Minggu, Juli 12, 2009

SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA Kls. V SD/MI


SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA Kls. V SD/MI
I. SILABUS BAHASA INDONESIA SEMESTER I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama

  1. Standar Kompetensi
    Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
  2. Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
    1. Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
      Berbicara
    2. Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran,kata dan santun berbahasaMembaca
    3. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat..Menulis
      4.1.surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
      4.2.menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester: 5 / Pertama
  1. Standar Kompetensi
    Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
    Waktu : 2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan )
    MENDENGARKAN
  2. Kompetensi Dasar
    Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
  3. Indikator 
    1. Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
    2. Siswa dapat menanggapi pernyataan.
    3. Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
    4. Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
    5. Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
  4. Materi Pokok
    Teks Penjelasan nara sumber
    Pengalaman Belajar 
    1. Kegiatan Awal
      Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
      Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
    2. Kegiatan Inti
      Mendengarkan penjelasan.
      Menananggapi pernyataan.
      Menanggapi. penjelasan nara sumber.
      Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
      Menceriterakan penjelasan nara sumber.
    3. Kegiatan Akhir
      Mengerjakan soal-soal latihan
      Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
  5. Metode/Sumber Belajar
    Metode
    Tanya jawab,diskusi,penugasan / Multi Metode
  6. Sumber Belajar
    Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
  7. Penilaian
    Tes lisan dan tertulis ( diserahkan ke guru sekolah)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS BAHASA INDONESIA SEMESTER II
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : V / 2
  1. Standar Kompetensi
      Mendengar
    1. Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.
      Berbicara
    2. Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
      Membaca
    3. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
      Menulis
    4. Mengungkapkan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
  2. Kompetensi Dasar
    Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
  3. Indikator 
    1. Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
    2. Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun
  5. Materi Ajar
    Peristiwa yang terjadi di sekolah
  6. Metode Pembelajaran
    Ceramah, Tanya jawab, latihan
  7. Langkah-langkah Pembelajaran 
    1. Kegiatan Awal
      Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara rnengabsen kehadiran
      siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
      Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah
      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya rnengenai materi pembelajaran.
    2. Kegiatan Inti
      Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab,
      Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
    3. Kegiatan Akhir
      Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
      Siswa diberi tugas untuk mengomentari cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun. 
  8. Alat/Bahan/Sumber Belajar
    Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B Penerbit Erlangga dan Standar Isi
  9. Penilaian
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk Excel(doc)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar