Kamis, Juli 09, 2009

SILABUS DAN RPP P K N Kls. V SD/MI

SILABUS DAN RPP P K N Kls. V SD/MI

I. SILABUS P K N SEMESTER I
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Kelas : V
Semester : 1
  1. STANDAR KOMPETENSI:
    Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Kompetensi Dasar
    1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
    2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
    3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selesngkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Kompetensi Dasar
    Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Indikator
    1. Menunjukkan sisi utara, selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
    2. Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
    3. Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
    4. Menjelaskan fungsi wilayah darat NKRI.
    5. Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
    6. Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. 
  4. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
  5. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
    2. Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.
    3. Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
    4. Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
    5. Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
    6. Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.
  6. Materi Ajar
    1. Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
    2. Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
  7. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan Kontekstual.
    2. Pendekatan Cooperative Learning.
    3. Diskusi dengan teman sebangku.
    4. Tanya jawab.
    5. Ceramah.
    6. Penugasan.
  8. Langkah-langkah Kegiatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selesngkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS P K N SEMESTER II
Nama Sekolah : SEKOLAH DASAR (SD)
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Kelas : V
Semester : 2
  1. STANDAR KOMPETENSI:
    Memahami kebebasan berorganisasi.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendekripsikan pengertian organisasi
    2. Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
    3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.
    4. Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selesngkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Kelas : I (Satu)
Semester : 2 (Dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami kebebasan berorganisasi.
  2. Kompetensi Dasar
    Mendekripsikan pengertian organisasi
  3. Indikator 
    1. Menjelaskan pengertian organisasi secara deskriptif.
    2. Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
    3. Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
    4. Merumuskan contoh struktur organisasi.
    5. Merumuskan contoh tata tertib organisasi. 
  4. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
  5. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi.
    Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
    Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
    Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
    Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.
  6. Materi Ajar
    1. Pengertian organisasi
    2. Ciri-ciri organisasi. 
      a. Tujuan organisasi.
      b. Anggota organisasi.
      c. Struktur organisasi.
      d. Tata tertib organisasi. 
  7. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan Kontekstual.
    2. Pendekatan Cooperative Learning.
    3. Diskusi dengan teman sebangku.
    4. Tanya jawab.
    5. Ceramah.
    6. Penugasan.
  8. Langkah-langkah Kegiatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selesngkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar