SILABUS DAN RPP I P A Kls. VII SMP/MTs
I. SILABUS I P A SEMESTER I
Sekolah
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Standar Kompetensi
- Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
- Kompetensi Dasar
- Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
- Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
- Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Standar Kompetensi
Memahami kalsifikasi zat - Kompetensi Dasar
- Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
- Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
- Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
- Membadingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas : VII/1
Tema : Wujud zat dan kelarutan
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)
Sekolah
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 2 (Dua)
Sekolah
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester: VII / 2
Sekolah
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas : VII/1
Tema : Wujud zat dan kelarutan
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)
- Standar Kompetensi:
- Energi dan Perubahannya
- Memahami wujud zat dan perubahannya
- Materi dan sifatnya
- Menjelaskan konsep partikel materi
- Kompetensi Dasar dan Contoh Indikator:
- Energi dan Perubahannya
- Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Mengamati terjadinya perubahan wujud suatu zat
- Menggambarkan susunan dan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
- Materi dan sifatnya
- Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
- Menentukan titik didih, titik leleh, dan titik beku bahan-bahan materi dan sifatnya di rumah tangga berdasarkan data percobaan.
- Menunjukkan perbedaan antara titik didih dan titik leleh.
- Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan zat berdasarkan data percobaan.
- Menjelaskan variabel kontrol dan variabel manipulasi dalam proses pelarutan
- Tujuan:
Setelah melakukan percobaan tentang wujud zat dan kelarutannya, peserta didik dapat: - Pendekatan dan metode pembelajaran :
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Eksperimen - Diskusi kelompok
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah
Kelas : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 2 (Dua)
- Standar Kompetensi
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan - Kompetensi Dasar
- Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
- Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
- Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
- Standar Kompetensi
Memahami keanekaragaman makhluk hidup - Kompetensi Dasar
- Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki
- Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester: VII / 2
- Standar Kompetensi
Memahamani keanekaragaman Makhluk Hidup - Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup - Indikator
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup di lingkungan sekitar
- Membuat laporan tentang ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
- Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:- Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
- Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
- Memedakan ciri-ciri tumbuhan dan hewan
- Materi Pembelajaran
- Ciri-ciri makhluk hidup
- Perbedaan diri tumbuhan dan hewan
- Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran
- Kooperatif Learninng
- Direct Instruction (DI)
- Pengamatan/observasi
- Diskusi – Tanya jawab
- Langkah-langkah Kegiatan
- Pertemuan pertama
- Kegiatan pendahuluan
- Motivasi
- Menanyakan kepada peserta didik, apakah mobil termasuk makhluk hidup?
- Prasarat
- Mengajukan pertanyaan, sebutkan contoh-contoh makhluk hidup.
- Kegiatan Inti
- Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok
- Guru meminta peserta didik melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi untuk mengerjakan LKS.
- Guru mengadakan tanya jawab dengan peserta didik tentang hasil kegiatan siswa.
- Kegiatan Penutup
- Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan.
- Guru memberi tes lisan :
- Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup
- Sebutkan contoh makhluk hidup
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar