Senin, Juli 20, 2009

SILABUS DAN RPP IPS Kls. VI SD/MI


SILABUS DAN RPP IPS Kls. VI SD/MI
I. SILABUS IPS SEMESTER I
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semester : VI(enam) / I(satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
  2. KOMPETENSI DASAR
    1. Mendeskripsikan perkembangan sistem Administrasi wilayah Indonesia
    2. Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
    3. Mengodentifikasikan benua-beua
    4. Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
    5. Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semester: VI(enam)/I (satu)
Alokasi Waktu :18 x 35 menit
Pert. 7 – 12 (6 minggu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
  3. Indikator
    Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-neara tetangga
    Membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara- negara tetangga.
  4. Materi Pokok
    Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
    1. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
      1. Pertemuan 7-9
        Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
        Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
      2. Pertemuan 10-12
        Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
        Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
    2. Alat Dan Sumber Bahan
      Peta, atlas
      Globedan Buku yang relevan
    3. Penilaian
      Tes tertulis : Uraian
      Pengamatan / perbuatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
III. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas / Semester: VI(enam)/ II (dua)
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 5 (5 minggu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
  3. Indikator
    Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia.
    Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain.
  4. Materi Pokok
    Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
    1. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
      1. Pertemuan 1
        Pengamatan Peta Asia Tenggara
        Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
        Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
      2. Pertemuan 2
        Pengamatan Peta Asia Tenggara
        Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
        Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
      3. Pertemuan 3
        Pengamatan peta Asia Tenggara
        Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
        Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
      4. Pertemuan 4
        Pengamatan peta Asia Tenggara
        Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
        Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
      5. Pertemuan 5
        Kesimpuan guru dan siswa
        Evaluasi
    2. Alat Dan Sumber Bahan
      Gambar peta Indonesia
      Gambar Peta Asia Tenggara
    3. Penilaian
      Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
      Pengamatan / perbuatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar