I. SILABUS SAIN SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan - Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
- Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
- Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
- Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan/ waktu: Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Tumbuhan Hijau
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan/ waktu: Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah. - Indikator
- Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
- Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
- Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
- Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
- Materi Essensial
Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3)
Alat pernapasan manusia - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Selengkapnya Silahkan - DOWNLOAD DISINI 1 , DISINI 2 , DISINI 3 , DISINI 4 File Bentuk PDF
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya - Kompetensi Dasar
- Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
- Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
- Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
- Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Tumbuhan Hijau
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan - Indikator
- Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
- Materi Essensial
- Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
- Proses tumbuhan hijau membuat makanan (hlm.44)
- Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau (hlm.45)
- Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau
Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
air → diperoleh melalui akar
karbon dioksida → masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
cahaya matahari → diserap oleh klorofil
Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3)
Mengetahui hasil fotosintesis berupa Karbohidrat dan oksigen - Penutup
Mengulang proses fotosintesis
Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis
Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen
- Pendahuluan
- DOWNLOAD DISINI 1 , DISINI 2 , DISINI 3 , DISINI 4 File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar