I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/1
- Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah - Alokasi Waktu : 52 jam pelajaran
- Kompetensi Dasar
- Menggunakn sifat operasi hitung
- Mengenal faktor prima dan faktorisasi prima
- Melakukan pembulatn dan penaksiran hasil operasi hitung
- Melakukan operasi hitung campuran
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V / 1
Pertemuan Ke- : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V / 2
Pertemuan Ke- : 55-63
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V / 1
Pertemuan Ke- : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
- Standar Kompetens
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
Menggunakn sifat operasi hitung - Indikator
Menentukan nilai pengganti huruf pada soal
Melengkapi operasi hitung- I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Melengkapi operasi hitung - II. Materi Pembelajaran
Bilangan bulat - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- A. Pertemuan Ke 1-3
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas
• Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang cara mencari nilai pengganti huruf
2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal tentang cara mencari nilai pengganti huruf, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- B. Pertemuan Ke 4-6
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang operasi hitung
2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal operasi hitung, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- A. Pertemuan Ke 1-3
- V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 3-10)
- VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 10
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - I. Tujuan Pembelajaran
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
- Standar Kompetensi
Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah - Alokasi Waktu : 60 jam pelajaran
- Kompetensi Dasar
- Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal dan sebaliknya
- Membandingkan dua pecahan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan-bilangan pecahan
- Menjelaskan perbandingan dan skala
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V / 2
Pertemuan Ke- : 55-63
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal dan sebaliknya - Indikator :
Mengubah bilangan-bilangan menjadi persen- I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Mengubah pecahn ke dalam bentuk persen - II. Materi Pembelajaran
Pecahan - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- C. Pertemuan Ke 55-57
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang peecahn biasa dan campuran
2. Secara berkelompok mengubah pecahn biasa dan campuran ke dalam bentuk desimal, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- D. Pertemuan Ke 58-60
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penyederhanaan pecahan
2. Secara berkelompok siswa mengubah persen menjadi pecahn dan menyederhanakannya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- E. Pertemuan Ke 61-63
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang persentase dari jumlah benda
2. Secara berkelompok siswa menentukan persentase dari jumlah benda, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 81-85) - VI. Penilaian :
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - I. Tujuan Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar