Kamis, Juli 02, 2009

SILABUS DAN RPP BIMBINGAN KONSELING Kls. XI SMA

SILABUS DAN RPP BIMBINGAN KONSELING Kls. XI SMA

I. SILABUS BIMBINGAN KONSELING SEMESTER I
Sekolah : SMA
Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran /Layanan : Bimbingan dan Konseling
Semester: 1 ( Ganjil )
  1. Standar Kompetensi : Tugas Perkembangan 
    1. Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas dengan cara persiapan diri sebagai pelajar yang memahami makna belajar
    2. Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan sikap yang menggambarkan pelajar yang mengerti makna belajar
  2. Kompetensi Dasar
    Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian masa depan yang diharapkan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II.Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling(01)
Judul Layanan : Bimbingan dan Konseling
Jenis Layanan : Informasi
Bidang Bimbingan: Belajar
  1. Fungsi Layanan
    Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
  2. Tujuan Layanan
    Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian masa depan yang diharapkan
  3. Hasil yang Ingin Dicapai
    1. Memahami pengertian belajar dengan benar sehingga memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar
    2. Melaksanakan strategi belajar yang efektif demi pencapaian keberhasilan belajar dan pencapaian masa depan yang diinginkan 
  4. Sasaran Kegiatan : Siswa SMA Kelas XI
  5. Materi Layanan : Makna Belajar , Pengertian Belajar , Strategi Belajar
  6. Tempat Penyelenggaraan
    Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
  7. Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing
  8. Pihak yang Dilibatkan : Siswa tertentu / Dll (menyesuaikan)
  9. Alat dan Perlengkapan : Skema tentang belajar / Dll (menyesuaikan )
  10. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
    1. Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
    2. Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
      (menyesuaikan )
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS BIMBINGAN KONSELING SEMESTER II
Sekolah : SMA
Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling
Semester: 2 ( Genap )
  1. Standar Kompetensi : Tugas Perkembangan 
    1. Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita
    2. Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai
    3. Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat
  2. Kompetensi Dasar
    Siswa mampu mengenal, menganalisa, dan terampil mengatasi masalah yang dialami pada rentang tahapan hidupnya di masa remaja sehingga menjadi remaja yang efektif
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (08)
Judul Layanan : Bimbingan dan Konseling
Jenis Layanan : Informasi, Konseling Perorangan
Bidang Bimbingan: Pribadi dan Sosial
Fungsi Layanan : Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
  1. Tujuan Layanan
    Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya
  2. Hasil yang Ingin Dicapai
    1. Memanfaatkan secara efektif kecerdasan otak yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan intelektual /prestasi yang dibutuhkan dalam kehidupan
    2. Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
    3. Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri
    4. Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual yang dimiliki sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
    5. Memadukan komponen atau aspek-aspek yang ada pada IQ,EQ, PQ, dan SQ sehingga menjadi pribadi yang semakin efektif, berprestasi, bijaksana, produktif, sehat jasmani dan rohani, serta beriman, bertakwa, dan mendasarkan kepada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
    6. Memanfaatkan setiap peluang yang ada di tengah hambatan hidup yang dialami sehingga menjadi pribadi yang teguh, percaya diri, dan mampu mencari solusi dari masalah yang dialami 
  3. Sasaran Kegiatan : Siswa SMA Kelas XI
  4. Materi Layanan
    1. Dimensi Kecerdasan Manusia
    2. Kecerdasan Otak / Intekektual (IQ)
    3. Kecerdasan Emosional (EQ)
    4. Kecerdasan Fisik (PQ)
    5. Kecerdasan Spiritual (SQ)
    6. Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ
    7. Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang )
  5. Tempat Penyelenggaraan
    Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll (menyesuaikan)
  6. Penyelenggara Layanan : Guru Pembimbing
  7. Pihak yang Dilibatkan : Psikolog / Dll (menyesuaikan)
  8. Alat dan Perlengkapan : Skema Otak Manusia / Dll (menyesuaikan)
  9. Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
    1. Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
    2. Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar