I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
JENJANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IX (SEMBILAN)
SEMESTER : 1 (SATU)
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami kesebangunan bangun datar
Mengidentifikasi bangun ruang sisi datar serta dapat menentukan besaran-besaran di dalamnya - KOMPETENSI DASAR
- Menentukan perbandingan kesebangunan dua bangun datar
- Menggunakan konsep kesebangunan dua bangun
- Menjelaskan bagian-bagian kubus dan balok
- Menghitung besaran-besaran pada kubus dan balok
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / I
JENJANG : SLTP
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IX (SEMBILAN)
SEMESTER : 2 (DUA)
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / 2
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / I
- Materi Pokok
Kesebangunan - Standar Kompetensi
Memahami KesebangunanBangun Datar - Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- Kompetensi Dasar
Menentukan perbandingan kesebangunan dua bangun datar. - Indikator
- Mengenali/mengidentifikasi dua bangun datar yang kongruen atau tidak kongruen dengan menyebutkan syaratnya.
- Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun yang kongruen atau dua bangun kongruen.
- Alat dan Sumber
buku siswa , lks , coin , bangun-bangun yang kongruen dan sebangun , lingkungan - Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran
Pembelajaran Langsung dan Kooperatif. - Metode
Diskusi, tanya jawab, kelompok, dan ceramah.- Pendahuluan
Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari tentang dua bangun datar yang sebangun, misalnya gambar pada coin dan uang lembar.
Menginformasikan Kompetensi dasan yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar beserta indikatornya. - Kegiatan Inti
Siswa diminta membuat contoh dua bangun datar yang mempunyai korespondensi satu-satu di titik sudutnya atau pada sisi-sisinya.
Siswa diminta mendiskusikan dan menjelaskan konsep dua segi banyak kongruen.
Siswa diminta memberi contoh dan bukan contoh dua bangun kongruen.
Dengan berdiskusi siswa diminta menentukan syarat dua bangun datar yang kongruen.
Siswa diminta untuk menggunakan konsep dua bangun kongruen untuk mencari panjang salah satu sisi yang belum diketahui dari dua bangun yang kongruen.
Guru membentuk kelompok heterogen terdiri dari 2 sampai 4 siswa.
Guru menekankan pada siswa pentingnya kerja kelompok.
Siswa mengerjakan Latihan 1.1 secara berkelompok .
Guru memtifasi siswa pada kelompok yang membutuhkan.
Siswa diminta menyajikan hasil diskusi di depan secara bergantian dan kelompok lain yang tidak tampil untuk menanggapi dan guru memberikan umpan balik jika diperlukan.
Siswa dengan dipandu guru membuat rangkuman dari apa yang telah dipelajarinya.
Memberikan latihan 1. 1 yang dikerjakan secara berpasangan. - Penutup
Guru memberikan tugas rumah untuk soal-soal latihan 1. 1 yang belum sempat dibahas di kelas.
- Pendahuluan
JENJANG : SLTP
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : IX (SEMBILAN)
SEMESTER : 2 (DUA)
- STANDAR KOMPETENSI
Melakukan kegiatan statistika
Menerapkan konsep pangkat tak sebenarnya - KOMPETENSI DASAR
- Mengumpulkan, menyajikan, dan menafsirkan data
- Menentukan ruang sampel percobaan
- Menyatakan pangkat tak sebenarnya ke bentuk lain
- Menyatakan operasi pangkat tak sebenarnya
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / 2
- Materi Pokok
Statistika dan Peluang - Standar Kompetensi
Melakukan Kegiatan Statistika - Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
- Kompetensi Dasar
Mengumpulkan, menafsirkan dan menyajikan data - Indikator
- Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan tally.
- Mengurutkan data tunggal, mengenal pengertian data terkecil dan data terbesar serta jangkauan data.
- Mengenal pengertian sampel dan pupulasi.
- Alat dan Sumber
Buku siswa , Lks , Coin , Kartu dan Lingkungan - Kegiatan Belajar Mengajar
- Model Pembelajaran
Pembelajaran Langsung dan Kooperatif. - Metode
Diskusi, tanya jawab, kelompok, pemberian tugas dan ceramah.- Pendahuluan
Menyampaikan hasil belajar dan indikator pencapaiannya.
Menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan, yaitu model pembelajaran kooperatif. - Kegiatan Inti
Siswa diminta membaca latihan 1 pada buku siswa.
Membahas latihan 1 untuk memahami pengertian populasi dan sampel dari buku siswa.
Bersama pasangannya siswa diminta berdiskusi untuk menyusun sebuah data tunggal, mencari data terkecil, data terbesar, dan jangkauan sebuah data,
Selama berdiskusi guru memantau kerja dari masing-masing kelompok dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mepresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan.(guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar).
Guru menjelaskan secara ringkas cara menentukan pupulasi dan sampel. - Penutup
Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
Menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan 2. 2 , dan guru memilih soal yang akan diberikan kepada siswa.
- Pendahuluan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar