I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/1
Alokasi Waktu : 96 jam pelajaran
- Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka - Kompetensi Dasar
- Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
- Menulis bilangan pada garis bilangan
- Melakukan operasi hitung bilangan
- Mengenal nilai mata uang sampai 10.000 rupiah
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
I. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : III / 1
Pertemuan Ke- : 1-16
Alokasi Waktu : 32 x 35 menit
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : III / 2
Pertemuan Ke- : 60-67
Alokasi Waktu : 16 x 35 menit
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : III / 1
Pertemuan Ke- : 1-16
Alokasi Waktu : 32 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka - Kompetensi Dasar
Menentukan letak bilangan pada garis bilangan - Indikator :
Menentukan nilai tempat, nilai angka suatu bilangan
Membaca bilangan dari kiri
Menuliskan lambang bilangan- I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Menentuakn nilai bilangan
2. menuliskan nilai bilangan - II. Materi Pembelajaran
Bilangan - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- A. Pertemuan Ke 1-4
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas
• Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang bilangan sampai 100
2. Secara berkelompok siswa menyebutkan bilangan sampai 100, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- B. Pertemuan Ke 5-8
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan bilangan sampai ratusan ribu
2. Secara berkelompok siswa menyebutkan bilangan sampai ratusan ribu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - A. Pertemuan Ke 1-4
III. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER II
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 44 jam pelajaran- Standar Kompetensi
Memahami pecahan sederhana dan penggunaan dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
- Mengenal pecahan sederhana
- Membac dan menulis lambang bilangan pecahan
- Menyajikan bilangan pecahan
- Menyelidiki bentuk bangun datar
- Menentukan sudut bangun datar
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - I. Tujuan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : III / 2
Pertemuan Ke- : 60-67
Alokasi Waktu : 16 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Memahami pecahan sederhana dan penggunaan dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
Mengenal pecahan sederhana - Indikator :
Mengenal lambang setengah, seperempat, sepertiga, seperenam - I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Membaca lambang dalam pecahan - II. Materi Pembelajaran
Pecahan - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- A. Pertemuan Ke 60-63
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang lambang pecahan
2. Secara berkelompok siswa menulis lambang bilangan pecahan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- B. Pertemuan Ke 64-67
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang nilai pecahan
2. Secara berkelompok siswa menentukan nilai pecahan pada suatu gambar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 3 SD (hal 117-119)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - A. Pertemuan Ke 60-63
Tidak ada komentar:
Posting Komentar