Rabu, Juli 08, 2009

SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. VIII SMP/MTs


SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. VIII SMP/MTs
I. SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER I
Sekolah : SMP...........
Kelas : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
    2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 1
  1. Standar Kompetensi
    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
  2. Kompetensi Dasar
    Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, meminta dan memberi pendapat.
  3. Indikator 
    1. Mengidentifikasi informasi rinci dalam percakapan
    2. Melengkapi teks wawancara
    3. Melengkapi teks dialog
    4. Mengidentifikasi intonasi dalam kalimat interogatif dan positif
    5. Jenis teks : Transactional / Interpersonal
    6. Tema : Home Life
    7. Aspek/Skill : Mendengarkan
  4. Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
    1. Menentukan pasangan kalimat berdasarkan percakapan
    2. Memilih jawaban yang tepat berdasarkan rekaman dialog
    3. Melengkapi teks wawancara berdasarkan rekaman
    4. Melengkapi teks dialog berdasarkan rekaman dengan memilh jawaban yang tersedia
    5. Melafalkan kalimat interogatif dan kalimat positif dengan intonasi yang tepat
  6. Materi Pembelajaran
    Communication Practice (halaman 2, 3, 4, 5, 6)
    Rekaman dialog
    Rekaman percakapan dengan menggunakan why dan because
    Percakapan-percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut:
    A: Why is the meeting at four?
    B: Because it’s Friday
    Grammar Practice( halaman 7, 8, 31)
    Penjelasan tentang kalimat interrogative-negative Simple Present
    Penjelasan kalimat imperative negative
    Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
    Developing Skills (halaman 10 , 12, 24)
    Rekaman wawancara
    Rekaman percakapan
    Pronunciation (halaman 12)
    Rekaman percakapan dengan intonasi kalimat interogatif dan kalimat positif
    Unit Self-Test (halaman 25)
    Record your Voice: rekaman percakapan dengan mengacu pada petunjuk
    Metode Pembelajaran: three-phase technique
  7. Langkah-langkah Kegiatan
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Tanya jawab tentang gambar
      Brainstorming ideas: Why is the moon circular? Why should we study?, etc.
    2. Kegiatan Inti
      Mendengarkan dialog
      Menggarisbawahi kalimat-kalimat dalam dialog yang menggunakan why dan because
      Memasangkan kalimat pada kolom why dan because berdasarkan gambar dan rekaman
      Mendengarkan penjelasan tentang penggunaan bentuk interogatif negatif Simple Present
      Melengkapi kalimat dengan menggunakan don’t atau doesn’t
      Mendengarkan wawancara
      Meengkapi teks wawancara berdasarkan rekaman
      Memilh jawaban yang tersedia
      Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
      Mendengarkan penjelasan tentang kalimat negatif imperatif
      Melengkapi kalimat dengan menggunakan kat kerja yang tersedia
      Mendengarkan pelafalan dalam dialog
      Mengulangi pelafalan sesuai dalam rekaman
    3. Kegiatan Penutup
      Menanyakan kesulitan belajar siswa
      Menyimpulkan kegiatan pembelajaran
  8. Sumber belajar
    Buku teks yang relevan : Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
    Workbook Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
    Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
    Gambar-gambar yang relevan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER II
Sekolah : SMP...........
Kelas : VIII (Delapan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
  2. Kompetensi Dasar
    1. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat
    2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs : ……
Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 2
  1. Standar Kompetensi
    Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
  2. Kompetensi Dasar
    Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
  3. Indikator 
    1. Mengidentifikasi informasi rinci dalam percakapan
    2. Melengkapi teks wawancara
    3. Jenis teks : Transactional / Interpersonal
    4. Tema : Traveling and Holidays
    5. Aspek/Skill : Mendengarkan
  4. Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
    1. Melengkapi dialog berdasarkan rekaman
    2. Memilih jawaban berdasarkan rekaman
    3. Menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman dalam percakapan
    4. Melengkapi informasi berdasarkan rekaman wawancara
  6. Materi Pembelajaran
    Communication Practice (halaman 88, 100, 101, 115)
    Rekaman dan script dialog
    Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
    Gambar dan tabel informasi yang rumpang peta
    Developing Oral Skills (halaman 97 dan 100)
    Rekaman dialog dan pilihan jawaban
    Rekaman wawancara dan daftar informasi yang rumpang
    Metode Pembelajaran: three-phase technique
  7. Langkah-langkah Kegiatan
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Tanya jawab tentang gambar yang terdapat dalam buku
      Menjawab pertanyaan dari guru, misal: Who sits behind you?, Who sits next to you?
    2. Kegiatan Inti
      Mendengarkan dialog
      Melengkapi dialog berdasarkan rekaman
      Bertanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban
      Mendengarkan rekaman percakapan
      Memilih jawaban berdasarkan rekaman
      Berdiskusi dengan seluruh kelas tentang jawaban yang tepat sesuai dengan bacaan
      Menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman dalam percakapan
      Mendengarkan rekaman wawancara seorang jurnalis
      Melengkapi informasi berdasarkan rekaman wawancara
      Bertanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban yang tepat
    3. Kegiatan Penutup
      Menanyakan kesulitan belajar siswa
      Menyimpulkan kegiatan pembelajaran
  8. Sumber belajar
    Buku teks yang relevan : Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
    Workbook Way Point Plus, Giuliano Iantorno & Mario Papa, Penerbit Erlangga, 2007
    Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
    Gambar-gambar yang relevan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar