SILABUS DAN RPP P K N Kls. II SD/MI
I. SILABUS P K N SEMESTER I
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : I (satu)
- Standar Kompetensi
Membiasakan hidup bergotong royong - Kompetensi Dasar
- Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
- Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
- Mengenal pentingnya lingkungan alam, seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
- Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
- Mengenal kegiatan bermusyawarah
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : I (satu)
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : II (dua)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : II (dua)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : I (satu)
- Standar Kompetensi
Membiasakan hidup bergotong royong - Kompetensi dasar
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong - Indikator
Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong
Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial
Mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong
Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan
Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu
Menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama
Mengidentifikasi macam-macam cara hidup bergotong royong
Menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu
Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah
Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.
Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong
Menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong
Menjelaskan pentingnya mengapa harus memaafkan orang lain - Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 kali pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat enjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong
Siswa dapat menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial
Siswa dapat mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong
Siswa dapat menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan
Siswa dapat mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu
Siswa dapat menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama
Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam cara hidup bergotong royong
Siswa dapat menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu
Siswa dapat menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah
Siswa dapat membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.
Siswa dapat membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong
Siswa dapat menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong
Siswa dapat menjelaskan pentingnya mengapa harus memaafkan orang lain - Materi Ajar
Manusia adalah makhluk sosial
Saling mengunjungi tetangga
Saling membutuhkan
Hidup rukun
Memaafkan orang lain
Hidup ber gotong royong
Membersihkan lingkungan rumah
Membantu teman
Kerja bakti di lingkungan - Pendekatan Dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual
Pendekatan Cooperatif Learning
Diskusi dengan teman sebangku
Tanya jawab
Ceramah
Penugasan - Langkah - langkah Kegiatan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Tujuan Pembelajaran
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : II (dua)
- Standar Kompetensi
Menampilkan sikap demokratis - Kompetensi Dasar
- Mengenal kegiatan bermusyawarah
- Menghargai suara terbanyak
- Menampilkan sikap mau menerima kekalahan
- Mengenal nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
- Melaksana kan perilaku jujur dalam kegiatan sehari-hari
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : II (dua)
Semester : II (dua)
- Standar Kompetensi
Menampilkan sikap demokratis - Kompetensi dasar
Mengenal kegiatan bermusyawarah - Indikator
Mengidentifikasi tata cara hidup secara demokratis
Menjelaskan pentingnya hidup berkelompok.
Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain
Mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban - Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 kali pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi tata cara hidup secara demokratis
Siswa dapat menjelaskan pentingnya hidup berkelompok.
Siswa dapat menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain
Siswa dapat mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban - Materi Ajar
Hidup yang Demokratis - Pendekatan Dan Metode pembelajaran
Pendekatan kontekstual
Pendekatan Cooperatif Learning
Diskusi dengan teman sebangku
Tanya jawab
Ceramah
Penugasan - Langkah-langkah kegiatan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Tujuan Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar