¬sankan dengan mengguna¬kan pilihan kata dan kalimat efektif
    2. Menyam-paikan pengu-mumam de¬ngan intonasi yang tepat serta meng¬gunakan ka¬limat-kalimat yang lugas dan sederha¬na
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
  2. Kompetensi Dasar
    Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
  3. Indikator
    1. Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan.
    2. Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita.
    3. Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu paragraph
  4. Alokasi Waktu : 2 X 40 menit (2 pertemuan)
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
  6. Materi Pembelajaran
    Jenis berita
    pokok-pokok berita
    Sari berita
    Kesimpulan isi berita
  7. Metode Pembelajaran
    Pemodelan
    Inkuiri
    Tanya jawab
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
    1. Kegiatan awal
      Siswa mendengarkan berita
      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang isi berita
      Siswa menemukan manfaat berita
    2. Kegiatan inti
      Siswa menentukan pokok-pokok berita
      Siswa memberikan tanggapan isi berita dengan berdiskusi
      Siswa menyarikan pokok-pokok berita
      Siswa menyimpulkan pokok-pokok berita
    3. Kegiatan Akhir
      Siswa dan guru melakukan refleksi.
  9. Sumber Belajar
    Koran
    Rekaman berita
    Buku Pelajaran Bahasa Indonesia
  10. Penilaian
    Teknik : Penugasan
    Bentuk instrument : Tugas proyek
    Soal/Instrumen
    Tulislah minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut!
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
III. SILABUS BAHASA INDONESIA SEMESTER II
Sekolah
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII/2
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara
  2. Kompetensi Dasar
    Menyimpul¬kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to¬koh/narasum-ber yang di¬sam¬paikan da¬lam wa¬wan¬cara
    Menuliskan dengan sing¬kat hal-hal pen¬ting yang dikemukakan narasumber dalam wa¬wan¬cara
  3. Standar Kompetensi
    Berbicara
    Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
  4. Kompetensi Dasar
    Mencerita-kan tokoh idola de¬ngan mengemu-kakan ide¬n¬titas tokoh, ke¬unggulan, dan alasan meng¬idolakannya dengan pilihan kata yang se¬suai
    Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/2
  1. Standar Kompetensi
    Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan mendongeng
  2. Kompetensi Dasar
    Menulis kembali dongeng dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
  3. Indikator
    Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
    Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
  4. Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan )
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menentukan pokok-pokok dongeng yang diperdengarkan
    Siswa dapat menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang diperdengarkan.
  6. Materi Pembelajaran
    Penulisan kembali dongeng:
    Teks dongeng
    Pokok-pokok dongeng
    Cara penulisan teks dongeng
    Praktik penulisan dongeng
  7. Metode Pembelajaran
    Pemodelan
    Tanya jawab
    Diskusi
    Inkuiri
  8. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Awal
      Siswa diajak menyanyikan lagu “Cinderella” karya Radja.
      Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi lagu tersebut.
      Siswa mengidentifikasi manfaat menulis dongeng
    2. Kegiatan Inti
      Siswa berkelompok 3—4 orang.
      Siswa dalam kelompoknya mendengarkan pembacaan dongeng “Cinderella”
      Siswa dalam kelompoknya menuliskan pokok-pokok dongeng yang didengarkannya.
      Siswa dalam kelompoknya menulis kembali dongeng dengan menggunakan bahasa sendiri berdasarkan pokok-pokok dongeng yang ditulisnya.
      Siswa saling menukar antarkelompok dongeng yang ditulisnya.
      Siswa dalam kelompok menilai dongeng yang ditulis temannya.
    3. Kegiatan Akhir
      Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
      Siswa mendapat tugas individu menulis dongeng yang pernah didengar atau dibacanya.
  9. Sumber Belajar
    Teks lagu Cinderella
    Buku Dongeng
    Buku Siswa:
    Subhan, dkk. 2006. Bahasa dan Sastra Indonesia 1. Pontianak: Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Dinas Pendidikan.
  10. Penilaian
    Teknik : tes tulis, tes unjuk kerja
    Bentuk instrumen : uji petik kerja produk
    Soal/ instrumen :
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar