Minggu, Juli 12, 2009

SILABUS DAN RPP P K N Kls. II SD/MI


SILABUS DAN RPP P K N Kls. II SD/MI
I. SILABUS P K N SEMESTER I
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : I (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Membiasakan hidup bergotong royong
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
    2. Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
    3. Mengenal pentingnya lingkungan alam, seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
    4. Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
    5. Mengenal kegiatan bermusyawarah
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : I (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Membiasakan hidup bergotong royong
  2. Kompetensi dasar
    Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
  3. Indikator
    Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong
    Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial
    Mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong
    Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan
    Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu
    Menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama
    Mengidentifikasi macam-macam cara hidup bergotong royong
    Menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu
    Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah
    Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.
    Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong
    Menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong
    Menjelaskan pentingnya mengapa harus memaafkan orang lain
  4. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 kali pertemuan)
    1. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat enjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong
      Siswa dapat menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial
      Siswa dapat mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong
      Siswa dapat menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan
      Siswa dapat mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu
      Siswa dapat menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama
      Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam cara hidup bergotong royong
      Siswa dapat menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu
      Siswa dapat menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah
      Siswa dapat membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.
      Siswa dapat membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong
      Siswa dapat menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong
      Siswa dapat menjelaskan pentingnya mengapa harus memaafkan orang lain
    2. Materi Ajar
      Manusia adalah makhluk sosial
      Saling mengunjungi tetangga
      Saling membutuhkan
      Hidup rukun
      Memaafkan orang lain
      Hidup ber gotong royong
      Membersihkan lingkungan rumah
      Membantu teman
      Kerja bakti di lingkungan
    3. Pendekatan Dan Metode Pembelajaran
      Pendekatan kontekstual
      Pendekatan Cooperatif Learning
      Diskusi dengan teman sebangku
      Tanya jawab
      Ceramah
      Penugasan
    4. Langkah - langkah Kegiatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS P K N SEMESTER II
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : II (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Menampilkan sikap demokratis
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengenal kegiatan bermusyawarah
    2. Menghargai suara terbanyak
    3. Menampilkan sikap mau menerima kekalahan
    4. Mengenal nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
    5. Melaksana kan perilaku jujur dalam kegiatan sehari-hari
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : II (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Menampilkan sikap demokratis
  2. Kompetensi dasar
    Mengenal kegiatan bermusyawarah
  3. Indikator
    Mengidentifikasi tata cara hidup secara demokratis
    Menjelaskan pentingnya hidup berkelompok.
    Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain
    Mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban
  4. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan)
    1. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat mengidentifikasi tata cara hidup secara demokratis
      Siswa dapat menjelaskan pentingnya hidup berkelompok.
      Siswa dapat menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain
      Siswa dapat mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban
    2. Materi Ajar
      Hidup yang Demokratis
    3. Pendekatan Dan Metode pembelajaran
      Pendekatan kontekstual
      Pendekatan Cooperatif Learning
      Diskusi dengan teman sebangku
      Tanya jawab
      Ceramah
      Penugasan
    4. Langkah-langkah kegiatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar