Rabu, Juli 15, 2009

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. I SD / MI


SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. I SD / MI
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 40 x 30 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
  2. Kompetensi Dasar
    1. Membilang banyak benda
    2. Mengurutkan banyak benda
    3. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
    4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
      sampai 20
    5. Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
    6. Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
  1. Kompetensi Dasar
    Membilang banyak benda
  2. Indikator
    Menyebutkan banyaknya suatu benda
  3. Materi Essensial
    Membilang banyak benda
    Membaca dan menulis lambang bilangan
    Membandingkan dua kumpulan benda
  4. Media Belajar
    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran 
    1. Pendahuluan
      Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
      Membacakan kalimat pembuka pada hlm. 2
    2. Kegiatan Inti
      Guru menyebutkan benda benda yang terdapat pada gambar
      ada berapa meja ?
      ada berapa tas ?
      ada berapa kursi ?
      ada berapa buku ?
      Menugaskan mengerjakan:
      latihan 1
      latihan 2
    3. Penutup
      Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
      Mencatat indikator
      Siswa mendengarkan Sambil membaca buku
      Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan bendasarakan gambar hlm 2
      Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2
      Mendengarkan motivasi guru
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER II
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 44 x 30 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah
  2. Kompetensi Dasar
    1. Membilang banyak benda
    2. Mengurutkan banyak benda
    3. Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
    4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
    5. Menggunakan sifat operasi pertukaran dan pengelompokan
    6. Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
    7. Membandingkan berat benda (ringan, berat)
    8. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
    9. Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
  1. Kompetensi Dasar
    Membilang banyak benda
  2. Indikator
    Menyebutkan lambang bilangan dari 21 sampai 99
    Mengenal lambang bilangan dari 21 sampai 99
  3. Materi Essensial
    Membaca dan Menulis Lambang Bilangan (2)
  4. Media Belajar
    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1B
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran 
      Pendidik
    1. Pendahuluan
      Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
      Memberikan pertanyaan ada berapa jumlah buah yang ada pada gambar
    2. Kegiatan Inti
      Guru memperkenalkan lambang bilangan 21 sampai 99
      Guru membacakan lambnag bilangan 21 sampai 99
      Guru memberikan contoh pengerjaan latihan 1, latihan 2, dan latihan 3
      Memperagakan menulis bilangan 21 sampai dengan 99
      Mengerjakan latihan 4
      Menugaskan untuk menjiplak dengan cara menghubungkan garis-putus-putus
      Menuliskan lambang bilangan
    3. Penutup
      Menugaskaskan untuk mengulang kembali
      Peserta didik
      Mencatat indikator
      Menjawab pertanyaan
      Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
      mengerjakan latihan 1, 2, 3 dan latihan pengayaan
      Mengerjakan tugas dari guru
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar