Jumat, Juli 03, 2009

SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. XII SMA


SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. XII SMA
I. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER I
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XII / IPS
Semester : 1 ( satu )
Alokasi Waktu : 55 x 40 menit
  1. Standar Kompetensi
    Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
    2. Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
    3. Menganalisis lokasi indudtri dan pertanian dengan pemanfaatan peta
  3. Standar Kompetensi
    Memahami pemanfaatan citra pengindraan jauh dan system informasi geografi (SIG)
  4. Kompetensi Dasar
    1. Menjelaskan pemanfaatan citra pengindraan jauh
    2. Menjelaskan pemanfaatan system informasi Geografi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silankan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN: : Geografi
KELAS : XII
SEMESTER : 1 ( satu )
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami ketrampilan dasar peta dan pemetaan
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
  3. MATERI PEMBELAJARAN
    Prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
  4. INDIKATOR
    1. Menunjukkan komponen-komponen peta
    2. Mengidetifikasi prinsip dasar peta dan pemetaan peta wilayah pada bidang datar
    3. Mempraktekkan prinsip proyeksi peta ke bidang datar
  5. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
  6. LANGKAH–LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    1. Guru bertanya tentang komponen peta
    2. Siswa merespon pertanyaan guru
    3. Guru meminta siswa menunjukkan komponen peta pada atlas
    4. Siswa diskusi tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar
    5. Siswa secara berkelompok menggambarkan wilayah pada globe ke bidang datar
    6. Siswa presentasi menjelaskan cara menggambar wilayah pada globe ke bidang datar
    7. Guru menjelaskan tentang penggambaran wilayah pada globe ke bidang datar
  7. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
    Sumber
    Aryono Prihandito (1989), Kartografi, Yogyakarta Mitra Gama Widya
    Buku Geografi yang relevan , Alat , Atlas , Globe , Peta , Denah
    Buku-buku yang relevan
  8. PENILAIAN
    Jenis tagihan : Tugas individu, tugas kelompok, tes tertulis
    Bentuk tagihan: Laporan,uraian berstruktur
  9. Instrumen penilaian
    1. Sebutkan komponen-komponen peta!
    2. Sebutkan macam proyeksi peta!
    3. Sebutkan 3 syarat peta!
    4. Jelaskan cara pembuatan peta!
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silankan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
III. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER II
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Jurusan : XII/IPS
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 54 x 40 menit
  1. Standar Kompetensi
    Menganalisis wilayah dan pewilayahan
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota
    2. Menganalisisa kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
    3. Menganalisis wilayah/pewilayahan negara maju dan berkembang
  3. Materi Pembelajaran
    1. Potensi desa
    2. Struktur ruang desa dan kota
    3. Interaksi desa dan kota
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silankan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN: Geografi
KELAS : XII
SEMESTER : 2(dua)
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menganalisis wilayah dan pewilayahan
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menganalisis pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial desa dan kota
  3. MATERI PEMBELAJARAN
    1. Pengertian desa
    2. Ciri-ciri desa
    3. Polusi desa
    4. Struktur ruang desa
  4. INDIKATOR
    1. Mengidentifikasi polusi desa kaitannya dengan perkembagan desa kota
    2. Mengidentifikasi struktur ruang desa
  5. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
  6. LANGKAH–LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    1. Secara individu siswa menganalisis beberapa pengertia dari beberapa ahli
    2. Tanya jawab unsur-unsur desa
    3. Diskusi cirri-ciri desa
    4. Diskusi potensi desa
    5. Mengamati gambar-gambar pola desa
    6. Presentasi hasil diskusi
    7. Siswa menyimpulkan struktur ruang desa
  7. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
    Sumber
    Daldjoeni. N (1999) Geografi Kota dan Desa, Alumni Bandung
    K. Wardyatmoko (20005) Geografi SMA jilid 3. Jakarta. Erlangga
    Buku Geografi yang relevan
  8. PENILAIAN
    Jenis tagihan :Tugas individu, tugas kelompok
    Bentuk tagihan:Laporan, uraian berstruktur
  9. Instrumen penilaian
    1. Rumuskanlah pengertian desa!
    2. Sebutkan unsur-unsur desa!
    3. Sebutkan ciri-ciri fisik dan masyarakat desa!
    4. Sebutkan potensi-potensi desa!
    5. Gambarkan tata ruang desa!
    6. Terpusat
    7. Memanjang jalan
    8. Mengeliligi fasilitas tertentu
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silankan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar