SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. VI SD/MI
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
- Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah - Alokasi Waktu : 32 jam pelajaran
- Kompetensi Dasar
- Menggunakn sifat operasi hitung termasuk operasi hitung campuran, FPB dan KPK
- Memahami akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
- Mengenal satuan debit
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit
- Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
- Menghitung volume bangun ruang
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 1-7
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 59-65
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 1-7
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
Menggunakn sifat operasi hitung termasuk operasi hitung campuran, FPB dan KPK - Indikator :
Mencari FPB dan KPK dari dua bilangan tertentu- I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. menentukan FPB dari dua bilangan
2. menentukan KPK dari dua bilangan - II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung bilangan bulat - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- A. Pertemuan Ke 1-4
A. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas
• Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
2. Pemberian Motivasi
B. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang FPB dari dua bilangan
2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal latihan mencari FPB, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
C. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR - B. Pertemuan Ke 5-7
A. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
B. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang mencari KPK dari dua bilangan
2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal latihan mencari KPK, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
C. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- A. Pertemuan Ke 1-4
- V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 3-8) - VI. Penilaian :
1. Tentukan KPK dan FPB dari bilangan berikut ini :
a. 16 dan 34
b. 20 dan 30
c. 25 dan 50
d. 80 dan 120
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - I. Tujuan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 59-65
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
Menyederhanakan dan mengurutkan nilai - Indikator :
Mengurutkan data dari yang terkecil
Mengurutkan data dari yang terebsar- I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar - II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung pecahan - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- A. Pertemuan Ke 59-61
A. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
B. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara menyederhanakan pecahan
2. Secara berkelompok siswa menggunakan pita untuk menyederhanakan pecahan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
C. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR - B. Pertemuan Ke 62-65
A. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
B. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara mengubah penyebut
2. Secara berkelompok siswa mengubah penyebut menjadi sama nilainya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
C. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- A. Pertemuan Ke 59-61
- V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 73-78)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - I. Tujuan Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar