I. SILABUS I P A SEMESTER I
Sekolah
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Memahami Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup - Kompetensi Dasar
- Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
- Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
- Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
- Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
- Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Kelas / Semester : VIII /1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Sekolah
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 2 (satu)
Sekolah
Kelas / Semester : VIII /II(dua)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Sekolah
Kelas / Semester : VIII /1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Standar Kompetensi
Memahami Berbagai Sistem dalam Kehidupan manusia - Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan - Indikator
- Membandingkan macam tulang penyusun sistem gerak pada manusia
- Membedakan anatomi dan tulang rawan, tulang keras, otot dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh
- Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
- Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang, sendi dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari serta upaya mengatasinya
- Alokasi waktu : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan )
- Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama
Peserta didik dapat:- Menyebutkan tulang penyusun pada sistem gerak atas manusia
- Menyebutkan tulang penyusun pada sistem gerak bawah manusia
- Membedakan anatomi antara otot polos, otot lurik dan otot jantung
- Pertemuan Kedua
- Peserta didik dapat:
- Membedakan zat penyusun antara tulang keras dan tulang rawan
- Menjelaskan struktur dan fungsi sendi
- Menjelaskan kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem gerak
- Pertemuan Pertama
- Materi Pembelajaran
Sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan - Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode : Diskusi Kelompok
2. Model : Cooperative Learning - Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 40 menit)- Kegiatan Pendahuluan:
- Motivasi dan Apresepsi
- Mengingatkan siswa tentang karakteristik makhluk hidup, terutama berkaitan dengan kemampuan melakukan aktifitas gerak “Mengapa kita dapat bergerak ?” “Bagaimana kita bergerak ?”
- Kegiatan Inti :
- Guru memandu peserta didik dalam pembentukan kelompok
- Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan tentang penyususn sistem gerak atas dan bawah, anatomi otot polos, otot lurik dan otot jantung
- Peserta didik menuliskan hasil diskusi dalam LKS
- Penutup :
- Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil kegiatan dan kelompok lain memberikan tanggapan
- Guru memberikan klarifikasi bila ada konsep yang salah
- Guru beserta peserta didik membeuat simpulan/rangkumam hasil belajar
- Guru memberikan tes untuk mengukur daya serap
- Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Kegiatan Pendahuluan:
Sekolah
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 2 (satu)
- Standar Kompetensi
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
- Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
- Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
- Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah
Kelas / Semester : VIII /II(dua)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Standar Kompetensi
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya - Indikator
- Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan arah
- Menunjukkan jenis-jenis gaya
- Melukiskan resultan gaya yang searah dan segaris.
- Melukiskan resultan gaya yang berlawanan arah dan segaris
- Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
- Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
- Membandingkan berat dan massa suatu benda
- Alokasi waktu : 6 X 40 menit
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :- Menghitung resultan gaya yang ada pada suatu benda
- Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda
- Menggambar resultan gaya segaris yang searah
- Menghitung resultan gaya segaris yang berlawanan arah
- Melakukan percobaan gaya gesek pada permukaan yang kasar dan licin
- Merumuskan adanya gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari
- Mencari perbedaan berat dan masa menggunakan alat
- Materi Pembelajaran :Gaya
Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Intruction (DI)
- Kooperatif Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
-Eksperimen - Langkah Langkah Kegiatan:
Pertemuan Pertama- Kegiatan Pendahuluan
- Motivasi dan apresepsi
- Dengan cara meminta peserta didik menutup dan membuka pintu, menggeser bangku, dan mengangkat buku.
- Prasyarat Pengetahuan
- Gaya apakah yang terjadi pada saat mengangkat buku?
- Pra Eksperimen
- Berhati-hatilah membuka dan menutup pintu
- Kegiatan inti
- Guru meminta peserta didik mempelajari buku bab 5 tentang gaya.
- Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
- Guru membagikan lks 5.1 kepada tiap peserta didik
- Dengan mengacu pada model pembelaqjaran kooperatif meminta masing-masing kelompok untuk melakukan kegiatan 1 s/d 5 dari LKS 5.1
- Meminta salah satu kelompok mempresentasikan pekerjaannya untuk ditanggapi kelompok lain.
- Guru memastikan bahwa seluruh kelompok telah mengetahui jawaban yang benar.
- Memberi penghargaan misalnya pujian kepada peserta didik atau kelompok yang kinerjanya bagus.
- Memodelkan cara menggambar gaya dan menentukan gaya resultan.
- Kegiatan Penutup
- Guru dan peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman hasil relajar.
- Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
- Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Kegiatan Pendahuluan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar