SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls. VII B SMP/MTs
I. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Satuan Pendidikan : SMP/MTs.
Kelas/Semester : VII(tujuh)/ 2 (dua)
- STANDAR KOMPETENSI
- Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
berbicara melalui telepon. - Mampu membaca, memahami, dan menanggapi dongéng.
- Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk sajak.
- Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan bahasan.
- Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana carita pondok.
- Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis karangan eksposisi (bahasan).
- Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis berita.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pembelajaran : SMP/MTs
Materi Pembelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Materi Pokok : Bertelepon (10)
Kelas/Semester : VII(tujuh)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
- STANDAR KOMPETESI
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
berbicara melalui telepon. - KOMPETENSI DASAR
Berbicara melalui telepon. - INDIKATOR
Dapat memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka
dengan baik.
Dapat berbicara dengan volume sura dan intonasi yang baik.
Dapat mengungkapkan maksud dengan singkat dan jelas.
Dapat menggunakan bahasa dengan efektif dan santun. - TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Berbicara melalui telepon.- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- PERSIAPAN
Tegur sapa, mengabsen
Apersepsi
Pretes
Memotivasi siswa - KEGIATAN IINTI (dibagi dalam 2 pertemuan)
Mengamati contoh bertelepon yang baik pada wacana.
Latihan bertelepon dengan teman sebangkunya.
Memilih topik pembicaraan.
Bergiliran bertele-pon di depan kelas. - PENUTUP
Menegaskan bahan pembelajaran.
Postes.
Menjelaskan kegiatan lanjutan termasuk penugasan.
Menutup pembelajaran.
- PERSIAPAN
- DESAIN PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran:
Pendekatan kompetensi komunikatif.
Pendekatan kontekstual. - MEDIA PEMBELAJARAN
Wacana cara bertelepon (lihat buku Lancar Basa Sunda VII-B, hal. 3-4) - EVALUASI
Cing pék baca heula ku hidep wacana conto paguneman nu aya dina buku!
Pék tuluy diajar nelepon jeung batur sabangu!
Pilih jejer nu rék dicaritakeun dina telepon!
Ayeuna pék bagilir ka hareup duan-duaan jeung babaturan!
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
Yang Lainya : Silahkan DOWNLOAD di bawah .
1. Program Tahunan File Bentuk PDF
2. Program Tahunan File Bentuk DOC
3. Program Semester File Bentuk PDF
4. Program Semester File Bentuk DOC
5. Pemetaan Program File Bentuk PDF
6. Pemetaan Program File Bentuk DOC - KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar