Minggu, Juli 05, 2009

SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. VII SMP/MTS


SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. VII SMP/MTS
I. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER I
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 13x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami lingkungan kehidupan manusia
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
  3. Materi Pokok
    1. Bentuk Muka Bumi
    2. Tenaga Endogen
    3. Gejala Diatropisme
    4. Gejala Vulkanisme
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP .
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami lingkungan kehidupan manusia
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
  3. Indikator 
    1. Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi
    2. Membedakan jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu untuk:
    Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi
  5. Materi Pembelajaran
    Tenaga Endogen
  6. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama
    2. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
      1. Memberi salam dan mengabsen.
      2. Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian tenaga geologi.
      3. Guru menayangkan gambar atau foto relief muka bumi yang terbentuk oleh tenaga geologi dan menjelaskan proses terjadinya relief muka bumi tersebut.
    3. Kegiatan Inti: 30 menit
      1. Guru menjelaskan bentuk muka bumi akibat tenaga endogen secara garis besar (hal 3 – 4).
      2. Tanya-jawab tentang jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya tenaga endogen.
    4. Kegiatan Penutup: 10 menit
      1. Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
      2. Penugasan: siswa membuat ringkasan materi tentang Bentuk Muka Bumi. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
      3. Penugasan: siswa mencari data dan informasi-informasi tentang Lumpur Lapindo sebagai bahan untuk membuat karangan pada pertemuan berikutnya.
  8. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    1. Kurikulum KTSP dan perangkatnya
    2. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP
    3. Buku sumber Geografi SMP
    4. Buku-buku penunjang yang relevan
    5. Gambar atau foto relief muka bumi
    6. OHP/ Slide Proyektor
    7. Internet
  9. Penilaian
    1. Teknik : Tanya Jawab
    2. Bentuk tagihan : Uraian
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Berbentuk PDF
III. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER II
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 18x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
    2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi
    3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
    4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
    5. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
  2. Kompetensi Dasar
    Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
  3. Indikator
    1. Merumuskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe
    2. Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta
  4. Tujuan Pembelajaran
  5. Siswa mampu untuk:
    1. Menjelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.
    2. Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta.
  6. Materi Pembelajaran
    1. Pengertian peta, atlas, dan globe
    2. Jenis dan bentuk peta
  7. Metode Pembelajaran
    Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, tanya jawab, penugasan.
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama
    2. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
      1. Memberi salam dan mengabsen.
      2. Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa menceritakan pengalamannya dalam menggunakan peta, atlas, dan globe.
    3. Kegiatan Inti: 30 menit
      1. Guru menjelaskan pengertian peta, atlas, dan globe (lihat hal 40 – 46).
      2. Bersama-sama menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.
      3. Guru menayangkan contoh-contoh peta dan tanya jawab tentang jenis, bentuk, dan manfaat peta. 
    4. Kegiatan Penutup: 10 menit
      1. Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulan materi.
      2. Penugasan secara berkelompok, siswa membuat atlas umum sederhana yang berisi salah satu pulau besar di Indonesia berdasarkan provinsinya (lihat Produk hal 57).
      3. Tugas dikumpulkan dua minggu setelah pertemuan.
      4. Penugasan secara individu, siswa membuat karangan tentang manfaat peta terhadap pembangunan bangsa Indonesia (lihat Portofolio hal 56).
      5. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
  9. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    1. Kurikulum KTSP dan perangkatnya
    2. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP
    3. Buku sumber Geografi SMP
    4. Buku-buku penunjang yang relevan
    5. Contoh jenis-jenis peta
    6. Peta, atlas, dan globe
    7. OHP/ Slide Proyektor
    8. Internet 
  10. Penilaian
    1. Teknik : Portofolio
    2. Bentuk tagihan: Karangan Analitis
    3. Topik : Tulislah sebuah karangan tentang manfaat peta terhadap pembangunan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan!
    4. Teknik : Unjuk Kerja
    5. Bentuk tagihan: Desain penelitian
    6. Topik : Desainlah suatu penelitian sederhana untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan peta orang-orang terdekatmu!
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar