SILABUS DAN RPP P A I Kls. VI SD/MI
I. SILABUS P A I SEMESTER I
Sekolah : SD
Kelas : VI
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
- Standar kompetensi (Alquran)
Mengartikan Alquran surah pendek pilihan - Kompetensi Dasar
- Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
- Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
- Menyebutkan nama-nama hari akhir
- Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
- Menceritakan perilaku Musailamah Abu Jahal dan Abu Lahab
- Menceritakan perilaku Musailamah Ak Kazzab
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD : …
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas/Semester : VI/1
- Standar Kompetensi
Mengartikan surah pendek pilihan - Kompetensi Dasar
Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 - Indikator
Membaca Surah Al Qadr
Membaca Surah Al’Alaq ayat 1-5 - Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca Surah Al Qadr dan Al Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar
Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan benar - Materi Pembelajaran
Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jil. 6 NTR-Esis bab 1 halaman ) - Metode Pembelajaran
Siswa berlatih membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar
Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
.Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam) - Kegiatan Inti
Beberapa siswa membaca Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas - Kegiatan Penutup
Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
Siswa diminta menulis Surah Al Qadr dan Al ’Alaq ayat 1-5 di buku tugas
- Kegiatan Pendahuluan
- Alat/Sumber Belajar:
- Teks lafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 di karton
- Buku Tajwid
- Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis halaman
- Kaset/CD Alquran
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
III. SILABUS P A I SEMESTER II
Sekolah : SD
Kelas : VI
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
- Standar kompetensi (Alquran)
Mengartikan surah pendek pilihan - Kompetensi Dasar
- Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
- Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
- Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar
- Menunjukkan keyakinan terhadap qada’ dan qadar
- Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
- Menceritakan perjuangan kaum ansar
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas/Semester : VI/2
- Standar Kompetensi
Mengartikan surah pendek pilihan - Kompetensi Dasar
Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 - Indikator
Melafalkan kata dan kalimat Surah al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 - Alokasi Waktu : 3x35 menit (1x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan benar
Materi Pembelajaran
Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 (lihat buku Pendidikan Agama Islam Jil. 6 NTR-Esis bab 6 halaman ) - Metode Pembelajaran
Siswa berlatih membaca kata dan kaliamat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam) - Kegiatan Inti
Beberapa siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas - Kegiatan Penutup
Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
Siswa diminta menulis Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di buku tugas
- Kegiatan Pendahuluan
- Alat/Sumber belajar:
- Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di karton
- Buku Tajwid
- Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis halaman
- Kaset/CD Alquran
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar