Minggu, Juli 26, 2009

SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls.VIII SMP/MTs


SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls.VIII SMP/MTs
I. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Satuan Pendidikan: SMP/MTs
Kelas/Semester : VIII/2(dua)

  1. STANDAR KOMPETENSI

    1. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam berbalas pantun (témpas sindir).
    2. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana sajak.
    3. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis esai.
    4. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan laporan perjalanan.
    5. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai tabel dan diagram.
    6. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis laporan kegiatan.
    7. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan untuk menjadi penata acara.
    8. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam mengarang guguritan.
    9. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan untuk menjadi pemandu diskusi (moderator).
      Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF



II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pembelajaran: SMP / MTs
Materi Pembelajaran: Bahasa dan Sastra Sunda
Materi Pokok : Laporan Perjalanan (10)
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam
    menyampaikan laporan perjalanan.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menyampaikan laporan perjalanan.
  3. INDIKATOR
    Dapat menyusun kerangka laporan.
    Dapat menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa yang komunikatif dan santun.
    Dapat menyampaikan laporan dengan penampilan yang baik.
    Dapat memperbaiki laporan perjalannya.

    1. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
      Siswa dapat menyampaikan laporan perjalanan dengan baik.
    2. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. Persiapan
        Tegur sapa, mengabsen
        Apersepsi
        Pretes
        Memotivasi Siswa
      2. Kegiatan Inti (dapat dibagi menjadi 2 pertemuan)
        Menyusun kerangka laporan.
        Menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa yang komunikatif dan santun.
        Menyampaikan laporan dengan penampilan yang baik.
        Memperbaiki atau menyempurnakan laporan perjalanannya.
      3. Penutup
        Menegaskan bahan pelajaran.
        Postes.
        Menjelaskan kegiatan lanjutan, termasuk penugasan.
        Menutup pembelajaran.

    3. DESAIN PEMBELAJARAN
      Pendekatan Pembelajaran
      Pendekatan kompetensi komunikatif
      Pendekatan konstektual
      Metode Pembelajaran
      Metode langsung
      Teknik Pembelajaran
      Latihan, tugas
    4. MEDIA PEMBELAJARAN
      Contoh wacana laporan perjalanan (lihat buku Lancar Basa Sunda VIII-B hal. 3-4)
    5. EVALUASI
      Cing pék jieun raraga laporan lalampahan!
      Caritakeun éta lalampahan téh maké basa anu komunikatif, merenah, tur sopan!
      Caritakeun éta lalampahan téh maké réngkak jeung riuk anu hadé!

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Yang lain DOWNLOAD Di Bawah Ini
    1. Program Tahunan File Bentuk Pdf
    2. Program Tahunan File Bentuk Doc
    3. Program Semester File Bentuk Pdf
    4. Program Semester File Bentuk Doc
    5. Pemetaan Materi File Bentuk Pdf
    6. Pemetaan Materi File Bentuk Doc

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar