SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. I SD / MI
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 40 x 30 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 - Kompetensi Dasar
- Membilang banyak benda
- Mengurutkan banyak benda
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
sampai 20 - Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
- Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 44 x 30 menit
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
Membilang banyak benda - Indikator
Menyebutkan banyaknya suatu benda - Materi Essensial
Membilang banyak benda
Membaca dan menulis lambang bilangan
Membandingkan dua kumpulan benda - Media Belajar
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A - Rincian Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
Membacakan kalimat pembuka pada hlm. 2 - Kegiatan Inti
Guru menyebutkan benda benda yang terdapat pada gambar
ada berapa meja ?
ada berapa tas ?
ada berapa kursi ?
ada berapa buku ?
Menugaskan mengerjakan:
latihan 1
latihan 2 - Penutup
Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
Mencatat indikator
Siswa mendengarkan Sambil membaca buku
Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan bendasarakan gambar hlm 2
Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2
Mendengarkan motivasi guru
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 44 x 30 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
- Membilang banyak benda
- Mengurutkan banyak benda
- Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
- Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
- Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
- Membandingkan berat benda (ringan, berat)
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
- Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
Membilang banyak benda - Indikator
Menyebutkan lambang bilangan dari 21 sampai 99
Mengenal lambang bilangan dari 21 sampai 99 - Materi Essensial
Membaca dan Menulis Lambang Bilangan (2) - Media Belajar
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B - Rincian Kegiatan Pembelajaran
- Pendidik
- Pendahuluan
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
Memberikan pertanyaan ada berapa jumlah buah yang ada pada gambar - Kegiatan Inti
Guru memperkenalkan lambang bilangan 21 sampai 99
Guru membacakan lambnag bilangan 21 sampai 99
Guru memberikan contoh pengerjaan latihan 1, latihan 2, dan latihan 3
Memperagakan menulis bilangan 21 sampai dengan 99
Mengerjakan latihan 4
Menugaskan untuk menjiplak dengan cara menghubungkan garis-putus-putus
Menuliskan lambang bilangan - Penutup
Menugaskaskan untuk mengulang kembali
Peserta didik
Mencatat indikator
Menjawab pertanyaan
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
mengerjakan latihan 1, 2, 3 dan latihan pengayaan
Mengerjakan tugas dari guru
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar