I.SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING SEMESTER(1)
Sekolah : SMA
Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling
Semester : 1 /Ganjil
- Standar Kompetensi
Tugas Perkembangan
Siswa mampu mengenal sekolah secara benar, bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia - Kompetensi Dasar
Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara bersedia mengembangkan keterampilan intelektual untuk menjadi warga masyarakat yang baik
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
II.Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling(01)
Judul Layanan : Bimbingan dan Konseling
Jenis Layanan ; Orientasi
Bidang Bimbingan : Pribadi dan Sosial
Fungsi Layanan : Pemahaman
Sekolah : SMA
Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran/Layanan : Bimbingan dan Konseling
Semester: 2/Genap
Judul Layanan : Bimbingan dan Konseling
Jenis Layanan : Informasi, Bimbingan Kelompok
Bidang Bimbingan: Pribadi dan Sosial
Judul Layanan : Bimbingan dan Konseling
Jenis Layanan ; Orientasi
Bidang Bimbingan : Pribadi dan Sosial
Fungsi Layanan : Pemahaman
- Tujuan Layanan
Siswa mampu mengenal sekolah secara benar, bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia- Hasil yang Ingin Dicapai
- Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri
- Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan keterampilan
- Memiliki keseriusan dalam belajar untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan
- Sasaran Kegiatan : Siswa SMA Kelas X
- Materi Layanan : Sekolahku
- Sekolah di SMA
- Pengenalan terhadap sekolah
- Pentingnya keseriusan dalam belajar
- Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan ) - Semester : 1/Ganjil
- Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing
- Pihak yang dilibatkan : Staf Sekolah/Guru&Karyawan/Pembina OSIS/(Menyesuaikan)
- Alat dan Perlengkapan
Data Inventaris Sekolah&Sarana-Prasarana/Struktur Organisasi Sekolah/Dll (menyesuaiakan) - Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
Evaluasi diri/mengisi lembar kerja/latihan/isian yang ada di dalam buku bimbingan Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu /lebih jenis layanan(
menyesuaikan)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Sekolah : SMA
Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran/Layanan : Bimbingan dan Konseling
Semester: 2/Genap
- Standar kompetensi
Tugas Perkembangan- Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan cara menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia / mendasarkan diri pada nilai-nilai kehidupan
- Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara menghayati hidup keseharian yang berdasarkan nilai-nilai kehidupan
- Mencapai kematangan agar dapat bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara menerapkan nilai-nilai Kehidupan
- Kompetensi dasar
Siswa mampu mengenal dan melaksanakan nilai-nilai kehidupan dalam pergaulan hidup sehari-hari
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Judul Layanan : Bimbingan dan Konseling
Jenis Layanan : Informasi, Bimbingan Kelompok
Bidang Bimbingan: Pribadi dan Sosial
- Fungsi Layanan
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan - Tujuan Layanan
Siswa mampu mengenal dan melaksanakan nilai-nilai kehidupan dalam pergaulan hidup sehari-hari- Hasil yang Ingin Dicapai
- Memahami arti nilai kehidupan yang selayaknya dimiliki oleh manusia
- Menentukan beberapa nilai kehidupan utama yang dianggap paling penting dalam hidup sehari-hari
- Memahami nilai-nilai kehidupan yang ada di tengah masyarakat dan menghargai perbedaan pemilihan nilai kehidupan
- Sasaran Kegiatan
- Materi Layanan
- Nilai-nilai kehidupan
- Pengertian nilai kehidupan
- Kategori dan aspek nilai
- Beberapa contoh nilai-nilai kehidupan
- Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas/Sarana&Prasarana Sekolah/Ruang Bimbingan/Lingkungan Sekolah/ (Menyesuaikan) - Semester : 2/Genap
- Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing
- Pihak yang dilibatkan : Perwakilan Orangtua / Dll (Menyesuaikan)
- Alat dan Perlengkapan : Skema Nilai Kehidupan / Dll (menyesuaiakan)
- Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar