SILABUS DAN RPP I P S Kls. V SD/MI
I. SILABUS I P S SEMESTER I
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester : V / I
- Standar Kompetensi
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia - KOMPETENSI DASAR
- Mengenal makna peninggalan peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu Budha, dan Islam di Indonesia
- Menceritakan tokoh tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
- Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya - Menghargai keragaman suku di Indonesia bangsa dan budaya
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester : V / II
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester: V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit Pert. 4 – 6 (3 minggu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
- Standar Kompetensi
Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu¬-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia - Kompetensi Dasar
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-¬Budha, dan Islam di Indonesia - lndikator
- Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
- Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
- Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
- Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
- Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha melalui peta
- Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok agamanya
- Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
- Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
- Materi Pokok
Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia - Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
- Pertemuan 1
Menjelaskan dan menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia - Pertemuan 2
Menjelaskan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia - Pertemuan 3
Menjelaskan dan menceritakan beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam dl Indonesia - Pertemuan 4
Menjelaskan cara-cara melestarikan dan memberi makna peninggalĂ n yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
- Pertemuan 1
- Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar candi borobudur, candi prambanan, masjid, dll
2. Sumber : Buku IPS kelas V
Buku yang relevan - Penilaian
1. Tertulis : Pilihan ganda
2. Pengamatan / perbuatan
3. Porto folio
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester : V / II
- Standar Kompetensi
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia - KOMPETENSI DASAR
- Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang
- Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdeka-
an Indonesia - Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan
Indonesia - Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester: V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit Pert. 4 – 6 (3 minggu)
- Standar Kompetensi
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan Indonesia - Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang - lndikator
Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia - Materi Pokok
Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
Perjuangan melawan penjajah Jepang - Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 4 - 6)
- Pendahuluan
Mengajak siswa mengamati dan membandingkan gambar salah satu kota di Jepang
Memberi kesempatan bagi siswa mengemukakan pendapatnya tentang kedua gambar yang diamati - Kegiatan inti
Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang menentang kedatangan Belanda
Menjelaskari mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
Mengajak siswa memperhatikan peta pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia
Mengadakan tanya jawab mengenal lembaga-lembaga bentukan Jepang
Memberi tugas menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang - Kegiatan penutup
Menganjurkan kepada siswa untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam melawan penjajah
Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi
- Pendahuluan
- Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar, Peta
2. Sumber : Pengetahuan Sosial hal. 97 – 100 (Aneka Ilmu) - Penilaian
1. Tertulis
2. Porto Folio
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar