Senin, Juli 06, 2009

SILABUS DAN RPP I P A Kls. VIII/Kls. 2 SMP/MTs

SILABUS DAN RPP I P A Kls. VIII/Kls. 2 SMP/MTs

I. SILABUS I P A SEMESTER I
Sekolah
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
    2. Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
    3. Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    4. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
    5. Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Kelas / Semester : VIII /1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami Berbagai Sistem dalam Kehidupan manusia
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  3. Indikator
    1. Membandingkan macam tulang penyusun sistem gerak pada manusia
    2. Membedakan anatomi dan tulang rawan, tulang keras, otot dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh
    3. Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
    4. Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang, sendi dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari serta upaya mengatasinya
  4. Alokasi waktu : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan )
  5. Tujuan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama
      Peserta didik dapat:
      1. Menyebutkan tulang penyusun pada sistem gerak atas manusia
      2. Menyebutkan tulang penyusun pada sistem gerak bawah manusia
      3. Membedakan anatomi antara otot polos, otot lurik dan otot jantung
    2. Pertemuan Kedua
        Peserta didik dapat:
      1. Membedakan zat penyusun antara tulang keras dan tulang rawan
      2. Menjelaskan struktur dan fungsi sendi
      3. Menjelaskan kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan sistem gerak
  6. Materi Pembelajaran
    Sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  7. Metode dan Model Pembelajaran
    1. Metode : Diskusi Kelompok
    2. Model : Cooperative Learning
  8. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama (2 x 40 menit)
    1. Kegiatan Pendahuluan:
      1. Motivasi dan Apresepsi
      2. Mengingatkan siswa tentang karakteristik makhluk hidup, terutama berkaitan dengan kemampuan melakukan aktifitas gerak “Mengapa kita dapat bergerak ?” “Bagaimana kita bergerak ?”
    2. Kegiatan Inti :
      1. Guru memandu peserta didik dalam pembentukan kelompok
      2. Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan tentang penyususn sistem gerak atas dan bawah, anatomi otot polos, otot lurik dan otot jantung
      3. Peserta didik menuliskan hasil diskusi dalam LKS
    3. Penutup :
      1. Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil kegiatan dan kelompok lain memberikan tanggapan
      2. Guru memberikan klarifikasi bila ada konsep yang salah
      3. Guru beserta peserta didik membeuat simpulan/rangkumam hasil belajar
      4. Guru memberikan tes untuk mengukur daya serap
      5. Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS I P A SEMESTER II
Sekolah
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Semester : 2 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
    2. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
    3. Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    4. Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    5. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
Kelas / Semester : VIII /II(dua)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
  3. Indikator
    1. Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan arah
    2. Menunjukkan jenis-jenis gaya
    3. Melukiskan resultan gaya yang searah dan segaris.
    4. Melukiskan resultan gaya yang berlawanan arah dan segaris
    5. Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
    6. Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
    7. Membandingkan berat dan massa suatu benda
  4. Alokasi waktu : 6 X 40 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat :
    1. Menghitung resultan gaya yang ada pada suatu benda
    2. Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda
    3. Menggambar resultan gaya segaris yang searah
    4. Menghitung resultan gaya segaris yang berlawanan arah
    5. Melakukan percobaan gaya gesek pada permukaan yang kasar dan licin
    6. Merumuskan adanya gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari
    7. Mencari perbedaan berat dan masa menggunakan alat 
  6. Materi Pembelajaran :Gaya
    Metode Pembelajaran
    1. Model : - Direct Intruction (DI)
    - Kooperatif Learning
    2. Metode : - Diskusi kelompok
    -Eksperimen
  7. Langkah Langkah Kegiatan:
    Pertemuan Pertama 
    1. Kegiatan Pendahuluan
      1. Motivasi dan apresepsi
      2. Dengan cara meminta peserta didik menutup dan membuka pintu, menggeser bangku, dan mengangkat buku.
      3. Prasyarat Pengetahuan
      4. Gaya apakah yang terjadi pada saat mengangkat buku?
      5. Pra Eksperimen
      6. Berhati-hatilah membuka dan menutup pintu
    2. Kegiatan inti
      1. Guru meminta peserta didik mempelajari buku bab 5 tentang gaya.
      2. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
      3. Guru membagikan lks 5.1 kepada tiap peserta didik
      4. Dengan mengacu pada model pembelaqjaran kooperatif meminta masing-masing kelompok untuk melakukan kegiatan 1 s/d 5 dari LKS 5.1
      5. Meminta salah satu kelompok mempresentasikan pekerjaannya untuk ditanggapi kelompok lain.
      6. Guru memastikan bahwa seluruh kelompok telah mengetahui jawaban yang benar.
      7. Memberi penghargaan misalnya pujian kepada peserta didik atau kelompok yang kinerjanya bagus.
      8. Memodelkan cara menggambar gaya dan menentukan gaya resultan.
    3. Kegiatan Penutup
      1. Guru dan peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.
      2. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau rangkuman hasil relajar.
      3. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
      4. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan. 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar