Selasa, Juli 07, 2009

SILABUS DAN RPP I P A Kls. IX SMP/MTs

SILABUS DAN RPP I P A Kls. IX SMP/MTs
I. SILABUS I P A SEMESTER I
Sekolah
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 1 (Satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    2. Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
    3. Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    4. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Kelas / Semester : IX /1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  3. Indikator
    1. Menyebutkan macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
    2. Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
    3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam
      kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
  4. Alokasi waktu : 3 X 40 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
  6. Pertemuan Pertama
    Peserta didik dapat:
    1. Menjelaskan pengertian ekskresi
    2. Menyebutkan tiga alat pengeluaran utama pada manusia
    3. Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi pada manusia
    4. Menyebutkan fungsi ginjal
    5. Menyebutkan tiga fungsi kulit yang lain, selain mengeluarkan keringat.
    6. Melakukan percobaan untuk mengetahui zat yang dikeluarkan oleh kulit
    7. Menyebutkan fungsi hati sebagai alat pengeluaran.
  7. Pertemuan Kedua
    Peserta didik dapat:
    1. Mendata contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia.
    2. Menjelaskan cara mengatasi kelainan pada alat ekskresi dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
  8. Materi Pembelajaran
    Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  9. Metode dan Model Pembelajaran
    1. Metode : Diskusi Informasi
    Eksperimen
    2. Model : Pembelajaran Langsung
    Kooperatif tipe NHT Kooperatif dengan strategi belajar menggaris bawahi
  10. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
  11. Pertemuan Pertama (2 x 40 menit)
  12. Kegiatan Pendahuluan:
    Motivasi dan Apresepsi
    Kenapa keringat kamu terasa asin?
  13. Prasyarat Pengetahuan
    Mengingatkan kembali pengetahuan yang diperoleh siswa dari pertemuan sebelumnya, yaitu manusia membutuhkan makan dan minum sebagai bahan metabolisme dalam sel-sel tubuh.
    Sebagai hasil samping dari proses metabolisme adalah zat-zat sampah yang harus dikeluarkan dari tubuh.
    Menyampaikan indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran. (fase 1)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS I P A SEMESTER II
Sekolah
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas : IX (Sembilan)
Semester : 2 (Dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
    2. Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
    3. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
    4. Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
    5. Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Kelas /Semester : IX / 2
Mata Pelajaran : IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM )
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
  3. INDIKATOR
    1. Menunjukkan sifat kutub magnet
    2. Mendemontrasikan membuat magnet
    3. Menjelaskan tiga cara menghilangkan sifat magnet
    4. Memaparkan teori kemagnetan bumi
    5. Menjelaskan sifat medan magnet disekitar kawat berarus listrik secara kualitatif
  4. ALOKASI WAKTU
    8 Jam Pelajaran (4 x Pertemuan)
  5. TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. Melalui percobaan peserta didik mampu membedakan benda magnetic dan non magnetik
    2. Melalui percobaan peserta didik mampu menunjukkan sifat kutub magnet
    3. Melalui percobaan peserta didik mampu membuat magnet dengan cara induksi
    4. Melalui percobaan peserta didik mampu membuat magnet dengan cara menggosok
    5. Melalui percobaan peserta didik mampu membuat magnet dengan cara di aliri arus searah
    6. Melalui studi pustaka peserta didik mampu menjelaskan tiga cara menghilangkan sifat magnet
    7. Melalui studi pustaka peserta didik mampu memaparkan teori kemagnetan bumi
    8. Melalui percobaan peserta didik mampu menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi kuat medan magnet disekitar kawat berarus
  6. MATERI PEMBELAJARAN 
    1. Benda magnetic dan non magnetik
    2. Sifat kutub magnet
    3. Tiga cara membuat magnet
    4. Tiga cara menghilangkan sifat magnet
    5. Teori kemagnetan Bumi
    6. Medan magnet disekitar kawat berarus
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar