Sabtu, Juli 04, 2009

SILABUS DAN RPP I P A Kls. VII SMP/MTs


SILABUS DAN RPP I P A Kls. VII SMP/MTs
I. SILABUS I P A SEMESTER I
Sekolah
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  1. Standar Kompetensi
  2. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
  3. Kompetensi Dasar
    1. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
    2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
    3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  4. Standar Kompetensi
    Memahami kalsifikasi zat
  5. Kompetensi Dasar
    1. Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
    2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
    3. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
    4. Membadingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas : VII/1
Tema : Wujud zat dan kelarutan
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)
  1. Standar Kompetensi:
    1. Energi dan Perubahannya
    2. Memahami wujud zat dan perubahannya
    3. Materi dan sifatnya
    4. Menjelaskan konsep partikel materi
  2. Kompetensi Dasar dan Contoh Indikator:
    1. Energi dan Perubahannya
    2. Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    3. Mengamati terjadinya perubahan wujud suatu zat
    4. Menggambarkan susunan dan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
  3. Materi dan sifatnya 
    1. Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
    2. Menentukan titik didih, titik leleh, dan titik beku bahan-bahan materi dan sifatnya di rumah tangga berdasarkan data percobaan.
    3. Menunjukkan perbedaan antara titik didih dan titik leleh.
    4. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan zat berdasarkan data percobaan.
    5. Menjelaskan variabel kontrol dan variabel manipulasi dalam proses pelarutan 
  4. Tujuan:
    Setelah melakukan percobaan tentang wujud zat dan kelarutannya, peserta didik dapat:
  5. Pendekatan dan metode pembelajaran :
    Pendekatan : Kontekstual
    Metode : Eksperimen
  6. Diskusi kelompok
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS I P A SEMESTER II
Sekolah
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 2 (Dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
  2. Kompetensi Dasar
    1. Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
    2. Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    3. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
    4. Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
  3. Standar Kompetensi
    Memahami keanekaragaman makhluk hidup
  4. Kompetensi Dasar
    1. Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
    2. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki
    3. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester: VII / 2
  1. Standar Kompetensi
    Memahamani keanekaragaman Makhluk Hidup
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
  3. Indikator 
    1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup di lingkungan sekitar
    2. Membuat laporan tentang ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
    3. Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
  4. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat:
    1. Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
    2. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
    3. Memedakan ciri-ciri tumbuhan dan hewan
  5. Materi Pembelajaran
    1. Ciri-ciri makhluk hidup
    2. Perbedaan diri tumbuhan dan hewan
  6. Metode Pembelajaran
    1. Model Pembelajaran
    2. Kooperatif Learninng
    3. Direct Instruction (DI)
    4. Pengamatan/observasi
    5. Diskusi – Tanya jawab
  7. Langkah-langkah Kegiatan
  8. Pertemuan pertama
    1. Kegiatan pendahuluan
    2. Motivasi
    3. Menanyakan kepada peserta didik, apakah mobil termasuk makhluk hidup?
    4. Prasarat
    5. Mengajukan pertanyaan, sebutkan contoh-contoh makhluk hidup.
  9. Kegiatan Inti
    1. Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok
    2. Guru meminta peserta didik melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi untuk mengerjakan LKS.
    3. Guru mengadakan tanya jawab dengan peserta didik tentang hasil kegiatan siswa.
  10. Kegiatan Penutup
    1. Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan.
    2. Guru memberi tes lisan :
    3. Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup
    4. Sebutkan contoh makhluk hidup
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar