I. SILABUS I P A SEMESTER I
Sekolah
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 1 (Satu)
- Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia - Kompetensi Dasar
- Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
- Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
- Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
- Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Kelas / Semester : IX /1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Sekolah
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 2 (Dua)
Sekolah
Kelas /Semester : IX / 2
Mata Pelajaran : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM )
Sekolah
Kelas / Semester : IX /1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia - Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan - Indikator
- Menyebutkan macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
- Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
- Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
- Alokasi waktu : 3 X 40 menit
- Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama
Peserta didik dapat:- Menjelaskan pengertian ekskresi
- Menyebutkan tiga alat pengeluaran utama pada manusia
- Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi pada manusia
- Menyebutkan fungsi ginjal
- Menyebutkan tiga fungsi kulit yang lain, selain mengeluarkan keringat.
- Melakukan percobaan untuk mengetahui zat yang dikeluarkan oleh kulit
- Menyebutkan fungsi hati sebagai alat pengeluaran.
- Pertemuan Kedua
Peserta didik dapat:- Mendata contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia.
- Menjelaskan cara mengatasi kelainan pada alat ekskresi dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
- Materi Pembelajaran
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan - Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode : Diskusi Informasi
Eksperimen
2. Model : Pembelajaran Langsung
Kooperatif tipe NHT Kooperatif dengan strategi belajar menggaris bawahi - Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama (2 x 40 menit)
- Kegiatan Pendahuluan:
Motivasi dan Apresepsi
Kenapa keringat kamu terasa asin? - Prasyarat Pengetahuan
Mengingatkan kembali pengetahuan yang diperoleh siswa dari pertemuan sebelumnya, yaitu manusia membutuhkan makan dan minum sebagai bahan metabolisme dalam sel-sel tubuh.
Sebagai hasil samping dari proses metabolisme adalah zat-zat sampah yang harus dikeluarkan dari tubuh.
Menyampaikan indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran. (fase 1)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 2 (Dua)
- Standar Kompetensi
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
- Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
- Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
- Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
- Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
- Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah
Kelas /Semester : IX / 2
Mata Pelajaran : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM )
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari - KOMPETENSI DASAR
Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet - INDIKATOR
- Menunjukkan sifat kutub magnet
- Mendemontrasikan membuat magnet
- Menjelaskan tiga cara menghilangkan sifat magnet
- Memaparkan teori kemagnetan bumi
- Menjelaskan sifat medan magnet disekitar kawat berarus listrik secara kualitatif
- ALOKASI WAKTU
8 Jam Pelajaran (4 x Pertemuan) - TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui percobaan peserta didik mampu membedakan benda magnetic dan non magnetik
- Melalui percobaan peserta didik mampu menunjukkan sifat kutub magnet
- Melalui percobaan peserta didik mampu membuat magnet dengan cara induksi
- Melalui percobaan peserta didik mampu membuat magnet dengan cara menggosok
- Melalui percobaan peserta didik mampu membuat magnet dengan cara di aliri arus searah
- Melalui studi pustaka peserta didik mampu menjelaskan tiga cara menghilangkan sifat magnet
- Melalui studi pustaka peserta didik mampu memaparkan teori kemagnetan bumi
- Melalui percobaan peserta didik mampu menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kuat medan magnet disekitar kawat berarus
- MATERI PEMBELAJARAN
- Benda magnetic dan non magnetik
- Sifat kutub magnet
- Tiga cara membuat magnet
- Tiga cara menghilangkan sifat magnet
- Teori kemagnetan Bumi
- Medan magnet disekitar kawat berarus
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar