SILABUS DAN RPP I P S Kls. VII SMP/MTs
I. SILABUS I P S SEMESTER I
Sekolah
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Memahami lingkungan kehidupan manusia. - Kompetensi Dasar
- Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
- Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
- Mendeskripsikan interaksi sbagai proses sosialsebagai proses pembentukan kepribadian
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi social
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 1
Sekolah
Kelas : VII(tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 2(dua)
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester: VII / 2
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 1
- Standar Kompetensi
Memahami lingkungan kehidupan manusia. - Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan. - Indikator
- Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
- Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
- Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
- Mendeskripasikan dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan.
- Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
- Mendeskripsikan proses pelapukan.
- Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
- Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
- Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
- Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :- Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literatur siswa dapat :
- Mengidentifikasi proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
- Menjelaskan gejala diostropisme dan vulkanisme dan sebaran tipe gunung api di Indonesia.
- Menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.
- Menjelaskan dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan dan upaya menanggulanginya.
- Melalui mengamati gambar, lingkungan dan membaca literatur siswa dapat :
- Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
- Mengidentifikasi jenis batuan yang umum terdapat di lingkungan sekitar siswa.
- Menjelaskan terjadinya proses pelapukan.
- Menjelaskan unsur-unsur yang berperan dalam proses pelapukan.
- Menjelaskan proses erosi dan faktor-faktor penyebabnya serta dampak yang ditimbulkannya.
- Menunjukkan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
- Melalui membaca sumber, siswa dapat :
- Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan.
- Mengidentifikasi upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen dan eksogen.
- Materi Pembelajaran
- Proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
- Gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
- Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
- Dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan.
- Jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
- Proses pelapukan.
- Proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
- Contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
- Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
- Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Inquiri
- Tanya jawab
- Observasi / Pengamatan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah
Kelas : VII(tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 2(dua)
- Standar Kompetensi
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya. - Kompetensi Dasar
- Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan
- Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi
- Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
- Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester: VII / 2
- Standar Kompetensi
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya - Kompetensi Dasar
Menggunakan peta, alas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan - Indikator
- Membedakan peta, atlas, dan globe
- Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta
- Mengidentifikasi informasi geografi dari peta, atlas, dan globe
- Mengartiikan berbagai skala
- Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
- Tujuan Pembelajaran.
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :- Mengidentifikasi perbedaan antara peta, atlas, dan globe
- Mengidentifikasi jenis-jenis peta
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk peta
- Mengidentifikasi pemanfaatan peta
- Mengartikan berbagai skala
- Menentukan letak suatu tempat dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur
- Memperagakan gerak dan rotasi bumi menggunakan globe
- Mempergunakan indeks untuk mencari letak suatu tempat di atlas
- Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
- Materi Pembelajaran.
- Pengertian peta, atlas, dan globe
- Jenis-jenis peta
- Bentuk-bentuk peta
- Menentukan letak suatu tempat dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur
- Memperagakan gerak dan rotasi bumi menggunakan globe
- Penggunaan indeks dan daftar isi pada atlas
- Skala peta
Memperbesar dan memperkecil peta - Metode Pembelajaran.
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Inquiry
- Tanya jawab
- Simulasi
- Observasi / pengamatan
- Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar