I. SILABUS P A I SEMESTER I
Sekolah : SMP
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
- Standar Kompetensi (Al-Quran)
Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah - Kompetensi Dasar
- Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
- Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
- Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
- Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.
- Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
SMP/MTs
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII/1
Sekolah : SMP
Kelas : VII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
SMP/MTs
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII/1
- Standar Kompetensi
Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. - Kompetensi Dasar
Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. - Indikator
- Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
- Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
- Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
- Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah
- Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mendefinisikan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
- Siswa dapat menunjukan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
- Materi Pembelajaran
- Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
- Pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
“Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل. Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka hukum
bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan Idgham Syamsiyah ( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ ) . - Pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah.
“Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَةْ yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ). Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ). - Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temanya tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. - Drill (latihan).
Siswa berlatih untuk membuat contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. - Praktik.
Siswa mempraktikkan cara membaca contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa.
- Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.
- Meminta siswa untuk menyiapkan al-Quran dan buku-buku tajwid.
- Kegiatan Inti
- Guru menunjuk seorang siswa yang fasih membaca al-Quran untuk memimpin teman-temannya membaca salah satu surat pilihan dari al-Quran secara bersama-sama.
- Siswa membaca buku-buku tajwid untuk mengkaji/menelaah pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
- Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah dari potongan-potongan ayat al-Quran.
- Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh bacaan “Al” Qamariyah dari potongan-potongan ayat al-Quran.
- Kegiatan Penutup
- Guru memberi tugas siswa untuk mencari contoh-contoh bacaan “Al”Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dari surat-surat pendek dalam al-Quran dan menuliskannya dalam buku tugas.
- Mengadakan tanya jawab tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
- Siswa bersama-sama membaca satu surat pendek dari al-Quran sebagai penutup kegiatan pembelajaran.
- Kegiatan Pendahuluan
- Alat/Sumber Belajar
- Al-Quran.
- Buku-buku tentang ilmu tajwid.
- Buku paket pendidikan Agama Islam kelas VII.
- Buku-buku lain yang relevan.
- Kaset dan tape recorder atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah : SMP
Kelas : VII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
- Standar Kompetensi (Al-Quran)
Menerapkan hukum bacaan nun mati/ tanwin dan mim mati. - Kompetensi Dasar
- Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
- Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
- Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
- Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
- Menjelaskan tugas-tugas Malaikat.
- Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
- Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
- Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
- Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at.
- Mempraktikkan shalat Jum’at.
- Menjelaskan shalat jama’ dan qasar.
- Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar.
- Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk menyempur-nakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
- Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahtera-an, dan kemajuan masyarakat
- Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar