SILABUS DAN RPP METEMATIKA Kls. IV SD/MI
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 74 jam pelajaran
- Standar Kompetensi
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
- Sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat
- Menulis lambang bilangan dan nilai tempat
- Menggunakan operasi perkalian dan pembagian
- Menggunakan pembulatan dan penaksiran
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V / 1
Pertemuan Ke- : 1-10
Alokasi Waktu : 20 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah - Kompetensi Dasar
Sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat - Indikator :
Menentukan nilai pengganti huruf pada soal
Melengkapi operasi hitung- I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Melengkapi operasi hitung - II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung bilangan - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- A. Pertemuan Ke 1-5
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas
• Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pengenalan sifat komutatif
2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal tentang operasi hitung sifat komutatif, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- B. Pertemuan Ke 6-10
- A. Pertemuan Ke 1-5
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - I. Tujuan Pembelajaran
III. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER II
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/2
Alokasi Waktu : 42 jam pelajaran
- Standar Kompetensi
Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat - Kompetensi Dasar
- Membaca dan menulis bilangan bulat
- Mengenal bilangan negatif
- Penjumlahan bilangan bulat
- Pengurangan bilangan bulat
- Operasi bilangan bulat yang melibatkan bilangan negatif
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
IV. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V / 2
Pertemuan Ke- : 58-63
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat - Kompetensi Dasar
Membaca dan menulis bilangan bulat dan mengenal bilangan negatif - Indikator :
Membaca bilangan negatif
Membaca lambang bilangan dari 100.000 sampai 1.000.000- I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Menyebutkan bilangan negatif dan membaca lambang bilangan - II. Materi Pembelajaran
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat - III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual - IV. Langkah-langkah Kegiatan
- A. Pertemuan Ke 58-60
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang bilangan negatif
2. Secara berkelompok siswa menyebtukan bilangan negatif, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- B. Pertemuan Ke 61-63
- i. Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi - ii. Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang lambang bilangan
2. Secara berkelompok siswa menulis lambang bilangan dari 100.000 sampai 1.000.000, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar - iii. Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
- i. Pendahuluan :
- A. Pertemuan Ke 58-60
- V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 87-91)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - I. Tujuan Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar