Jumat, Juli 10, 2009

SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. IV SD/MI

SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. IV SD/MI

I. SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER I
Sekolah : SD
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
  2. Kompetensi Dasar
    1. Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
    2. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
    3. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba
    4. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IV/1
  1. Standar Kompetensi
    Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
  2. Kompetensi Dasar
    Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
  3. Indikator 
    1. Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
    2. Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
    3. Merespon dengan melengkapi dan memperagakan dialog
  4. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
    Siswa dapat mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
    Siswa dapat melengkapi dan memperagakan dialog
  6. Metode Pembelajaran
    Siswa melengkap dialog-dialog yang masih kosong
    Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
    Siswa melengkapi dan memperagakan dialog
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
      Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER II
Sekolah : SD
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
  2. Kompetensi Dasar
    1. Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
    2. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
    3. Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
    4. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
    5. Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IV/2
  1. Standar Kompetensi
    Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
  2. Kompetensi Dasar
    Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
  3. Indikator
    Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
  4. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
  6. Metode Pembelajaran
    Siswa merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
      Guru dapat meminta siswa untuk mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan materi pokok bab yang dibahas.
    2. Kegiatan Inti
      Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
      Siswa mengulang secara kelompok/individu.
      Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
    3. Kegiatan Penutup
      Guru menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD secara verbal.
      Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi. 
  8. Alat/Sumber Belajar:
    Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
    Rekaman kaset/CD
    Buku-buku lain yang relevan
    Script percakapan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar