Selasa, Juli 14, 2009

SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. VI SD/MI


SILABUS DAN RPP MATEMATIKA Kls. VI SD/MI
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
  2. Alokasi Waktu : 32 jam pelajaran
  3. Kompetensi Dasar 
    1. Menggunakn sifat operasi hitung termasuk operasi hitung campuran, FPB dan KPK
    2. Memahami akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
    3. Mengenal satuan debit
    4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit
    5. Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
    6. Menghitung volume bangun ruang 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 1-7
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
  2. Kompetensi Dasar
    Menggunakn sifat operasi hitung termasuk operasi hitung campuran, FPB dan KPK
  3. Indikator :
    Mencari FPB dan KPK dari dua bilangan tertentu 
    1. I. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat :
      1. menentukan FPB dari dua bilangan
      2. menentukan KPK dari dua bilangan
    2. II. Materi Pembelajaran
      Operasi hitung bilangan bulat
    3. III. Metode Pembelajaran
      Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
    4. IV. Langkah-langkah Kegiatan 
      1. A. Pertemuan Ke 1-4
        A. Pendahuluan :
        1. Apersepsi :
        • Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas
        • Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
        2. Pemberian Motivasi
        B. Kegiatan Inti :
        1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang FPB dari dua bilangan
        2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal latihan mencari FPB, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
        3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
        C. Penutup :
        1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
        2. Guru memberikan tugas atau PR
      2. B. Pertemuan Ke 5-7
        A. Pendahuluan :
        1. Apersepsi :
        • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
        • Mengingat kembali materi sebelumnya.
        2. Pemberian Motivasi
        B. Kegiatan Inti :
        1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang mencari KPK dari dua bilangan
        2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal latihan mencari KPK, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
        3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
        C. Penutup :
        1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
        2. Guru memberikan tugas atau PR 
    5. V. Alat/ Bahan/ Sumber
      Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 3-8)
    6. VI. Penilaian :
      1. Tentukan KPK dan FPB dari bilangan berikut ini :
      a. 16 dan 34
      b. 20 dan 30
      c. 25 dan 50
      d. 80 dan 120
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 59-65
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
    Kompetensi Dasar
    Menyederhanakan dan mengurutkan nilai
  2. Indikator :
    Mengurutkan data dari yang terkecil
    Mengurutkan data dari yang terebsar 
    1. I. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat :
      Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
    2. II. Materi Pembelajaran
      Operasi hitung pecahan
    3. III. Metode Pembelajaran
      Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
    4. IV. Langkah-langkah Kegiatan 
      1. A. Pertemuan Ke 59-61
        A. Pendahuluan :
        1. Apersepsi :
        • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
        • Mengingat kembali materi sebelumnya.
        2. Pemberian Motivasi
        B. Kegiatan Inti :
        1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara menyederhanakan pecahan
        2. Secara berkelompok siswa menggunakan pita untuk menyederhanakan pecahan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
        3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
        C. Penutup :
        1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
        2. Guru memberikan tugas atau PR
      2. B. Pertemuan Ke 62-65
        A. Pendahuluan :
        1. Apersepsi :
        • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
        • Mengingat kembali materi sebelumnya.
        2. Pemberian Motivasi
        B. Kegiatan Inti :
        1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara mengubah penyebut
        2. Secara berkelompok siswa mengubah penyebut menjadi sama nilainya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
        3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
        C. Penutup :
        1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja
        disajikan
        2. Guru memberikan tugas atau PR 
    5. V. Alat/ Bahan/ Sumber
      Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 73-78) 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar