SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. II SD/MI
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 2A
Kelas/Program : II / SEKOLAH DASAR
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 40 x 30 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 - Kompetensi Dasar
- Membandingkan bilangan sampai 500
- Mengurutkan bilangan sampai 500
- Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
- Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
- Menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm, m) yang sering digunakan
- Menggunakan alat ukur berat
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Perkalian dan Pembagian
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
Membandingkan bilangan sampai 500 - Indikator
Membaca lambang bilangan 101 sampai dengan 500
Menuliskan lambang bilangan 101 sampai dengan 500
Membandingkan bilangan - Materi Essensial
Membaca dan meuliskan lambang bilangan 101 sampai dengan 500
Membandingkan bilangan - Media Belajar
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas II jilid 2A - Rincian Kegiatan Pembelajaran
Pendidik- Pendahuluan
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
Membacakan kalimat pembuka pada halm. 1 - Kegiatan Inti
Menugaskan salah satu siswa untuk membaca angka 103 dan 237 Pada Hlm. 2 dan 3 Guru membenarkan cara membaca lambang bilangan di atas
Guru menugaskan siswa untuk memebaca bilangan-bilangan pada gambar Hlm. 4 dan 5
Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2 - Penutup
Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah - Peserta didik
Mencatat indikator
Siswa mendengarkan Sambil membaca buku
Membaca angka 103 dan 237
Membaca bilang pada gambar Hlm. 4 dan 5
Mengerjakan tugas latihan 1 dan 2
Mendengarkan motivasi guru
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Perkalian dan Pembagian
Pertemuan/waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
- Kompetensi Dasar
Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka - Indikator
Menghitung perkalian sebagai penjumlahan berulang. - Materi Essensial
Perkalian dan pembagian
Perkalian (hlm. 2) - Media Belajar
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas II jilid 2B - Rincian Kegiatan Pembelajaran
- Pendidik
- Pendahuluan
Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
Memberikan pertanyaan 40 apel dibagi kepada 5, berapa buah apel yang diterima setiap anak - Kegiatan Inti
Menjelaskan perkalian sebagai penjumlahan berulang
2 x 3 = 2 + 2 + 2 = 6
Menugaskan latihan 1 s.d 3
Guru membantu memecahkan masalah latihan di atas dengan gambar kemudian mengarahkan siswa memecahkan masalah pada latihan tanpa gambar sehingga dapat menemukan sendiri fakta perkalian
Menugaskan mengerjakan latihan 4, - Penutup
Guru menyimpulkan bahwa senua bilangan cacah apabila dikalikan dengan bilangan 1 maka hasilnya adalah bilangan itu sendiri
Latihan 5 dan latihan pengayaan - Peserta didik
Mencatat indikator
Menjawab 8 apel
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mengerjakan latihan 1 s.d 3
Mendengarkan memperhatikan cara penyelesaian latihan 1 dan 3,
Menemukan sendiri fakta perkalian
Mengerjakan latihan 4
Menemukan fakta perkalian
Latihan 5 dan latihan pengayaan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar