Jumat, Juli 10, 2009

SILABUS DAN RPP P A I Kls. III SD/MI


SILABUS DAN RPP P A I Kls. III SD/MI
I. SILABUS P A I SEMESTER I
Sekolah : SD
Kelas : III
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
  1. Standar kompetensi (Alquran) :
    Mengenal kalimat dalam Alquran
  2. Kompetensi Dasar
    1. Membaca kalimat dalam Alquran
    2. Menulis kalimat dalam Alquran
    3. Menyebutkan lima sifat wajib Allah SWT
    4. Mengartikan lima sifat wajib bagi Allah SWT
    5. Menampilkan perilaku percaya diri
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SD :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester: III / 1
  1. Standar Kompetensi
    Mengenal kalimat dalam Alquran
  2. Kompetensi Dasar
    Membaca kalimat dalam Alquran
  3. Indikator
    Melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar
    Melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj
  4. Alokasi Waktu :3 x 35 menit (1 x pertemuan)
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar
    Siswa dapat melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj
  6. Materi Pembelajaran
    Membaca kalimat dalam Alquran (lihat buku pendidikan Agama Islam SD jl. 3 NTR-ESIS bab 1 hal 1-6)
  7. Metode Pembelajaran:
    Siswa berlatih membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran secara klasikal, kelompok dan individu setelah mendengar penjelasan dari guru
    Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
      Memperkenalkan bahan ajar mengenai huruf, kata dan kalimat dalam Alquran (melalui Fitur Mutiara Islam dan sepenggal kisah)
    2. Kegiatan Inti
      Guru memperkenalkan cara melafalkan huruf, kata dan kalimat dalam Alquran
      Siswa diperkenalkan macam-macam harakat dan makhraj (keluarnya huruf)
      Siswa secara berulang-ulang melafalkan huruf, kata dan kalimat sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
    3. Kegiatan Penutup
      Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa secara berkelompok dan individu tentang cara membaca huruf, kata dan kalimat dalam Alquran sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
      Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS P A I SEMESTER II
Sekolah : SD
Kelas : III
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
  1. Standar kompetensi (Alquran)
    Mengenal Ayat-ayat Alquran
  2. Kompetensi Dasar
    1. Membaca huruf-huruf Alquran
    2. Menulis huruf Alquran
    3. Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
    4. Mengartikan sifat mustahil Allah SWT
    5. Menampilkan perilaku setia kawan
    6. Menampilkan perilaku kerja keras
    7. Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SD :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester: III / 2
  1. Standar Kompetensi
    Melaksanakan salat dengan tertib
  2. Kompetensi Dasar
    Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat
  3. Indikator
    Mempraktikkan gerakan salat
    Mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat
  4. Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu mempraktikkan gerakan salat dengan benar dan berurutan
    Siswa mampu mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat dengan benar dan berurutan
  6. Materi Pembelajaran
    Keserasian antara gerakan dan bacaan salat (lihat buku pendidikan Agama Islam SD jl. 3 NTR-ESIS bab 4 hal 53-66)
  7. Metode Pembelajaran
    Siswa berlatih mempraktikkan gerakan salat mengikuti gerakan guru.
    Siswa mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Mengkorelasikan pelajaran yang telah di dapat tentang masalah salat dengan bahan ajar keserasian gerak dan bacaan salat
    2. Kegiatan Inti
      Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
      Siswa memperhatikan gerakan salat pada gambar peraga
      Siswa mempraktikkan gerakan-gerakan salat secara klasikal dan berkelompok
      Siswa mempraktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan salat secara klasikal dan berkelompok
    3. Kegiatan Penutup
      Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman 66
      Siswa membaca dan memahami bacaan intisari (hal 68)
      Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman 69-72 dan ditulis di buku tugas
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar