Jumat, Juli 03, 2009

SILABUS DAN RPP PKN Kls. VII SMA


SILABUS DAN RPP PKN Kls. VII SMA
I. SILABUS PKN SEMESTER I
Sekolah : SMP
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan(PKN)
Semester : I ( satu )
  1. Standar Kompetensi
    Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  2. KOMPETENSI DASAR
    1. Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
    2. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
    3. Menerapkan norma-norma, kebi asaan-kebiasa an, adat istia dat dan peratur an yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat, berbangsa dan bernegara
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas /semester : VII / I
  1. Standar Kompetensi
    Menunjukan sukap poisitif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
  2. Kompetensi dasar
    Mendiskripsikan hakekat norma-norma kebiasaan adat istiadat peraturan yang berlaku dalam masyarakat
  3. Indikator 
    1. Menjelaskan hakekat norma
    2. Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
    3. Menguraikan macam-macam norma
    4. Membedakan berbagai macam norma 
  4. Tujuan Pembelajaran
    Setelah selesai Proses pembelajaran siswa dapat
    1. Menjelaskan pengertian norma
    2. Menjelaskan tujuan norma
    3. Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
    4. Menguraikan macam norma 
  5. Materi pembelajaran
    1. Pengertian norma
    2. Tujuan norma
    3. Pentingnya norma
    4. Macam norma
    5. Perbedaan norma yang ada dalam masyarakat
  6. Metode pembelajaran
    Resitasi dan diskusi
  7. langkah-langkah kegiatan dan pembelajaran
    1. Sumber Belajar
    2. Buku materi PKN Kelas VII
    3. Artikel atau berita di media masa
    4. Penilaian
    5. Penilaian dilakukan sebelum, selam dan sesudah proses pembelajaran
    6. Sebelum atau proses test memberi pertanyaan secara lisan untuk melakukan penjajakan materi atau kopetensi yang akan di pelajari
    7. Selama proses pembelajaran yaitu pelaksanaan aktifitas siswa berdiskusi dengan instrumen rubik pengamatan.
  8. Aspek yang dinilai
    1. Kerjasama dalam kelompok / keaktifan
    2. Uraian yang disampaikan jelas dan tepat
    3. Mudah dimengerti/ dipahami
    4. Suara jelas
    5. Distribusi pendapat dalam kelompok
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS PKN SEMESTER II
Sekolah : SMP
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan(PKN)
Semester : II ( dua )
  1. Standar Kompetensi
    Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
  2. KOMPETENSI DASAR
    1. Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM
    2. Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM
    3. Menghargai upa ya perlindungan HAM
    4. Menghargai upa ya penegakkan HAM
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan(PKn)
Kelas/Semester : VII/2
  1. Standar Kompetensi
    Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan HAM
  2. Kompetensi Dasar
    Menguraikan hakekat, hukum , dan kelembagaan HAM
  3. Indikator 
    1. Menjelaskan hakekat HAM
    2. Menjelaskan factor penyebab lahirnya peraturan perundang- undangan HAM Nasional
    3. Menyebutkan berbagai instrument HAM Nasional
    4. Menjelaskan hak dan kewajigban Komnas HAM, Lembaga Studi Advokasi masyarakat 
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Setelah selesai proses pembelajaran siswa diharapkan dapat : 
    1. Menjelaskan hakekat HAM dengan benar
    2. Menjelaskan factor –faktor penyebab lahirnya peraturan perundang- undangan HAM Nasional dengan tepat.
    3. Menyebutkan berbagai instrument HAM Nasional dengan benar
    4. Menjelaskan hak dan kewajiban Komnas HAM, Lembaga Studi danAdvokasi masyarakat dengan tepat 
  5. MATERI PEMBELAJARAN
    1. Hakekat HAM
    2. Faktor penyebab lahirnya peraturan perundang- undangan HAM Nasional
    3. Berbagai instrument HAM Nasional
    4. Hak dan kewajigban Komnas HAM, Lembaga Studi dan Advokasi masyarakat 
  6. METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi dengan pendekatan Cooperative Learning
  7. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    1. Pertemuan Pertama 
      1. Kegiatan Pendahuluan ( 10’ )
      2. Apersepsi
      3. Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas dll)
      4. Motivasi penjagaan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
      5. Menyampaikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
    2. Kegiatan Inti
      1. Penjelasan konsep secara umum tentang hakekat HAM
      2. Siswa membaca dan mendiskusikan factor -faktor penyebab lahirnya peraturan perundang- undangan HAM Nasional
      3. Siswa menyimak penjelasan guru dan klarifikasi guru mengenai berbagai instrument HAM Nasional
      4. Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan dan mendiskusikan hak serta kewajiban komnas HAM,Lembaga Studi dan advokasi Masyarakat
      5. Siswa mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku teks dan LKs
      6. Siswa bertanya jawab dan menanggapi hasil /pekerjaan siswa lain 
    3. Kegiatan Penutup
      1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi pembelajaran
      2. Siswa mencatat tugas-tugas yang diberikan guru 
  8. SUMBER BELAJAR
    1. Buku Teks PKn kelas VII
    2. UU No 39 tahun 1999 tentang HAM
    3. UUD 1945 Setelah perubahan
    4. Kumpulan berita Surat Kabar tentang HAM
    5. Buku-buku lain yang relevan 
  9. PENILAIAN
    Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar.Penilaian sebelum dan selama proses pembelajaran dilakukan secara lisan melalui kegiatan Pre tes, tanya jawab dan saat berdiskusi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar