Selasa, Juli 14, 2009

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. III SD/MI

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. III SD/MI

I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/1
Alokasi Waktu : 96 jam pelajaran
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
  2. Kompetensi Dasar 
    1. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
    2. Menulis bilangan pada garis bilangan
    3. Melakukan operasi hitung bilangan
    4. Mengenal nilai mata uang sampai 10.000 rupiah 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : III / 1
Pertemuan Ke- : 1-16
Alokasi Waktu : 32 x 35 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
  2. Kompetensi Dasar
    Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
  3. Indikator :
    Menentukan nilai tempat, nilai angka suatu bilangan
    Membaca bilangan dari kiri
    Menuliskan lambang bilangan 
    1. I. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat :
      1. Menentuakn nilai bilangan
      2. menuliskan nilai bilangan
    2. II. Materi Pembelajaran
      Bilangan
    3. III. Metode Pembelajaran
      Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
    4. IV. Langkah-langkah Kegiatan 
      1. A. Pertemuan Ke 1-4 
        1. i. Pendahuluan :
          1. Apersepsi :
          • Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas
          • Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
          2. Pemberian Motivasi
        2. ii. Kegiatan Inti :
          1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang bilangan sampai 100
          2. Secara berkelompok siswa menyebutkan bilangan sampai 100, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
          3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
        3. iii. Penutup :
          1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
          2. Guru memberikan tugas atau PR 
      2. B. Pertemuan Ke 5-8 
        1. i. Pendahuluan :
          1. Apersepsi :
          • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
          • Mengingat kembali materi sebelumnya.
          2. Pemberian Motivasi
        2. ii. Kegiatan Inti :
          1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan bilangan sampai ratusan ribu
          2. Secara berkelompok siswa menyebutkan bilangan sampai ratusan ribu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
          3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
        3. iii. Penutup :
          1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
          2. Guru memberikan tugas atau PR 
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

    III. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER II
    Nama Sekolah : SD
    Mata Pelajaran : Matematika
    Kelas/Semester : III/2
    Alokasi Waktu : 44 jam pelajaran 
    1. Standar Kompetensi
      Memahami pecahan sederhana dan penggunaan dalam pemecahan masalah
    2. Kompetensi Dasar 
      1. Mengenal pecahan sederhana
      2. Membac dan menulis lambang bilangan pecahan
      3. Menyajikan bilangan pecahan
      4. Menyelidiki bentuk bangun datar
      5. Menentukan sudut bangun datar 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : III / 2
Pertemuan Ke- : 60-67
Alokasi Waktu : 16 x 35 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami pecahan sederhana dan penggunaan dalam pemecahan masalah
  2. Kompetensi Dasar
    Mengenal pecahan sederhana
  3. Indikator :
    Mengenal lambang setengah, seperempat, sepertiga, seperenam
  4. I. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat :
    Membaca lambang dalam pecahan
  5. II. Materi Pembelajaran
    Pecahan
  6. III. Metode Pembelajaran
    Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
  7. IV. Langkah-langkah Kegiatan 
    1. A. Pertemuan Ke 60-63 
      1. i. Pendahuluan :
        1. Apersepsi :
        • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
        • Mengingat kembali materi sebelumnya.
        2. Pemberian Motivasi
      2. ii. Kegiatan Inti :
        1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang lambang pecahan
        2. Secara berkelompok siswa menulis lambang bilangan pecahan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
        3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
      3. iii. Penutup :
        1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
        2. Guru memberikan tugas atau PR 
    2. B. Pertemuan Ke 64-67 
      1. i. Pendahuluan :
        1. Apersepsi :
        • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
        • Mengingat kembali materi sebelumnya.
        2. Pemberian Motivasi
      2. ii. Kegiatan Inti :
        1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang nilai pecahan
        2. Secara berkelompok siswa menentukan nilai pecahan pada suatu gambar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
        3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
      3. iii. Penutup :
        1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
        2. Guru memberikan tugas atau PR 
    3. V. Alat/ Bahan/ Sumber
      Dunia Matematika Kelas 3 SD (hal 117-119) 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar