Sabtu, Juli 04, 2009

SILABUS DAN RPP I P S Kls. VII SMP/MTs


SILABUS DAN RPP I P S Kls. VII SMP/MTs
I. SILABUS I P S SEMESTER I
Sekolah
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami lingkungan kehidupan manusia.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
    2. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
    3. Mendeskripsikan interaksi sbagai proses sosialsebagai proses pembentukan kepribadian
    4. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi social
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII / 1
  1. Standar Kompetensi
    Memahami lingkungan kehidupan manusia.
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
  3. Indikator
    1. Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
    2. Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
    3. Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
    4. Mendeskripasikan dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan.
    5. Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
    6. Mendeskripsikan proses pelapukan.
    7. Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
    8. Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
    9. Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
  4. Tujuan Pembelajaran
    Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
    1. Melalui pengamatan gambar, peta dan membaca literatur siswa dapat :
    2. Mengidentifikasi proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
    3. Menjelaskan gejala diostropisme dan vulkanisme dan sebaran tipe gunung api di Indonesia.
    4. Menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.
    5. Menjelaskan dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan dan upaya menanggulanginya.
    6. Melalui mengamati gambar, lingkungan dan membaca literatur siswa dapat :
    7. Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
    8. Mengidentifikasi jenis batuan yang umum terdapat di lingkungan sekitar siswa.
    9. Menjelaskan terjadinya proses pelapukan.
    10. Menjelaskan unsur-unsur yang berperan dalam proses pelapukan.
    11. Menjelaskan proses erosi dan faktor-faktor penyebabnya serta dampak yang ditimbulkannya.
    12. Menunjukkan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
    13. Melalui membaca sumber, siswa dapat :
    14. Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan.
    15. Mengidentifikasi upaya penanggulangan dampak negatif dari tenaga endogen dan eksogen.
  5. Materi Pembelajaran
    1. Proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
    2. Gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
    3. Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
    4. Dampak terjadinya gempa bumi terhadap kehidupan.
    5. Jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
    6. Proses pelapukan.
    7. Proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
    8. Contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
    9. Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
  6. Metode Pembelajaran
    1. Ceramah bervariasi
    2. Diskusi
    3. Inquiri
    4. Tanya jawab
    5. Observasi / Pengamatan
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS I P S SEMESTER II
Sekolah
Kelas : VII(tujuh)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Semester : 2(dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan
    2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi
    3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
    4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester: VII / 2
  1. Standar Kompetensi
    Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
  2. Kompetensi Dasar
    Menggunakan peta, alas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
  3. Indikator 
    1. Membedakan peta, atlas, dan globe
    2. Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta
    3. Mengidentifikasi informasi geografi dari peta, atlas, dan globe
    4. Mengartiikan berbagai skala
    5. Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
  4. Tujuan Pembelajaran.
    Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :
    1. Mengidentifikasi perbedaan antara peta, atlas, dan globe
    2. Mengidentifikasi jenis-jenis peta
    3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk peta
    4. Mengidentifikasi pemanfaatan peta
    5. Mengartikan berbagai skala
    6. Menentukan letak suatu tempat dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur
    7. Memperagakan gerak dan rotasi bumi menggunakan globe
    8. Mempergunakan indeks untuk mencari letak suatu tempat di atlas
    9. Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat
  5. Materi Pembelajaran.
    1. Pengertian peta, atlas, dan globe
    2. Jenis-jenis peta 
  6. Bentuk-bentuk peta
    1. Menentukan letak suatu tempat dengan menggunakan garis lintang dan garis bujur
    2. Memperagakan gerak dan rotasi bumi menggunakan globe
    3. Penggunaan indeks dan daftar isi pada atlas
  7. Skala peta
    Memperbesar dan memperkecil peta
  8. Metode Pembelajaran.
    1. Ceramah bervariasi
    2. Diskusi
    3. Inquiry
    4. Tanya jawab
    5. Simulasi
    6. Observasi / pengamatan
  9. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar