Kamis, Juli 09, 2009

SILABUS DAN RPP I P S Kls. V SD/MI


SILABUS DAN RPP I P S Kls. V SD/MI
I. SILABUS I P S SEMESTER I
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester : V / I
  1. Standar Kompetensi
    Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
  2. KOMPETENSI DASAR

    1. Mengenal makna peninggalan peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu Budha, dan Islam di Indonesia
    2. Menceritakan tokoh tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
    3. Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di
      Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
    4. Menghargai keragaman suku di Indonesia bangsa dan budaya 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
  1. Standar Kompetensi
    Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala
    nasional pada masa Hindu¬-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
  2. Kompetensi Dasar
    Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-¬Budha, dan Islam di Indonesia
  3. lndikator 
    1. Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
    2. Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
    3. Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
    4. Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
    5. Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha melalui peta
    6. Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok agamanya
    7. Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
    8. Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
  4. Materi Pokok
    Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
  5. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
    1. Pertemuan 1
      Menjelaskan dan menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
    2. Pertemuan 2
      Menjelaskan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
    3. Pertemuan 3
      Menjelaskan dan menceritakan beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam dl Indonesia
    4. Pertemuan 4
      Menjelaskan cara-cara melestarikan dan memberi makna peninggalĂ n yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
  6. Alat Dan Sumber Bahan
    1. Alat Peraga : Gambar candi borobudur, candi prambanan, masjid, dll
    2. Sumber : Buku IPS kelas V
    Buku yang relevan
  7. Penilaian
    1. Tertulis : Pilihan ganda
    2. Pengamatan / perbuatan
    3. Porto folio
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS I P S SEMESTER II
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester : V / II
  1. Standar Kompetensi
    Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
  2. KOMPETENSI DASAR 
    1. Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang
    2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdeka-
      an Indonesia
    3. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan
      Indonesia
    4. Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester: V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit Pert. 4 – 6 (3 minggu)
  1. Standar Kompetensi
    Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan Indonesia
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
  3. lndikator
    Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
    Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
  4. Materi Pokok
    Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
    Perjuangan melawan penjajah Jepang
  5. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 4 - 6)
    1. Pendahuluan
      Mengajak siswa mengamati dan membandingkan gambar salah satu kota di Jepang
      Memberi kesempatan bagi siswa mengemukakan pendapatnya tentang kedua gambar yang diamati
    2. Kegiatan inti
      Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang menentang kedatangan Belanda
      Menjelaskari mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
      Mengajak siswa memperhatikan peta pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia
      Mengadakan tanya jawab mengenal lembaga-lembaga bentukan Jepang
      Memberi tugas menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang
    3. Kegiatan penutup
      Menganjurkan kepada siswa untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam melawan penjajah
      Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi 
  6. Alat Dan Sumber Bahan
    1. Alat Peraga : Gambar, Peta
    2. Sumber : Pengetahuan Sosial hal. 97 – 100 (Aneka Ilmu)
  7. Penilaian
    1. Tertulis
    2. Porto Folio
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar