SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. VIII SMP/MTs
I. SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER I
Sekolah : SMP...........
Kelas : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
- Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. - Kompetensi Dasar
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1
Sekolah : SMP...........
Kelas : VIII (Delapan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 2
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1
- Standar Kompetensi
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat - Kompetensi Dasar
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat. - Indikator
- Mengidentifikasi informasi rinci dalam percakapan
- Melengkapi teks wawancara
- Melengkapi teks dialog
- Mengidentifikasi intonasi dalam kalimat interogatif dan positif
- Jenis teks : Transactional / Interpersonal
- Tema : Home Life
- Aspek/Skill : Mendengarkan
- Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:- Menentukan pasangan kalimat berdasarkan percakapan
- Memilih jawaban yang tepat berdasarkan rekaman dialog
- Melengkapi teks wawancara berdasarkan rekaman
- Melengkapi teks dialog berdasarkan rekaman dengan memilh jawaban yang tersedia
- Melafalkan kalimat interogatif dan kalimat positif dengan intonasi yang tepat
- Materi Pembelajaran
Communication Practice (halaman 2, 3, 4, 5, 6)
Rekaman dialog
Rekaman percakapan dengan menggunakan why dan because
Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Why is the meeting at four?
B: Because it’s Friday
Grammar Practice( halaman 7, 8, 31)
Penjelasan tentang kalimat interrogative-negative Simple Present
Penjelasan kalimat imperative negative
Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
Developing Skills (halaman 10 , 12, 24)
Rekaman wawancara
Rekaman percakapan
Pronunciation (halaman 12)
Rekaman percakapan dengan intonasi kalimat interogatif dan kalimat positif
Unit Self-Test (halaman 25)
Record your Voice: rekaman percakapan dengan mengacu pada petunjuk
Metode Pembelajaran: three-phase technique - Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab tentang gambar
Brainstorming ideas: Why is the moon circular? Why should we study?, etc. - Kegiatan Inti
Mendengarkan dialog
Menggarisbawahi kalimat-kalimat dalam dialog yang menggunakan why dan because
Memasangkan kalimat pada kolom why dan because berdasarkan gambar dan rekaman
Mendengarkan penjelasan tentang penggunaan bentuk interogatif negatif Simple Present
Melengkapi kalimat dengan menggunakan don’t atau doesn’t
Mendengarkan wawancara
Meengkapi teks wawancara berdasarkan rekaman
Memilh jawaban yang tersedia
Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
Mendengarkan penjelasan tentang kalimat negatif imperatif
Melengkapi kalimat dengan menggunakan kat kerja yang tersedia
Mendengarkan pelafalan dalam dialog
Mengulangi pelafalan sesuai dalam rekaman - Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan belajar siswa
Menyimpulkan kegiatan pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Sumber belajar
Buku teks yang relevan : Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
Workbook Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
Gambar-gambar yang relevan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah : SMP...........
Kelas : VIII (Delapan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
- Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar - Kompetensi Dasar
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat
- Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 2
- Standar Kompetensi
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar - Kompetensi Dasar
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu - Indikator
- Mengidentifikasi informasi rinci dalam percakapan
- Melengkapi teks wawancara
- Jenis teks : Transactional / Interpersonal
- Tema : Traveling and Holidays
- Aspek/Skill : Mendengarkan
- Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:- Melengkapi dialog berdasarkan rekaman
- Memilih jawaban berdasarkan rekaman
- Menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman dalam percakapan
- Melengkapi informasi berdasarkan rekaman wawancara
- Materi Pembelajaran
Communication Practice (halaman 88, 100, 101, 115)
Rekaman dan script dialog
Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
Gambar dan tabel informasi yang rumpang peta
Developing Oral Skills (halaman 97 dan 100)
Rekaman dialog dan pilihan jawaban
Rekaman wawancara dan daftar informasi yang rumpang
Metode Pembelajaran: three-phase technique - Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab tentang gambar yang terdapat dalam buku
Menjawab pertanyaan dari guru, misal: Who sits behind you?, Who sits next to you? - Kegiatan Inti
Mendengarkan dialog
Melengkapi dialog berdasarkan rekaman
Bertanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban
Mendengarkan rekaman percakapan
Memilih jawaban berdasarkan rekaman
Berdiskusi dengan seluruh kelas tentang jawaban yang tepat sesuai dengan bacaan
Menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman dalam percakapan
Mendengarkan rekaman wawancara seorang jurnalis
Melengkapi informasi berdasarkan rekaman wawancara
Bertanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban yang tepat - Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan belajar siswa
Menyimpulkan kegiatan pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Sumber belajar
Buku teks yang relevan : Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
Workbook Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
Gambar-gambar yang relevan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar