SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. IX SMP/MTs
I. SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER I
Sekolah : SMP...........
Kelas : IX ( Sembilan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
- Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Sekolah : SMP...........
Kelas : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
- Standar Kompetensi
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan - Indikator
- Mengidentifikasi informasi rinci dalam percakapan
- Mengidentifikasi karakteristik fisik seseorang berdasarkan percakapan
- Melengkapi dialog rumpang sesuai dalam rekaman
- Jenis teks : Transactional / Interpersonal
- Tema : Camping Life and An Adventure In the Forest
- Aspek/Skill : Mendengarkan
- Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:- Mengidentifikasi penjelasan tentang identitas seseorang
- Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam dialog
- Menentukan karakteristik seseorang dengan penjelasan yang ada
- Menggambar wajah sesuai deskripsi dalam rekaman dialog
- Melengkapi dialog rumpang
- Materi Pembelajaran
- Communication Practice (halaman 2, 4, 5, 16)
- Sript dan rekaman dialog
- Rekaman, gambar dan pilihan jawaban
- Penjelasan kegiatan
- Dialog rumpang dan rekaman
- Developing Skills (halaman 58 dan 25)
- Rekaman percakapan dan pilihan jawaban
- Gambar dan rekaman percakapan
- Pronunciation (halaman 28)
- Rekaman dan script kata-kata yang mengandung pelafalan bunyi [i:] dan [I]
- Metode Pembelajaran: three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab tentang gambar yang menjadi latar belakang dalam dialog yang akan dibahas
Guessing Game: menebak nama tokoh terkena yang dideskripsikan oleh guru - Kegiatan Inti
Mencocokkan karakteristik seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman
Menggambar wajah pelaku kejahatan sesuai penjelasan dalam rekaman
Menggambar seseoang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
Melengkapi dialog rumpang
Menentukan pemilik benda-benda yang terdapat dalam gambar
Memilih jawaban yang sesuai rekaman dialog
Menentukan kata-kata yang mengandung pelafalan bunyi [i:] dan [I] - Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan belajar siswa
Menyimpulkan kegiatan pembelajaran - Sumber belajar
Buku teks yang relevan : Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
Workbook Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
Gambar-gambar yang relevan
Selangkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Sekolah : SMP...........
Kelas : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
- Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 2
- Standar Kompetensi
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita - Indikator
- Mengidentifikasi informasi dalam dialog
- Mengidentifikasi percakapan telepon
- Jenis teks : Transactional / Interpersonal
- Tema : Earth Mysteries dan Back to London
- Aspek/Skill : Mendengarkan
- Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Melengkapi dialog
Menentukan jawaban berdasarkan pertanyaan dalam percakapan telepon
Melengkapi laporan berdasarkan rekaman - Materi Pembelajaran
- Communication Practice (halaman 91, 114, 115, 120, 132, 146, 147, 158, 159)
- Percakapan-percakapan ya memuat ungkapan:
A: How many….?
B: It’s about… - Comic strip, rekaman akhir cerita
- Rekaman dan script dialog
- Rekaman dialog, daftar pertanyaan
- Developing Oral Skills(halaman 100, 111, 120, 121, 141)
- Rekaman percakapan, pernyataan-penyataan
- Rekaman percakapan telepon, form laporan UFO
- Rekaman percakapan telepon, dialog rumpang, pilihan jawaban
- Metode Pembelajaran: three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab tentang bagaimana menjawab telepon dalam bahasa Inggris
Tanya jawab tentang comic-strip - Kegiatan Inti
Melengkapi pertanyaan-pertanyaan berdasarkan nformasi dalam dialog
Menentukan pernyataan-peryataan berdasarkan percakapan telepon
Melengkapi form laporan UFO berdasakan percakapan telepon
Menentukan akhir cerita dari sebuah comic-strip
Mendengarkan akhir cerita dari comic-strip berdasarkan rekaman
Membandingkan akhir cerita yang dibuat dengan yang terdapat dalam rekaman
Melengkapi dialog berdasarkan percakapan dalam telepon
Memilih jawaban yang tepat untuk melengkapi dialog
Bertanya jawab tentang informasi yang terdapat dalam dialog
Memilih kata-kata yang tepat untuk melengkapi kalimat dalam dialog
Menentukan jawaban berdasarkan rekaman percakapan - Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
Menyimpulkan materi pembelajaran. - Sumber belajar
Buku teks yang relevan : Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007.
Workbook Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007.
Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
Gambar-gambar yang relevan
Selangkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar