SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. I SD/MI
I. SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER I
Sekolah : SD
Kelas : I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
- Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas - Kompetensi Dasar
- Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
- Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
- Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang
- Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/1
Sekolah : SD
Kelas : I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
SD :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/2
SD :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/1
- Standar Kompetensi
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas - Kompetensi Dasar
Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang - Indikator
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar - Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar - Metode Pembelajaran
Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar. - Kegiatan Inti
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah. - Kegiatan Penutup
Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
- Kegiatan Pendahuluan
- Alat/Sumber Belajar:
Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
Rekaman kaset/CD
Buku-buku lain yang relevan - Penilaian:
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah : SD
Kelas : I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
- Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas - Kompetensi Dasar
- Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang
- Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
- Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
- Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
SD :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/2
- Standar Kompetensi
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas - Kompetensi Dasar
Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang - Indikator
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar - Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar - Metode Pembelajaran
Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar. - Kegiatan Inti
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah. - Kegiatan Penutup
Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
- Kegiatan Pendahuluan
- Alat/Sumber Belajar:
Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
Rekaman kaset/CD
Buku-buku lain yang relevan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar