SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. VII SMP/MTS
I. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER I
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 13x45 menit
- Standar Kompetensi
Memahami lingkungan kehidupan manusia - Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan - Materi Pokok
- Bentuk Muka Bumi
- Tenaga Endogen
- Gejala Diatropisme
- Gejala Vulkanisme
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP .
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 18x45 menit
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Satuan Pendidikan : SMP .
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Memahami lingkungan kehidupan manusia - Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan - Indikator
- Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi
- Membedakan jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya
- Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi - Materi Pembelajaran
Tenaga Endogen - Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama
- Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
- Memberi salam dan mengabsen.
- Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian tenaga geologi.
- Guru menayangkan gambar atau foto relief muka bumi yang terbentuk oleh tenaga geologi dan menjelaskan proses terjadinya relief muka bumi tersebut.
- Kegiatan Inti: 30 menit
- Guru menjelaskan bentuk muka bumi akibat tenaga endogen secara garis besar (hal 3 – 4).
- Tanya-jawab tentang jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya tenaga endogen.
- Kegiatan Penutup: 10 menit
- Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
- Penugasan: siswa membuat ringkasan materi tentang Bentuk Muka Bumi. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
- Penugasan: siswa mencari data dan informasi-informasi tentang Lumpur Lapindo sebagai bahan untuk membuat karangan pada pertemuan berikutnya.
- Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP
- Buku sumber Geografi SMP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto relief muka bumi
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
- Penilaian
- Teknik : Tanya Jawab
- Bentuk tagihan : Uraian
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 18x45 menit
- Standar Kompetensi
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya - Kompetensi Dasar
- Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
- Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi
- Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
- Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
- Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya - Kompetensi Dasar
Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan - Indikator
- Merumuskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe
- Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.
- Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta.
- Materi Pembelajaran
- Pengertian peta, atlas, dan globe
- Jenis dan bentuk peta
- Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, tanya jawab, penugasan. - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama
- Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
- Memberi salam dan mengabsen.
- Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa menceritakan pengalamannya dalam menggunakan peta, atlas, dan globe.
- Kegiatan Inti: 30 menit
- Guru menjelaskan pengertian peta, atlas, dan globe (lihat hal 40 – 46).
- Bersama-sama menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.
- Guru menayangkan contoh-contoh peta dan tanya jawab tentang jenis, bentuk, dan manfaat peta.
- Kegiatan Penutup: 10 menit
- Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulan materi.
- Penugasan secara berkelompok, siswa membuat atlas umum sederhana yang berisi salah satu pulau besar di Indonesia berdasarkan provinsinya (lihat Produk hal 57).
- Tugas dikumpulkan dua minggu setelah pertemuan.
- Penugasan secara individu, siswa membuat karangan tentang manfaat peta terhadap pembangunan bangsa Indonesia (lihat Portofolio hal 56).
- Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
- Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP
- Buku sumber Geografi SMP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Contoh jenis-jenis peta
- Peta, atlas, dan globe
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
- Penilaian
- Teknik : Portofolio
- Bentuk tagihan: Karangan Analitis
- Topik : Tulislah sebuah karangan tentang manfaat peta terhadap pembangunan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan!
- Teknik : Unjuk Kerja
- Bentuk tagihan: Desain penelitian
- Topik : Desainlah suatu penelitian sederhana untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan peta orang-orang terdekatmu!
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar